IMG-LOGO
Tips & Trik

Cara Memasak Beras Coklat Agar Pulen & Kaya Nutrisi

21 September 2021
cara memasak beras coklat

Simak selengkapnya 2 cara memasak beras coklat organik

 

Beras coklat memang memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibanding beras putih. Namun, teksturnya lebih keras. Hal inilah yang kerap membuat kita enggan mengonsumsinya. 

Beras coklat hanya mengalami satu kali penggilingan. Sehingga masih memiliki lapisan kulit ari. Lapisan kulit ini yang menyebabkan air sulit masuk saat proses memasak, sehingga menyebabkan nasi coklat menjadi lebih keras.

 

2 Cara Memasak Beras Coklat Agar Pulen

 

nasi coklat organik pulen

 

Memasak beras coklat agar pulen tidak harus menggunakan rice cooker. Meski jika menggunakannya akan lebih simpel, namun Cici akan berikan tips memasak beras coklat yang bisa diterapkan dengan alat masak apapun. Berikut kedua caranya:

 

1. Tambahkan Banyak Air Saat Menanak

 

cara memasak beras

Tambahkan air lebih banyak dibanding saat memasak beras putih

 

Kamu perlu menambahkan air 50% lebih banyak dibanding saat memasak beras putih. Beras coklat memiliki kulit ari yang keras namun kaya nutrisi. Karenanya dibutuhkan banyak air dan proses menanak yang lebih lama.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan 250 ml (1 gelas) air untuk menanak 185 g beras putih, maka kamu perlu menambahkan 125 ml air lagi untuk menanak 185 g beras coklat. 

Dengan cara ini  kamu akan mendapatkan nasi coklat yang pulen dan mudah dinikmati bersama aneka sayur segar. Yap, nasi coklatmu akan lebih nikmat jika dinikmati dengan sayuran-sayuran organik dari Kecipir yang dipanen segar langsung dari kebun petani. Cek disini produknya.

 

2. Rendam Beras Sebelum Memasak

 

beras coklat organik direndam

Kulit ari beras coklat lebih keras sehingga memerlukan perendaman

 

Jika tidak ingin memasak beras coklat dalam waktu yang lama, kamu dapat melakukan cara yang kedua ini. Caranya adalah rendam beras coklat selama 20-30 sebelum menanaknya.

Proses perendaman akan membuat kulit ari lebih lunak, karena partikel air telah memasuki kulit ari dan biji beras. Setelah maksimal 30 menit, segera masak beras coklat tersebut dengan perbandingan air yang sama dengan saat memasak beras putih.

Demikian cara memasak nasi coklat yang akan membantu mewujudkan hidup sehatmu. Nasi coklat memang mengandung serat yang lebih tinggi dibanding nasi putih. Selain itu, nasi coklat kaya akan antioksidan.

Mengonsumsi beras coklat organik sangat dianjurkan dibandingkan beras coklat biasa. Sebab, beras organik dibudidayakan tanpa menggunakan pupuk kimia dan racun pestisida. 

 

Proses budidaya padi non organik cenderung menggunakan pestisida secara intens

 

Pestisida yang disemprotkan pada tanaman padi dapat masuk ke dalam jaringan tanaman atau mencemari biji padi. Meski mengonsumsinya dalam jumlah kecil, pestisida yang terakumulasi di dalam tubuh selama bertahun-tahun dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Selain itu, ternyata pestisida juga dapat masuk ke dalam ASI para ibu yang tinggal di area pertanian padi. Kasus ini tercatat telah terjadi di sentra penanaman padi di Jawa Tengah. Baca selengkapnya.

Kecipir.com menyediakan berbagai jenis beras organik refill. Tidak hanya beras putih organik, di aplikasi/website Kecipir kamu bisa membeli beras merah dan beras coklat refill.

Beras organik refill adalah beras organik yang dikemas menggunakan kemasan pakai ulang. Saat membelinya, kamu telah berkontribusi dalam mengurangi sampah kemasan sekali pakai. Yuk hidup sehat dan zero waste bersama Kecipir!

Lihat Katalog Produk Kecipir Disini

 

cashback belanja sayur online 40 ribu

 

promo kecipir 4g

 

Total Page Visits: 224 - Today Page Visits: 4

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah