IMG-LOGO
Tips & Trik

5 Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil dan Bayi

15 July 2020

manfaat daun singkong untuk ibu hamil

Daun singkong ternyata memiliki manfaat yang besar untuk ibu hamil dan bayinya.  Manfaat daun singkong untuk ibu hamil berasal dari beragam nutrisi baik yang terkandung di dalamnya.  Asam amino, folat, kalsium, magnesium, karbohidrat, dan zinc adalah beberapa nutrisi baik tersebut.

Keunggulan Daun Singkong Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah 5 manfaat daun singkong untuk ibu hamil dan bayi yang harus kamu ketahui:

1. Menjaga Kesehatan Tulang Ibu dan Bayi

Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi dari daun singkong sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan bayi.  Masalah tulang dan gigi muncul karena hilangnya kalsium dalam tubuh.  Ibu hamil sangat rentan mengalami kehilangan kalsium sehingga risiko mengalami masalah tulang tersebut meningkat.

Dengan mengonsumsi daun singkong, maka kebutuhan kalsium dan fosfor para ibu hamil akan terpenuhi.  Sehingga ibu dan bayinya tidak akan mengalami masalah tulang.  Selain daun singkong, konsumsi juga beragam bahan makanan lain yang kaya fosfor dan kalsium.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain perubahan fisik, kehamilan juga menimbulkan perubahan hormon.  Perubahan tersebut terjadi karena perkembangan janin. Sayangnya, perubahan tersebut bisa menimbulkan munculnya beberapa masalah kesehatan.  Kandungan vitamin C dalam daun singkong bisa menjadi solusi dari masalah tersebut.

Vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh.  Sehingga kamu tidak akan mudah terjangkit masalah kesehatan.  Kandungan protein yang ada di daun singkong juga berkontribusi membentuk sistem kekebalan tubuh yang baik.  Kombinasi keduanya memberikan manfaat besar untuk kesehatan ibu hamil.

3. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Daun singkong kaya akan kandungan yang memberikan manfaat besar untuk kesehatan ibu hamil.  Dalam hal pertumbuhan dan perkembangan janin, kandungan potasium, serta, zat besi, dan mangan bisa membuat proses tumbuh kembangnya janin menjadi semakin lancar.

Asam folat, kalsium, vitamin A, dan protein yang ada pada daun singkong memberikan manfaat yang tidak bisa diremehkan.  Daun singkong berkhasiat membuat fungsi penglihatan ibu hamil dan janin tetap terjaga.  Daun singkong juga berperan penting dalam pembentukan darah.

Baca juga, “5 Alasan Mengapa Kita Harus Mengonsumsi Produk Organik”

4. Memperlancar Sistem Pencernaan Ibu Hamil

Sembelit, diare, perut kembung dan begah, serta gangguan pencernaan lain adalah masalah yang bisa mengganggu ibu hamil.  Selain buruk untuk kesehatan, masalah-masalah tersebut juga bisa menghambat aktivitas dan mengganggu kestabilan mental.

Daun singkong yang kaya akan serat bisa menjadi solusi dari masalah pencernaan yang kamu alami.  Selain menjadi solusi masalah pencernaan, serat juga mampu mencegah munculnya masalah pencernaan tersebut.  Berat  badan ibu hamil akan tetap sehat terjaga.

5. Menambah Nafsu Makan

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa kaitan nafsu makan dengan kesehatan ibu hamil? Di trimester pertama kehamilan, para ibu hamil akan mengalami kehilangan nafsu makan.  Kondisi ini tidak boleh diabaikan dan dianggap enteng.  Jika tidak ada asupan nutrisi yang layak, maka perkembangan janin akan terhambat.

manfaat daun singkong untuk ibu hamil

Daun singkong organik

Mengonsumsi daun singkong ternyata bisa menambah nafsu makan. Daun singkong rebus bisa dijadikan lalapan yang membuat nafsu makanmu meningkat.  Sehingga kamu tidak akan melewatkan periode nutrisi yang hilang untuk sang janin karena hilangnya nafsu makan di trimester pertama.

Daun singkong muda dan segar adalah jenis daun singkong dengan kandungan nutrisi yang maksimal dan direkomedasikan untuk ibu hamil. Kamu bisa mendapatkannya di aplikasi atau website kecipir.com.

Agar konsumsi daun singkong aman dan sejalan dengan manfaatnya untuk ibu hamil, sebaiknya lakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum berencana mengonsumsi daun singkong ya.  Stay safe and healthy!

 

promo shopee

menu makan sehat seminggu

Total Page Visits: 4340 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah