IMG-LOGO
Info

Mengenal Tepung Kelapa (Coconut Flour) & Manfaatna Untuk Kesehatan

10 January 2018

Apakah Anda pernah menggunakan tepung kelapa sebagai bahan yang dicampurkan untuk membuat kue? Atau malah Anda belum pernah melihatnya? Ternyata tepung ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa itu tepung kelapa?

Tepung kelapa adalah tepung yang berasal dari daging kelapa yang didapat setelah santan atau minyak kelapa dihasilkan. Bentuknya menyerupai tepung terigu berupa serbuk putih halus. Tepung ini diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan yang lebih baik dari tepung biasa.

Tepung ini diklaim 100 persen bebas gluten. Karena tidak mengandung gluten, tepung ini dianggap ideal bagi siapa saja yang intoleransi terhadap gluten. Tepung kelapa memiliki 58 persen kandungan serat, kandungan serat pada tepung ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan tepung terigu sehingga bisa memenuhi asupan serat harian Anda.

Apa saja manfaat tepung kelapa?

Mengendalikan Gula Darah

Karena tepung kelapa mengandung serat yang tinggi, tepung ini dapat mengontrol gula darah Anda. Sebuah studi  yang diterbitkan dalam Britis Journal of Nutrition pada tahun 2003 menemukan bahwa mengganti tepung terigu dengan tepung yang dibuat dari kelapa ini dapat menurunkan indeks glikemik (ukuran dampak makanan terhadap gula darah).

Anda yang takut diabetes atau memang sudah mengidap diabetes bisa mengganti tepung terigu dengan tepung kelapa untuk mengontrol gula darah Anda. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Inovatif Food Science & Emerging Tecnologies juga telah mengonfirmasi temuan ini.

Menurunkan Berat Badan

Serat makanan pada tepung ini dapat membantu mengendalikan kadar glukosa sehingga memungkinan untuk membantu mengontro gula darah Anda. Makanan serat tinggi juga dipercaya dapat menjaga perut kenyang lebih lama sehingga dengan mengonsumsi tepung kelapa dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan Anda.

Tepung ini juga mengandung tinggi protein, rendah lemak dan mengandung asam laurat yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kulit. Tepung yang dihasilkan dari ampas santan ini juga mengandung mangan yang membantu dalam penyerapan mineral penting.

Membantu Metabolisme

Selain tinggi serat dan protein, tepung ini juga memiliki gizi yang sangat tinggi. Salah satu gizi tinggi di dalam tepung adalah tingginya kandungan lemak jenuh yang sehat dalam bentuk asam lemak rantai sedang (MCFA).

Lemak jenuh dalam bentuk asam lemak rantai sedang ini digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dan membantu mendukung metabolisme yang sehat, serta kadar gula darah yang seimbang.

Membantu Kesehatan Pencernaan

Tepung yang memiliki tekstur sama dengan tepung terigu ini juga dapat membantu Anda untuk memiliki pencernaan yang sehat karena tepung ini memiliki kepadatan nutrisi yang sangat tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa tepung kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sedangkan tingginya kandungan serat makanan yang larut maupun tidak larut di dalam tepung kelapa dapat membantu menyehatkan usus Anda.

Dimanakah kita bisa membeli tepung Kelapa?

Mungkin Anda bertanya-tanya dimana bisa mendapatkan tepung kelapa ini. Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena Kecipir.com telah menjual produk tepung kelapa dengan nama produk Coconut Flour Nucifera. Produk tepung kelapa ini  terbuat dari kelapa setengah tua yang dibudidayakan secara organik dan dengan proses produksi yang higenis dan tanpa campuran bahan-bahan pengawet kimia sehingga menghasilkan Coconut Flour yang sehat.

Klik disini untuk belanja Tepung Kelapa Coconut Flour Nucifera

 

Total Page Visits: 3266 - Today Page Visits: 5

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah