IMG-LOGO
Tips & Trik

10 Manfaat Kangkung bagi Kesehatan dan Kecantikan

5 August 2020

Siapa yang tidak mengenal kangkung?  Tumbuhan hijau dengan batang berongga ini banyak disenangi karena rasa dan teksturnya yang unik.  Termasuk dalam kelompok sayuran, ternyata manfaat kangkung bisa berdampak bagi kesehatan dan kecantikan.

Nama latinnya Ipomoea aquaticaSemua jenis kangkung memiliki kandungan zat besi, zinc, kalsium, kalium, serat, vitamin A, vitamin C, lutein, mineral dan lainnya.  Kandungan zat gizi juga serat inilah yang bisa dengan mudah diserap tubuh asal diolah dengan benar.

manfaat kangkung

Cah kangkung bertabur wijen sangat lezat dinikmati bersama keluarga

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Sayuran berdaun hijau ini sudah lama dikenal sebagai sumber serat yang baik bagi tubuh manusia.  Disamping itu ternyata kangkung memiliki ragam manfaat lain yang ampuh membuat tubuh terasa sehat.  Apa 7 manfaat yang harus kamu ketahui:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pertama, kangkung ampuh meningkatkan daya tahan tubuh.  Kandungan antioksidan juga vitamin C bisa mendorong sistem imun.  Jika imunitas baik maka tubuh akan terlindungi dari serangan penyakit.

2. Menjaga Fungsi Hati

Fungsi hati sering bermasalah tanpa muncul tanda-tanda.  Bila ini terjadi bisa jadi fungsi organ lain terganggu.  Kesehatan tubuh pun akan terus menurun.

Kamu bisa mencegah kerusakan fungsi hati dengan rutin mengonsumsi kangkung.  Sebab, sayuran ini dapat bekerja sebagai pendetoks organ hati.

3. Mengatasi Anemia

Anemia jadi penyakit yang paling sering menjangkit kalangan berbagai umur.  Jika terserang anemia, maka berbagai aktivitas akan terganggu.  Baik itu pekerjaan di rumah maupun di luar rumah.  Kandungan zat besi pada kangkung bisa menormalkan kembali kadar sel darah merah di tubuh kita.  

manfaat kangkung

Kangkung organik bisa kamu dapatkan di aplikasi/website Kecipir

Baca juga, “Manfaat Daun Bawang yang Jarang Diketahui Orang”

4. Anti Inflamasi 

Kangkung juga bisa bekerja sebagai obat alami, yakni anti inflamasi alias anti peradangan.  Penuhi nutrisi tubuh dengan rutin memakan kangkung sehingga kesehatan terjaga. Kamupun dapat terbebas dari radang nyeri sendi.

5. Mencegah Katarak 

Seiring waktu, mata mengalami penurunan fungsi mata.  Kamu dapat mengantisipasi penyakit ini dengan rajin mengkonsumsi kangkung.  Sebab kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein membuat kangkung bisa mencegah siapapun dari kemungkinan mata katarak.

6. Mencegah Insomnia 

Tak bisa dipungkiri, insomnia jadi hal yang sangat mengganggu produktifitas seseorang.  Kembalikan jam tidur normal dengan memakan suplemen mengandung zinc dan selenium.  Zat tersebut bisa didapatkan dari sayuran kangkung.

7. Mencegah Diabetes

Kangkung juga bisa mencegah diabetes karena mampu memperlambat oksidasi sebagai salah satu penyebab diabetes.  Ibu hamil pun dianjurkan untuk mengonsumsi kangkung untuk menghindari serangan diabetes.  Cukup dengan mengkonsumsi 100 gram kangkung, manfaat ini bisa didapatkan oleh tubuh.

manfaat kangkung

Jika kebutuhan sayur terpenuhi maka tubuh akan bugar dan awet muda

Baca juga, “Menyicip Segudang Khasiat Hobby Chicken Bone Broth”

Manfaat bagi Kecantikan

Bukan hanya kesehatan, kangkung juga bisa bermanfaat pada kecantikan.  Jika asupan makanan kita baik dan sehat dapat dipastikan kita pun akan mendapatkan kulit yang cantik. Berikut ini 3 manfaat kangkung bagi kecantikan:

1. Memperbaiki Karakter Kulit 

Kandungan vitamin K dan mineral pada kangkung efektif memperbaiki karakter kulit.  Berbagai masalah seperti kulit kusam bisa diatasi dengan rutin memakan kangkung organik.  Manfaat ini tidak hanya berlaku untuk kulit wajah loh, tapi juga untuk kulit seluruh bagian tubuh.

2. Membuat Wajah Lebih Bersinar (Lutein, Karotein, A, C)

Wajah bersinar atau glowing kini jadi dambaan setiap wanita.  Cukup dengan memaksimalkan asupan zat lutein, karoten, vitamin A, dan vitamin C maka kulit bisa terjaga kecerahannya.  Kangkung juga bisa membuat wajah lebih glowing karena mengandung zat tersebut.

3. Mencegah Penuaan Dini

Terakhir, kangkung bisa mencegah penuaan dini.  Sekecil apapun asupan yang masuk ke dalam tubuh bisa berpengaruh pada struktur kulit.  Kangkung dengan kandungan mineral dan vitamin yang lengkap mampu jadi alat pencegah penuaan dini.

Semua manfaat kangkung diatas akan didapatkan dengan cara pengolahan yang tepat.  Hindari penambahan zat adiktif berlebih atau dimasak terlalu lama.  Dapatkan kangkung organik bebas pestisida di aplikasi/website Kecipir.

Selalu kunjungi blog Kecipir untuk mengetahui info kesehatan terkini.  Baca artikel tentang tips dan manfaat sayuran disini.  

Total Page Visits: 116 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah