IMG-LOGO
Cerita Petani

CIE 79 Manfaatkan Lahan Kritis Bekas Tambang

10 January 2022

PT CIE 79

 

PT Cassava Industri Estat atau CIE 79 adalah sebuah bisnis yang dibentuk oleh para alumni ITB tahun 1979.  Usaha yang didirikan oleh Bapak Pantjoro Sunu Wasisto ini bergerak di bidang pengolahan tepung singkong fermentasi atau fermented cassava flour (Fercaf).

Kegiatan produksi CIE 79 dimulai pada 2018 dengan melakukan budidaya singkong organik di Pulau Bangka. Lokasi tersebut dipilih dengan tujuan untuk mengoptimalkan fungsi lahan-lahan kritis bekas tambang timah yang terlantar. 

Meski terasa sangat sulit memulai budidaya di lahan dengan produktivitas yang minim, CIE 79 berhasil bertahan. Kini mereka tak hanya memproduksi tepung, tapi juga aneka olahan makanan sehat seperti Gluten Free Cookies, Brownies, & Crisps.

 

Lihat Produk Cassabi Cookies & Brownies Disini

 

Tepung Singkong Fermentasi

 

Tepung Fercaf adalah tepung singkong yang dihasilkan dari proses fermentasi.  Sama seperti tepung mocaf.

Jenis tepung ini dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan dan kue. Tepung Fercaf adalah tepung lokal yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti untuk tepung terigu. 

Kita tahu bahwa pengadaan tepung terigu sepenuhnya bergantung dari aktivitas impor.  Sebab kondisi iklim Indonesia memang tidak cocok untuk pertumbuhan tanaman penghasil terigu yaitu gandum.

Meski berbahan dasar singkong, kualitas tepung Fercaf atau Mocaf hampir setara dengan tepung terigu. Bahkan kabar baiknya, kelebihan tepung mocaf adalah bebas  dari gluten.

Gluten merupakan sebuah protein yang dapat memicu sindrom autisme.  Pada sebagian orang, gluten dapat menimbulkan gangguan pencernaan hingga kerusakan usus.  Gluten banyak terkandung di dalam tepung terigu.  

Dewasa ini mulai banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan tepung singkong fermentasi dibanding tepung terigu. Sebab tak hanya lebih minim jejak karbon, tepung fercaf atau mocaf memang menawarkan kesehatan yang lebih baik.

Ayo Moms mulai gunakan tepung mocaf yang lebih sehat untuk keluarga kita.  Lihat Produk Tepung Mocaf Disini.

 

 

Total Page Visits: 889 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah