IMG-LOGO
Tips & Trik

Cara Membuat Minyak Kelapa Ala Chef Tiarbah #MasakDarurat

21 March 2022

kecipir.com

Minyak goreng akhir – akhir ini jadi primadona ya Moms! Sekarang justru harganya sudah naik jauh dari sebelumnya. 

Sebelum minyak sawit lazim digunakan untuk menggoreng, sebenarnya nenek moyang kita sudah mengenal minyak kelapa untuk memasak.

Berbeda dengan minyak goreng sawit, minyak goreng kelapa bisa loh dibuat sendiri secara homemade. Hasil olahan minyak kelapa yang dibuat sendiri biasanya lebih harum dan gurih jika dipakai menggoreng.

Kali ini kita akan belajar membuat minyak kelapa ala Chef Tiarbah. Ada juga tips khusus menyimpan minyak kelapa agar tahan hingga bertahun-tahun. 

Moms penasaran? Yuk simak selengkapnya!

 

Cara Membuat Minyak Kelapa

 

cara membuat minyak kelapa

 

Minyak kelapa hanya memerlukan dua bahan utama, yaitu daging buah kelapa tua dan air. Satu butir kelapa bisa menghasilkan minyak sekitar 80 ml.

Jika ingin mendapatkan 1 liter minyak, Moms harus menyiapkan sekitar 13 butir buah kelapa. Berikut adalah langkah – langkah membuat minyak kelapa homemade:

  1. Siapkan bahan: 5 buah kelapa tua (diparut) dan 5 liter air.
  2. Peras santan menggunakan air, lalu pindahkan santan ke wadah bening (box).
  3. Tutup wadah dan diamkan di suhu ruang selama 1 jam hingga terlihat lapisan antara air dan gumpalan santan.
  4. Selanjutnya simpan wadah berisi santan yang telah menggumpal ke dalam kulkas. Simpan hingga santan mengeras.
  5. Aambil santan yang telah mengeras lalu masukkan ke dalam wajan. Panaskan dan masak dengan api kecil. Panaskan hingga santan mencair.
  6. Masak santan terus menerus sambil diaduk. Pengadukan berfungsi agar tidak timbul kerak (gosong). Terus aduk hingga muncul minyak dan ampas. Proses ini memerlukan waktu hingga 2 jam.
  7. Setelah santan sudah berubah menjadi minyak dan ampas, matikan api lalu tunggu hingga dingin.
  8. Saring minyak untuk memisahkan ampas. Minyak kelapa ini sudah siap dipakai untuk memasak. Sedangkan ampasnya bisa diolah menjadi makanan lain.

 

kecipir.com

 

Tips Menyimpan Minyak Kelapa 

 

cara membuat minyak kelapa

 

Minyak kelapa rentan tengik jika disimpan dengan metode yang tidak tepat. Moms bisa menyiasatinya dengan menyimpan minyak di dalam kulkas.

Saat disimpan di kulkas, minyak memang akan membeku (padat). Namun cara ini dapat menambah masa simpan minyak kelapa hingga 3 tahun. Sebaliknya, jika Moms menyimpannya di suhu ruang, minyak kelapa homemade akan rentan tengik. 

 

cara membuat minyak kelapa

 

Jangan khawatir jika setelah disimpan di kulkas minyak menjadi padat. Sebab Moms bisa mencairkannya kembali saat akan memasak. Caranya, cukup ambil minyak secukupnya lalu panaskan sebentar hingga minyak mencair dan panas. Sama seperti Moms mencairkan mentega ya.

Apakah Moms tertarik membuat minyak kelapa sendiri di rumah? Jika belum punya waktu untuk membuatnya, Kecipir juga menyediakan minyak kelapa refill yang dikemas dalam kemasan pakai ulang loh Moms. Yuk cek produknya dilink ini!

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 1360 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah