IMG-LOGO
Tips & Trik

10 Kandungan Gizi Daun Katuk yang Menyehatkan Tubuh

22 July 2020

Daun katuk adalah salah satu daun kaya gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Banyaknya kandungan gizi daun katuk yang cocok untuk mengatasi masalah ibu dan anak, menjadikan daun ini sangat tepat dikonsumsi.

Mengonsumsi makanan bergizi harus selalu kita upayakan.  Sebab, dengan gizi yang tercukupi, tubuh akan menjadi lebih sehat dan lebih kebal terhadap penyakit.  Salah satu bahan makanan yang kaya akan gizi adalah daun katuk organik.

Kandungan Gizi Daun Katuk

kandungan gizi daun katuk

Green smoothies daun katuk

Walaupun bentuk daunnya kecil, jangan pernah meremehkan nutrisi yang terkandung dalam daun katuk.  Daun yang satu ini mengandung setidaknya 10 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Tak heran jika daun ini banyak digunakan sebagai ASI booster.  Agar praktis, kamu bisa mengonsumsi daun katuk dalam bentuk green smoothies.  Gunakan daun katuk organik ini agar tidak perlu khawatir dengan bahaya pestisida bagi kesehatan bayimu.

Banyak juga loh masyarakat Asia Tenggara yang menjadikan daun katuk sebagai solusi penurun berat badan alami.  Hmmm, sebenarnya apa saja ya kandungan gizi daun katuk?  Ini dia Cipers!

1. Energi

Dalam 100 gram daun katuk, setidaknya mengandung energi sebanyak 59 kalori.  Energi tersebut sangat baik untuk memulihkan tenaga, terutama bagi ibu hamil.  Hal tersebut dikarenakan ibu hamil sering kali merasa lemas karena harus membawa dua beban sekaligus, yakni janin dan dirinya.

Dengan mengonsumsi daun katuk dalam jumlah yang tepat, energi akan tetap terjaga dan ibu hamil dapat melakukan aktivitas dengan lebih bertenaga.

2. Karbohidrat

Karbohidrat yang terkandung dalam daun katuk tidak terlalu tinggi.  Untuk itu, sangat tepat mengonsumsi daun katuk pada saat program penurunan berat badan secara alami.  Pastikan untuk mengonsumsi daun katuk dalam porsi yang tepat.

3. Protein

Protein memang berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak pada bayi.  Untuk ibu hamil, mengonsumsi daun katuk dapat membantu meningkatkan perkembangan otak pada janin yang dikandungnya.  Dengan begitu, bayi yang lahir akan menjadi anak yang cerdas di masa depan.

4. Lemak

Selain kandungan karbohidrat yang sedikit, lemak yang ada dalam daun katuk juga sangat sedikit.  Hanya ada 1 gram lemak dalam 100 gram daun katuk.  Dengan lemak yang rendah, daun ini sangat aman dikonsumsi saat program diet.

Baca juga, “Efek Pestisida Terhadap Kehidupan Burung di Sekitar Kita”

5. Kalsium

Jangan ragukan kalsium yang ada di dalam daun katuk, karena manfaatnya sangat besar ketika dikonsumsi.  Kalsium dalam daun katuk sangat baik untuk pertumbuhan tulang, sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis.

kandungan gizi daun katuk

Buah dan daun katuk

6. Fosfor

Selain kalsium, fosfor dalam daun katuk juga berperan penting dalam membantu pertumbuhan gigi bayi.  Sangat disarankan agar ibu menyusui mengonsumsi daun katuk supaya air susu yang dihasilkan lebih kaya akan fosfor.

7. Zat Besi

Mata berkunang-kunang, lemah, letih, dan lesu dapat diatasi dengan mengonsumsi daun katuk. Daun ini kaya akan zat besi yang membantu mengatasi anemia atau kekurangan zat besi. Selain itu, zat besi juga sangat penting untuk menjaga tekanan darah lebih stabil.

Baca juga, “6 Produk Olahan Pangan Bayam yang Super Lezat”

8. Vitamin A

Mata yang rabun merupakan penyakit yang memang kerap menghantui siapa pun, baik tua maupun muda. Untuk menghindari rabun, daun katuk dapat dijadikan konsumsi karena kaya akan vitamin A.

9. Vitamin C

Beredar kabar bahwa daun katuk dapat digunakan untuk mencegah pilek atau flu. Hal ini memang benar adanya karena daun ini memang kaya akan vitamin C yang membantu mengurangi pilek.

10. Vitamin B1

Vitamin B1 sangat berperan penting untuk membentuk energi yang dihasilkan dari proses pengubahan karbohidrat. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem syaraf dan yang lainnya.

Semua kandungan gizi daun katuk bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi daun katuk organik seperti yang tersedia di aplikasi atau website Kecipir.com.  Dapatkan harga daun katuk organik paling murah se-Jebodetabek!

promo shopee

menu makan sehat seminggu

Total Page Visits: 1758 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah