IMG-LOGO
Tips & Trik

Cara Membersihkan Noda Minyak Membandel Di Baju

23 June 2022

kecipir.com

Memasak dapat menjadi momen indah untuk menebar cinta melalui hidangan spesial untuk keluarga. Namun, dapat menjadi tragedi ketika mengetahui baju Moms terkena noda minyak saat memasak. Oh Tidak!

Jangan panik dulu Moms! Karena Cici bawa solusi untuk masalah Moms yang satu nih. Berikut langkah mudah menyelamatkan baju kesayangan dari noda minyak.

 

Katun, Rayon, Polyester, dan Denim

 

cara membersihkan noda minyak di kain katun

 

Menghilangkan noda minyak pada tipe kain seperti ini membutuhkan barang-barang seperti handuk kertas, soda kue, sikat gigi bekas, sabun cuci piring serta sarung tangan. Selanjutnya Moms hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Bersihkan sisa minyak dengan handuk kertas. Gunakan handuk kertas polos berwarna putih untuk menghindari risiko warna handuk kertas luntur ke kain.
  2. Tutupi noda minyak dengan lapisan soda kue yang tebal. Baking soda dapat diganti dengan tepung jagung.
  3. Diamkan selama 30-60 menit, kemudian gosok dengan sikat gigi bekas. Gumpalan soda kue saat menggosok menandakan minyak terserap oleh soda kue. Ulangi langkah pemberian soda kue, diamkan, lalu gosok kembali bila dirasa noda minyak lebih membandel.
  4. Tuangkan sabun cuci piring ke atas soda kue dengan lapisan tipis. Ratakan sabun cuci piring menggunakan jari yang telah memakai sarung tangan. Tambahkan kembali sabun cuci piring bila sabun terserap ke dalam kain.
  5. Cuci pakaian di mesin cuci. Perhatikan label perawatan pada pakaian untuk petunjuk pencucian. Tambahkan air panas untuk membantu mengangkat noda minyak dan 120 – 240 ml cuka putih untuk meningkatkan efektivitas detergen.
  6. Pastikan, noda benar-benar hilang sebelum Moms menggunakan pengering. Noda minyak akan semakin menempel apabila noda masih tersisa saat dikeringkan menggunakan mesin pengering. Ulangi langkah hingga noda menghilang, atau keringkan dengan menjemurnya lalu gunakan layanan profesional.

 

Sweater dan Wol

 

cara membersihkan noda minyak di sweater

 

Barang-barang yang diperlukan antara lain tepung maizena, sabun cuci piring, air dingin, wastafel atau bak rendam, selembar kertas berdimensi lebih besar dari sweater, pensil atau pulpen, serta handuk besar. Selanjutnya Moms hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Tutupi noda dengan tepung jagung, kemudian sikat secara perlahan setelah 30 menit
  2. Letakkan sweaternya di atas selembar kertas kemudian jiplak dengan pensil atau pena.
  3. Isi wastafel atau bak rendam dengan air dingin dan pastikan seluruh bagian sweater terendam.
  4. Tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam air dingin. Campurkan air dan sabun menggunakan tangan secara perlahan.
  5. Masukkan sweater ke dalam air dingin dan goyangkan dengan lembut. Diamkan selama tiga menit dan biarkan air menetes dari pakaian. Jangan memeras atau memelintir sweater untuk menghindari kerusakan bentuk dan seratnya.
  6. Tiriskan air kotor dan isi kembali wastafel atau bak rendam dengan air bersih. Ulangi langkah hingga air bilasan tampak jernih.
  7. Keringkan sweater dengan menggulungnya dalam handuk besar. Buka kembali gulungan dan angkat sweater setelah dirasa sudah cukup kering.
  8. Regangkan sampai kembali ke bentuk semula. Letakkan sweater di atas kertas yang sudah dijiplak, kemudian tarik secara perlahan mengikuti pola jiplakan hingga kembali ke bentuk semula.

 

Sutra dan Sifon

 

cara membersihkan noda minyak di sutra

 

Kain jenis ini tidak kuat terhadap gosokan yang kuat dan temperatur tinggi, sehingga perlu perhatian ekstra. Barang yang diperlukan hanya bedak bayi, tepung jagung, atau bedak tubuh. Selanjutnya Moms hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Tutupi noda dengan bedak bayi, tepung jagung, atau bedak tubuh
  2. Letakkan pakaian di tempat kering dan hangat selama beberapa jam hingga semalaman.
  3. Buang bedak bayi, tepung jagung, atau bedak tubuh tersebut. Ulangi langkah hingga bedak bayi, tepung jagung, atau bedak tubuh tidak menggumpal lagi dan noda berhasil hilang.

 

Wah, ternyata cara membersihkan noda minyak sangat mudah ya Moms! Sekarang tidak perlu khawatir lagi baju kesayangan rusak karena terkena minyak saat masak.

Biar lebih tenang lagi, Moms bisa belanja kebutuhan minyak goreng organik di Kecipir. Selain harganya yang terjangkau kualitasnya juga terjamin lhoo. Cuss buruan dibeli!

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 617 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah