IMG-LOGO
Resep

Cara Mengolah Daun Ginseng dan Manfaatnya

12 January 2023

Moms mungkin pernah mendengar kalau akar tanaman ginseng penuh khasiat. Tanaman ginseng memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, daun ginseng juga memiliki manfaat yang tidak kalah banyak lho!

Daun ginseng kerap kali digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun tersebut diketahui memiliki manfaat mencegah diabetes, mengurangi rasa lelah sampai menjaga kesehatan kardiovaskular.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa manfaat daun ginseng dari beberapa hasil penelitian yang telah dirangkum. Yuk Moms kita simak artikelnya mengenai cara mengolahnya dan manfaat!

 

Cara Membuat Teh Daun Ginseng

 

 

Teh merupakan minuman yang digemari oleh banyak orang. Biasanya teh yang kita kenal menggunakan daun teh atau bunga yang dikeringkan. Teh juga cukup mudah dibuat sendiri.

Tapii kali ini kita akan menggunakan daun ginseng sebagai pengganti daun teh. Dengan begitu, manfaat daun tersebut dapat kita rasakan dengan mudah. Cara buatnya cukup mudah kok!

Berikut ini cara mengolah daun ginseng menjadi minuman teh

 

Bahan:

  • Daun ginseng muda yang dikeringkan
  • Air mendidih

 

Cara membuat:

  1. Pertama, siapkan daun ginseng muda yang telah dikeringkan.
  2. Rebus daun selama 5 menit dalam air yang mendidih.
  3. Teh daun ginseng siap diminum!

Konsumsi teh daun ginseng ini sebaiknya tidak perlu ditambah dengan gula. Rasa tehnya memiliki efek yang sangat menenangkan dan enak, ditambah harganya tidak mahal lho!

 

Resep Cah Daun Ginseng

 

Resep dan foto dari Moms Deedee Rasuan (Cookpad)

 

Daun ginseng tidak hanya dibuat jadi minuman teh aja lho Moms! Daun ini dapat dimasak untuk dijadikan lauk. Rasanya juga gak kalah enak!

Nah kita punya rekomendasi mengolah daun ginseng menjadi cah daun ginseng. Resep masakan ini cukup mudah dibuat.

Berikut ini cara memasak cah daun ginseng

 

Bahan:

  • 250 gram daun ginseng
  • 250-300 ml kaldu rebusan kepala udang (sesuai selera)
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm minyak wijen untuk tumis  / minyak goreng
  • 1/2 sdt garam (sesuai selera)
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 4 siung besar bawang putih, cincang
  • 2 buah cabe merah, buang bijinya, iris memanjang

 

Cara membuat:

  1. Siapkan bahan. Petik daun ginseng, cuci bersih, tiriskan. Cincang kasar bawang putih. Cabe merah diiris.
  2. Panaskan 2 sdm minyak wijen, tumis baput sampai harum dan kecoklatan. Masukkan irisan cabe, aduk rata. Tuang air kaldunya.
  3. Tambahkan saus tiram, lalu masukkan daun ginsengnya, aduk rata
  4. Beri garam dan kaldu jamur, tes rasa sampai sesuai selera. Angkat, siap disajikan

Gimana Moms, mudah bukan cara membuatnya? Daun ginseng organik bisa Moms dapatkan di aplikasi Kecipir. Klik disini “Daun Ginseng Organik” untuk melihat produknya.

 

Manfaat Daun Ginseng

 

 

Kandungan pada daun ginseng tidak kalah dengan kandungan akarnya. Daun ginseng memiiki segudang manfaat yang baik dalam merawat dan mencegah masalah kesehatan tubuh lho Moms!

Tentunya khasiat ini bisa dirasakan oleh Moms kalau dikonsumsi secara rutin dan diolah dengan benar. Yuk kita kenali apa saja manfaat yang terdapat pada daun ginseng!

 

1. Mencegah Diabetes

Kandungan pada ekstrak daun ginseng ternyata memiliki efek antidiabetes. Pada akar dan daun ginseng dapat mendorong peningkatan kandungan basal dan sekresi insulin yang bergantung pada glukosa dalam darah. 

Penelitian menunjukkan bahwa bahan aktif dan hipoglikemik daun ginseng Amerika ternyata memiliki efek menurunkan kadar gula glukosa darah. Zat Anti-hiperglikemik ini juga ditemukan pada daun ginseng China. Oleh karena itu, ekstrak daun ginseng juga dapat dikonsumsi pada pengobatan alternatif (Kyung Hee Oriental Medicine Research Center, 2004).

 

2. Mengurangi Stress

Daun ginseng ternyata dapat merangsang sistem metabolisme juga menambah kadar energi dalam tubuh sebagai salah satu caranya mempengaruhi sistem saraf tubuh kita. Hal tersebut membantu mengurangi kadar stress dan kecemasan dalam tubuh.

Kandungan senyawa adaptogen dalam tanaman ginseng ini bertanggung jawab dalam mengacaukan produksi hormon kortisol pada tubuh. Dengan kata lain, ginseng mampu menurunkan kadar hormon stress pada tubuh sehingga membuat mood menjadi lebih baik (Kyung Hee Oriental Medicine Research Center, 2004).

 

3. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Daun ginseng ternyata memiliki manfaat pada kesehatan kardiovaskular kita. Dalam sebuah penelitian dari Kyung Hee Oriental Medicine Research Center (2004, 3) menunjukkan bahwa ekstrak daun ginseng dapat melindungi tubuh dari gangguan kurangnya aliran darah menuju jantung. 

Selain itu, manfaat lain daun ginseng terhadap sistem kardiovaskular yaitu melebarkan arteri koroner, meningkatkan aliran perfusi koroner, melawan kejang koroner dan menurunkan konsumsi oksigen otot jantung.

 

4. Meningkatkan Pertumbuhan dan Metabolisme

Pada penelitian yang telah dilakukan, daun ginseng diketahui memiliki zat Ginsenosides yang dapat meningkatkan kandungan protein dan RNA otot dan hati pada tikus secara signifikan, dan mampu mempercepat pertumbuhan pada babi muda (Kyung Hee Oriental Medicine Research Center, 2004). 

TIdak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ginsenosides yang diekstrak dari batang daun ginseng dengan cara oral mampu menghambat peningkatan total lipid, kolesterol, dan trigilesida pada kelinci. Walaupun begitu, manfaat ini perlu diteliti lebih lanjut, khususnya pada manusia.

 

5. Sumber Antioksidan

Daya tahan tubuh penting untuk menjaga tubuh dari beragam potensi penyakit. Kandungan senyawa antioksidan pada Saponin yang terdapat pada daun ginseng cukup tinggi dalam menangkal radikal bebas (Kyung Hee Oriental Medicine Research Center, 2004). 

Manfaat lain dari senyawa ini juga melindungi tubuh dari penyakit seperti katarak, kanker, gangguan fungsi ginjal, dan aterosklorosis karena sel-sel terlindungi dari kerusakan radikal bebas. Oleh karena itu, daun ginseng sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah sekarang Moms udah tahu kan daun ginseng bisa diolah menjadi apa? Khasiatnya juga luar biasa untuk menjaga kesehatan kita!

Moms bisa belanja daun ginseng yang berkualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau lewat aplikasi atau website Kecipir. Tunggu apalagi Moms? Yuk langsung Lihat produknya disini.

 

 

Total Page Visits: 777 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah