IMG-LOGO
Info

Manfaat Serat Makanan Bagi Wanita

2 November 2020

Serat makanan atau disebut juga dietary fiber termasuk karbohidrat kompleks.  Manfaat serat makanan yang sering kita tahu adalah untuk melancarkan sistem pencernaan.

Padahal ada banyak manfaat serat makanan bagi kesehatan wanita.  Seperti menjaga berat badan, mengurangi kolestrol, dan mengurangi resiko kanker.

resep brokoli

Jenis makanan tinggi serat adalah sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.  Semua jenis bahan makanan tersebut sangat mudah didapatkan dan jumlahnya melimpah ruah.

 

Serat Makanan untuk Menjaga Berat Badan

Makanan dengan kandungan serat tinggi dapat menjaga dan menurukan berat badan.  Makanan yang mengandung serat tinggi juga akan memberi rasa kenyang sehingga volume makan pun berkurang.

Makanan dengan serat yang tinggi biasanya mengandung kalori rendah.  Kadar gula dan lemaknya juga rendah sehingga dapat mencegah terjadinya obesitas.

 

Serat Makanan Mengurangi Resiko Kanker

Serat makanan dapat memperlambat penyerapan dan pencernaan karbohidrat, juga membatasi insulin yang dilepas ke pembuluh darah.

Terlalu banyak insulin dapat menambah resiko munculnya kanker.  Berdasarkan studi ini, manfaat serat makanan dapat menurunkan resiko terjadinya kanker kolorektal.

Pasien kanker kolorektal memiliki riwayat asupan kurang serat 6,7 kali lebih tinggi dibanding pasien tanpa kanker.

Selain itu, serat juga dapat menurunkan resiko kanker payudara.  Jenis kanker  tersering nomor 2 didunia setelah kanker paru-paru.

Serat akan meningkatkan frekuensi pergerakan usus sehingga meningkatkan ekskresi estrogen. Diet tinggi serat juga akan membatasi peredaran protein C-reaktif, penyebab peradangan.

Karena inilah serat makanan dapat mengurangi resiko kanker payudara pada wanita.

manfaat serat

Daun kemangi dan biji selasih ada sumber serat yang sangat baik untuk tubuh

Serat Makanan Mengurangi Kolesterol dan Penyakit Jantung

Serat larut dapat mencegah penyerapan lemak oleh tubuh.  Serat akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.  Dimana serat larut air akan menurunkan kadar kolestrol darah hingga 5%.

Penyebab penyakit jantung adalah penyumbatan pembuluh darah jantung.  Penyebab utamanya adalah kolesterol.

Kolesterol berfungsi membentuk bahan dasar asam empedu.  Agar sistem metabolisme lemak tidak terganggu, harus tersedia asam empedu.

Kekurangan asam empedu harus diganti dengan yang baru.  Asam empedu yang baru di ambil dari kolesterol yang ada didalam darah.

Maka dari itu kolestrol dalam darah akan menurun.  Penurunan kolestrol ini dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung.

manfaat serat

Sayuran organik segar dari kebun petani Kecipir akan tiba dirumahmu pada awal hari

Serat Makanan Mengontrol Gula Darah

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat memperbaiki kadar gula darah.  Hal ini berkaitan dengan kecepatan penyerapan makanan (karbohidrat) yang masuk kedalam aliran darah.  Kita sering mendengarnya dengan istilah indeks glikemik (GI).

Makanan yang cepat diserap masuk ke aliran darah mempunyai angka GI tinggi.  Sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Sebaliknya, makanan berserat memiliki angka GI rendah sehingga lambat diserap ke dalam aliran darah.  Sehingga dapat menurunkan kadar gula darah.

Secara umum tingkat konsumsi serat sangat berpengaruh pada kesehatan kita.  Jadi, tak hanya wanita, kita semua harus menambahkan makanan tinggi serat setiap harinya.

Di bulan kesehatan ini, yuk mulai memenuhi separuh isi piring kita dengan sayuran organik!  Mengisi separuh isi piring dengan sayuran akan memberikan asupan serat lebih banyak.

Perhari kita membutuhkan 16-28 gram serat.   Dietary Guidlenes of American menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan pati dalam jumlah yang tepat yaitu 20-35 g/hari.

Penuhi kebutuhan seratmu dengan aneka produk segar Kecipir.

Belanja sekarang dan mulai perjalanan makan sehatmu!


 

Syarat dan Ketentuan Promo:

  1. Promo merupakan potongan ongkir senilai Rp16.000
  2. Promo berlaku untuk order dengan metode pembayaran GoPay
  3. Potongan ongkir didapat setelah user memasukkan kode voucher PANGANLOKAL di halaman checkout
  4. Promo berlaku untuk minimum transaksi Rp75.000
  5. Promo berlaku hanya untuk 1 kali penggunaan (transaksi perdana)
  6. Promo berlaku dari tanggal 2 – 6 November 2020
  7. Promo berlaku setiap harinya 24 jam pada periode promo
  8. Jika terdapat kendala mengenai promo ini pelanggan dapat menghubungi customer service melaui chat aplikasi, whatsapp, atau dm instagram Kecipir
  9. Hak pengguna dapat digugurkan apabila ditemukan tindakan yang dianggap sebagai penyalahgunaan, kecurangan dan atau transaksi mencurigakan lainnya.
  10. Promo tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.
  11. Promo dapat berubah sewaktu-waktu yang akan diinfokan terlebih dahulu melalui website Kecipir.com

 

Baca juga, 

“Manfaat kangkung Bagi Kesehatan dan Kecantikan”

“Pentingnya Brokoli dalam Menu MPASI untuk Bayi”

Total Page Visits: 1405 - Today Page Visits: 3

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah