IMG-LOGO
Tips & Trik

Bahaya Minyak Jelantah Terhadap Kesehatan

30 September 2021

Hindari bahaya minyak jelantah sebelum terlambat

 

Minyak goreng merupakan kebutuhan pokok yang lazim digunakan untuk menggoreng makanan. Namun perlu diwaspadai karena minyak jelantah dapat menimbulkan dampak negatif untuk tubuh. Minyak jelantah adalah minyak yang digunakan lebih dari 1 kali proses menggoreng.

 

Bahaya Minyak Jelantah untuk Tubuh Kita

 

 

Minyak goreng yang digunakan berulang telah mengalami penurunan mutu. Kandungan lemak tidak jenuh serta vitamin A, D, E, dan K yang ada di minyak makin lama makin menyusut.

Pada akhirnya hanya kandungan asam lemak jenuh yang tertinggal di dalam minyak tersebut.  Minyak jelantah juga mengandung senyawa karsinogenik yang terbentuk akibat proses penggorengan. Tak heran jika penggunaan minyak jelantah berpotensi memicu hipertensi, penyakit jantung koroner, dan penyempitan pembuluh darah. 

 

 

Melalui sebuah penelitian, Rukmini (2007) menemukan fakta bahwa minyak nabati dapat menyebabkan banyak penyakit seperti tekanan darah tinggi, kanker, dan juga memengaruhi kecerdasan.

Tidak hanya dari sisi kandungan nutrisi, kualitas fisik minyak jelantah juga menurun. Biasanya minyak jelantah memiliki banyak ampas/endapan.

Tak jarang minyak jelantah juga mengeluarkan bau & rasa tengik. Minyak jelantah berpotensi menjadi sarang berbagai jenis bakteri berbahaya sehingga sebaiknya tidak digunakan lagi untuk memasak.

 

Minyak Jelantah Tidak Boleh Dibuang Sembarangan

 

Tidak hanya minyak sawit, semua jenis minyak jelantah berbahaya untuk tubuh

 

Proses pemanasan minyak menyebabkan terurainya senyawa berbahaya untuk tubuh. Meski kualitas fisik minyak nabati bisa diperbaiki dengan sistem filter, namun kandungan minyak jelantah tetap berbahaya untuk tubuh.

Kita dianjurkan untuk menggunakan minyak goreng hanya 1 kali pakai. Selebihnya, minyak jelantah tidak bisa dikonsumsi lagi.

Faktanya, minyak jelantah ternyata tidak hanya berdampak negatif untuk tubuh, tapi juga untuk lingkungan. Minyak jelantah dapat merusak struktur tanah dan mematikan ekosistem perairan.

 

upcycle minyak jelantah

 

Kita sangat dilarang membuang minyak jelantah ke saluran air, tanah, atau sungai. Mungkin kamu masih bertanya-tanya, “Hmmm, sebaiknya dikemanakan ya minyak jelantahku ini?”

Cipers gak perlu khawatir lagi, karena Cici punya solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah minyak jelantahmu^^

Kamu bisa mendonasikan minyak jelantahmu ke Kecipir. Caranya cukup dengan memberikan minyak jelantah ke kurir Kecipir bersamaan dengan saat menerima pesananmu. 

Khusus di bulan ini, sedang ada Promo Diskon Minyak Goreng 50% jika kamu memberikan jelantah ke Kecipir. Berapapun jumlah jelantahmu!

Info selengkapnya buka aplikasi/web Kecipir.

 

 

Total Page Visits: 140 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah