IMG-LOGO

FAQ Kecipir.com

8 March 2020

FAQ Kecipir.com

1. Bagaimana cara belanja di Kecipir?

Melalui aplikasi atau webstore Kecipir, Anda bisa memesan produk langsung ke Petani Mitra, lalu mereka panen, dan kami antar ke alamat Anda.  Gratis ongkos kirim berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tertera pada laman “checkout“.  Pertama-tama pastikan akun Anda telah login.  Kedua, pastikan tanggal pengantaran telah sesuai.  Setelah itu Anda bisa mulai melakukan pemesanan yang dilanjutkan dengan proses pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer virtual account, kartu kredit atau deposit Greencash.

2. Bagaimana ketentuan pembayaran di Kecipir?

Batas waktu pembayaran maksimal jika Anda melakukan checkout pada hari tutup order adalah pukul 23.00 WIB.  Namun, jika checkout dilakukan sebelum hari tutup order, batas maksimal pembayaran adalah 24 jam.

3. Mengapa pengiriman produk tidak bisa dilakukan pada hari yang sama dengan hari pemesanan?

Setelah order diterima oleh petani pada malam hari, keesokan pagi hingga siang akan dilakukan proses panen di kebun. Selanjutnya, pada siang hingga sore hari, pesanan Anda akan dikumpulkan ke pusat distribusi dan disortir.  Pengiriman produk pesanan dimulai pada malam hingga waktu subuh ke seluruh alamat konsumen di kawasan Jabodetabek.

Kecipir tidak menerapkan perlakuan stok terhadap hasil panen.  Hal ini bertujuan untuk meminimalisir limbah/hasil panen yang terbuang jika tidak ada pemesanan.  Prinsipnya adalah “Anda pesan, Kami panen”.

4. Apakah seluruh produk Kecipir bersifat organik?

Ya, seluruh produk yang kami jual bersifat organik.  Tingkat keorganisan produk terbagi menjadi 4, yaitu:

  1. Organik Bersertifikat: Sayuran, buah dan produk pangan organis yang telah mendapatkan sertifikat dari badan sertifikasi nasional. Sertifikasi tersebut mencakup keseluruhan proses budidaya yang dilakukan oleh komunitas petani ataupun lembaga resmi.
  2. Perlakuan Organik: Sayuran, buah, dan produk pangan yang mendapatkan perlakuan organis namun belum tersertifikasi. Jenis produk ini belum terjamin secara resmi keorganisannya, namun Kecipir telah melakukan serangkaian proses kurasi dan pemeriksaan berkala untuk memastikan bahwa petani mitra tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida.
  3. Sehat: Produk olahan pertanian yang berasal dari bahan-bahan organik dan diolah tanpa menggunakan bahan kimia sintetis.
  4. Hasil Alam: Sayuran, buah, dan produk pangan yang ditanam di lahan organis alami seperti pinggir hutan. Hasil hutan non kayu (NTFP: non-timber forest product) yang belum tersentuh pupuk dan pestisida kimia juga termasuk didalamnya, seperti madu atau buah dari dalam hutan.  Semua produk berlabel A+ masih sangat alami.  Disamping itu, kebutuhan konsumen akan produk-produk ini dapat membuka kesemparan bagi warga pinggir hutan untuk melakukan budidaya tanpa merusak hutan.

5. Apakah semua pesanan pasti bisa dipanen?

Semua produk yang Anda pesan di Kecipir akan langsung dipanen oleh Petani Mitra sehingga terjamin keorganisan dan kesegarannya. Namun, aktivitas pertanian terkadang mengalami kendala yang berasal dari hama dan atau cuaca sehingga menyebabkan gagal panen. Jika terjadi gagal panen, kami pastikan 100% uang kembali ke dalam deposit Greencash Anda.

6. Bagaimana jika produk yang saya terima rusak atau tidak lengkap?

Kami akan memberikan refund dalam bentuk saldo greencash sesuai dengan tingkat kerusakan. Keluhan mengenai kualitas dan kuantitas produk akan dilayani dalam waktu 1×24 jam sejak pesanan diterima. Pastikan untuk segera memeriksa pesanan dan hubungi kami jika produk yang kamu terima tidak lengkap/rusak.

7. Mengapa harga sayuran dan buah di Kecipir bisa bersaing dengan sayuran biasa?

Umumnya, rantai distribusi sayuran dan buah terdiri dari 5 titik distributor yaitu: 1. Pengepul, 2. Tengkulak, 3. Pasar Induk, 4. Pasar, 5. Pedagang Eceran.  Rantai ini bisa lebih panjang lagi.  Hampir semua produk pertanian dari produsen (petani) hingga konsumen (pembeli) harus melalui 5 rantai tersebut sehingga harga produk meningkat.

Sistem penjualan online yang dilakukan oleh Kecipir berhasil memperpendek rantai distribusi yang panjang tersebut.  Pihak yang terlibat dalam proses distribusi pertanian adalah  Podusen > Kecipir > Konsumen.  Hanya ada petani sebagai produsen, Kecipir, dan Anda sebagai konsumen.

Selain memangkas rantai distribusi, Kecipir juga berupaya agar jarak antara produsen dengan konsumen sedekat mungkin (lokal) sehingga biaya transportasi pun lebih murah.  Kecipir telah bekerja sama dengan berbagai kelompok tani yang berkomitmen membangun pertanian berkelanjutan.  Sebuah prinsip budidaya pertanian yang sehat bagi konsumen dan aman bagi lingkungan.

8. Kecipir saat ini baru melayani area Jabodetabek dan wilayah saya belum terlayani, apa yang bisa saya lakukan?

Anda tetap bisa mendaftarkan diri disini.  Kami akan melakukan pemberitahuan apabila telah menambah wilayah jangkauan di kemudian hari.  Ikuti info update melalui media sosial kami di instagram, facebook, dan twitter.

9. Mengapa terdapat beberapa sayuran dan buah yang ukurannya lebih kecil, dan terkadang bentuknya tidak sempurna?

Sayuran dan buah yang ditanam secara organis menggunakan proses alami dalam budidayanya.  Pupuk yang diberikan berupa pupuk alami dengan kandungan unsur N yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pupuk kimia.  Dalam proses budidaya, unsur N berperan penting proses pembentukan jaringan tumbuhan.

Karenanya, tanaman yang dibudidayakan secara konvensional dan menggunakan pupuk NPK cenderung berukuran besar dan kuantitas panennya lebih banyak. Sayangnya, pupuk kimia memberikan dampak kurang baik terhadap lingkungan karena mudah larut dalam air.  Residu pupuk kimia termasuk ke dalam bahan pencemar  dan lingkungan.

Selain itu, proses pertanian organik tidak menggunakan zat racun pembunuh hama atau pestisida.  Umumnya petani organis menggunakan tumbuh-tumbuhan khusus untuk mengusir hama.  Namun, tidak semua hama dapat terusir dengan metode alami tersebut.

Beberapa hama yang masih bertahan akan memakan bagian tanaman yang dibudidayakan oleh petani.  Hal inilah yang menimbulkan kerusakan fisik pada sayuran dan buah yang Anda pesan.  Di sisi lain, kerusakan fisik pada produk sayuran dan buah di Kecipir merupakan penanda bahwa produk tersebut tidak tercemar oleh pestisida.

10. Apa syarat-syarat menjadi produsen atau Petani Mitra di Kecipir?

Petani Mitra harus memiliki sikap jujur, mampu bekerjasama, memiliki kesamaan visi dengan Kecipir, serta berkeinginan kuat untuk turut membangun pertanian Indonesia yang berkelanjutan. Selanjutnya, silakan isi formulir data Petani Mitra Kecipir di sini.

Baca juga : SOP Pengembalian Produk Tidak Sesuai Standar

Total Page Visits: 1382 - Today Page Visits: 1

Comments

Comments are closed.

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah