IMG-LOGO
Cerita Petani

BSP Farm, Perkebunan Organik di Kaki Gunung Salak

31 December 2021

bsp farm

 

BSP Farm adalah sebuah perkebunan organik bersertifikat yang mengusung filosofi “Hidup sehat adalah perilaku yang meningkatkan kesehatan”. BSP Farm ingin semua yang berinteraksi dengannya mampu membuat pilihan hidup yang sehat.

Perkebunan milik Pak Budi S Pranoto ini terletak di ujung hutan yang berbatasan langsung dengan taman nasional. Sumber air yang mengairi kebunnya berasal dari salah satu mata air Gunung Salak, sangat jernih. Begitu pula dengan udaranya, bersih bebas dari polusi.

 

Perlu Belasan Tahun Menjadi Kebun Organik

 

pendiri bsp farm

 

Perkebunan yang juga dikenal melalui layanan farmstay Bogor ini ternyata tidak serta merta menerapkan pertanian organik. 

Mulanya, BSP Farm adalah perkebunan konvensional yang berdiri sejak tahun 1988. Setelah melalui proses yang cukup panjang, 15 tahun kemudian, Pak Budi memutuskan untuk mengubah metode bertanamnya agar lebih selaras alam.

Tepatnya pada 2003, dengan dukungan dari BSB Agatho, para petani BSP Farm memulai bertanam secara organis.

 

bsp farm

 

Sertifikasi organis berhasil didapatkan pertama kali didapatkan pada 2014. Perlu masa transisi hingga 11 tahun untuk perkebunan ini benar-benar memenuhi syarat sebagai penghasil produk organik.

Hingga kini, BSP Farm telah mendapatkan sertifikasi dari ACT Organic, BIOCert, QCS, dan ICERT. Tidak hanya untuk budidaya tanaman pangan, tapi juga untuk pengolahan hasil panen.

 

bsp farm

 

Total Page Visits: 242 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah