IMG-LOGO
Tips & Trik

Apa Fungsi Daun Bawang pada Masakan?

21 July 2020

Kamu pasti sangat familiar dengan sayuran satu ini, daun bawang.  Kegunaan daun bawang dalam masakan sangat dianjurkan sebagai penambah kenikmatan.  Tidak heran jika beragam masakan seperti sup, mi pangsit, mi ayam, soto hingga bubur sering menggunakan sayuran ini. 

Bukan hanya aromanya saja yang menggugah selera.  Akan tetapi ada manfaat lain yang membuat sayuran ini banyak dikonsumsi, terutama dalam hal kesehatan.  Bahkan ada sejumlah menu khusus yang bahan utamanya dari daun bawang. 

Daun Bawang sebagai Penyedap  

Daun bawang umum digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan.  Hal ini karena cita rasanya yang begitu khas sekaligus melezatkan.  Saat kamu memasukkan daun bawang ke dalam masakan, maka tidak perlu lagi memberikan tambahan bumbu penyedap.  Cita rasa masakan kamu dijamin sudah enak.

Sayuran ini mempunyai tekstur cenderung lunak.  Kamu dapat dengan mudah mengiris serta mencincangnya.  Tambahkan daun bawang ke dalam tumisan maupun goreng-gorengan buatanmu agar cita rasanya kian lezat.

kegunaan daun bawang dalam masakan

Pancake daun bawang

Daun Bawang sebagai Bahan Masakan Utama 

1. Kimchi 

Kegunaan daun bawang dalam masakan ialah dapat diolah sebagai kimchi.  Menu lezat asli Korea Selatan ini sangat mudah dibuat ketimbang yang berbahan dasar sawi putih.  Karena cita rasa daun bawang yang sudah lezat, maka kamu tidak perlu menambahkan bawang putih, bawang bombay dan saus. 

kegunaan daun bawang dalam masakan

Kamu hanya perlu mencukupi beberapa bahan penting lain seperti kecap asin, tepung beras, gula dan bubuk cabai.  Tuangkan campuran bahan yang telah menjadi pasta tersebut ke atas daun bawang yang sudah direndam terlebih dahulu dengan kecap asin. 

2. Pancake Daun Bawang 

Barangkali kamu masih merasa asing dengan menu masakan satu ini.  Namun, soal rasa tidak perlu diragukan lagi.  Pancake daun bawang bisa menjadi salah satu menu wajib coba untuk santap malam bersama keluarga.  Cara membuatnya pun sangat mudah, persis seperti membuat pancake biasa. 

Kamu hanya perlu menata potongan daun bawang di atas teflon dan tuangkan adonan pancake di atasnya.  Nikmati pancake ini dengan saus cabai atau kecap asin.  Dijamin aroma dan cita rasanya nya pasti akan sangat menggoda. 

Baca juga, “5 Resep Minuman Segar dari Tomat Organik”

3. Daun Bawang Kare

Jika bosan dengan masakan nusantara, maka ada baiknya untuk coba berkreasi di dapur dengan masakan India.  Salah satu menu mudah yang dapat kamu coba buat adalah daun bawang kare.  Cobalah mencicipi kelezatan menu masakan ini dengan nasi, roti maupun tortila. 

Menu ini bisa menjadi santap siang atau malam yang begitu istimewa bersama keluarga tercinta.  Pilihlah daun bawang yang sehat dan bebas pestisida seperti yang ada di Kecipir.com.  Tentunya sayuran yang bebas dari zat kimia akan memiliki manfaat kesehatan optimal bagi tubuh. 

kegunaan daun bawang dalam masakan

4. Daun Bawang Goreng

Sayuran hijau ini juga sangat pas dijadikan sebagai menu camilan untuk menikmati waktu santai dengan keluarga.  Salah satunya dengan membuat daun bawang goreng.  Gunakan tepung biasa untuk mengolah daun bawang ini. Anda tidak perlu menggunakan tepung bumbu karena rasanya yang sudah sedap. 

Kamu bisa mengkombinasikan menu lezat ini dengan saus cabai, saus tomat atau mayonaise.  Sesuaikan saja dengan seleramu.  Ada baiknya untuk mengonsumsi daun bawang organik yang bisa kamu dapatkan disini.  

Baca juga, “Resep Tumis Asparagus Super Simpel”

Kegunaan daun bawang dalam masakan umum dijadikan sebagai penyedap.  Selain itu, daun bawang juga bisa dijadikan bahan utama menu masakan tertentu.  Terlebih jika kamu menggunakan jenis sayuran ini dalam versi organik yang bebas pestisida.  Manfaat sehatnya tentu akan semakin maksimal.

Dapatkan daun bawang organik kualitas super di Kecipir.com.  Ada banyak jenis sayuran segar lainnya.  Harganya sangat terjangkau dan setiap hari ada promo diskon hingga 30%!  Segera cek katalog aplikasi/website Kecipir disini.

Total Page Visits: 5038 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah