IMG-LOGO
Tips & Trik

Cara Masak Bayam yang Benar

14 October 2020

Sayuran bayam memiliki khasiat untuk mengatasi anemia, mengontrol tekanan darah, hingga mencegah dan mengobati kanker.  Pengetahuan cara masak bayam  harus kita pelajari agar mendapatkan nutrisi maksimal.

Tidak jarang masih ada yang mengolah daun bayam dengan cara yang kurang tepat.  Untuk menghindarinya, berikut beberapa tips cara masak bayam yang benar.

Tips Mengolah Daun Bayam yang Baik dan Benar

1. Pilih Jenis Bayam

Ada dua jenis bayam berdasarkan cara panen dan budidayanya, yakni bayam cabut dan bayam petik.  Kedua bayam ini memiliki karakteristik yang nantinya akan disesuaikan dengan jenis masakan yang dibuat.

cara masak bayam

Proses seleksi bayam organik oleh Petani Kecipir, langsung dari kebun

Bayam cabut memiliki ciri bentuk daun yang bulat dan lebih kecil dengan batang yang kecil dan ramping.  Karena bentuknya yang kecil, daun bayam jenis ini sangat cocok untuk diolah menjadi sayur berkuah dan juga sayur tumis.

Sedangkan bayam petik memiliki daun yang lebih lebar atau lebih lonjong, dan ujungnya yang runcing.  Daun dan batangnya juga lebih tebal, sehingga cocok untuk olahan keripik atau pecel daun bayam.

Memilih bayam organik tanpa cemaran pestisida seperti yang dijual oleh Kecipir akan membantumu dalam memperoleh nutrisi secara maksimal.  Cek aneka jenis bayam organik disini.

2. Pilih Kualitas Bayam yang Baik

Saat memilih daun bayam, pastikan untuk memilih bayam yang memiliki daun masih segar.  Jangan pilih bayam dengan kondisi batang atau daun yang sudah layu, kering, atau membusuk. 

Bayam organik Kecipir dipanen segar dari kebun dan langsung dikirimkan ke rumahmu.  Tidak perlu ragu dengan kualitas sayuran segar Kecipir.

cara masak bayam

Sayuran Kecipir ditanam oleh petani lokal dan dikirim tanpa sampah plastik #zerowaste

Setelah membeli bayam, usahakan untuk segera mengolahnya agar memiliki rasa yang masih segar.  Jika ingin memasaknya di waktu lain,  kamu bisa memasukkannya ke dalam plastik kemudian simpan di lemari es.

Jangan cuci bayam ketika hendak menyimpan karena akan lebih mudah mengalami pembusukan.  Jika kamu membeli bayam cabut, potong dulu bagian akarnya.  Menyimpan bayam terlalu lama di dalam lemari es bisa menyebabkan kandungan nitrit meningkat dan berbahaya jika dikonsumsi.

3. Cuci Bersih

Potong daun bayam dan singkirkan daun-daun yang sudah layu atau membusuk (jika ada) sebelum mengolahnya. Setelah itu, cuci di bawah air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran.

Kamu perlu mencuci bayam dengan larutan cuka apel atau asam jawa untuk mengurangi residu pestisida.  Namun jika membeli bayam organik di Kecipir kamu tidak perlu melakukannya.  Sebab, semua produk Kecipir terjamin bebas dari cemaran pestisida.

cara masak bayam

Sebelum dikirim, bayam yang kamu pesan telah dicuci dengan bersih

4. Masak dengan Benar

Kandungan nutrisi yang baik dalam daun bayam akan hilang jika memasaknya terlalu lama.  Untuk itu, masak sebentar saja, baik cara masak bayam dengan direbus, ditumis, maupun dikukus. 

Jangan masak sampai daun berubah kecokelatan, karena akan menghilangkan kandungan klorofil di dalamnya.

Jika ingin menumisnya, tumislah dengan api yang cukup besar selama kurang lebih satu menit saja agar warnanya terjaga.  Jika hendak dibuat keripik atau gorengan, cuci daun terlebih dahulu lalu keringkan agar hasil gorengan lebih krispi.

Jangan gunakan panci aluminium saat merebus atau mengukus daun bayam, karena akan bereaksi dengan zat besi di dalamnya, sehingga daun bayam akan berubah kehitaman.  Gunakanlah panci stainless steel agar hal tersebut dapat dihindari.

resep pizza rumahan

Bayam dapat disajikan sebagai topping pizza, anak-anak pasti suka!

5. Sajikan dengan Tepat

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk menyajikan olahan bayam dengan benar.  Pertama, segera konsumsi bayam yang sudah matang dan buang sajian jika sudah melebihi 5 jam setelah pengolahan agar tidak menjadi racun.

Jangan mengolah atau memanaskan ulang olahan bayam karena dapat mengoksidasi kandungan zat besi menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh.

Dengan teknik dan cara masak bayam yang benar, olahan bayam akan jauh lebih sehat dan menghindari perubahan zat gizi menjadi racun.

Selalu gunakan bayam organik dari Kecipir.  Bayamnya langsung dipanen dari kebun dan lebih aman karena terjamin bebas pestisida.  Mulai belanja disini.

 

Baca juga,

“Manfaat Serat Makanan Bagi Wanita”

“3 Resep Pizza Rumahan Favorit Anak-Anak, Ada Topping Bayam!”

Total Page Visits: 297 - Today Page Visits: 5

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah