IMG-LOGO
Tips & Trik

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Hingga Masa Pensiun

5 October 2021
cara menjaga kesehatan jantung

Sebenarnya cara menjaga kesehatan jantung tidaklah mahal, simak tips lengkapnya

 

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

 

cara menjaga kesehatan jantung

 

Penyakit jantung bermula dari adanya aterosklerosis atau plak yang terbentuk di dalam pembuluh arteri. Plak ini menyebabkan penyempitan pembuluh arteri koroner sehingga aliran darah ke otot jantung berkurang. Menjaga arteri tetap bersih merupakan kunci supaya jantung lebih sehat. Penderita jantung mengonsumsi sayuran dan buah-buahan salah satu solusi menjaga kesehatan jantung (Ide, P., 2013).

Mengubah gaya hidup sehat dan pemeriksaan treadmil merupakan cara menghindari dan pencegahan dini dari serangan jantung.  Selain itu, beberapa sayuran dan buah-buahan bisa meminimalisir penyakit jantung yang memberikan efek melancarkan sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan yang berperan mencegah penggumpalan darah.

 

Pilihan Buah untuk Penderita Jantung

cara menjaga kesehatan jantung

  • Jeruk

Kandungan serat dan zat antioksidan pada buah jeruk membuat penderita jantung dianjurkan untuk konsumsi buah jeruk ini. Antioksidan jenis flavonoid dan vitamin C di dalam buah jeruk dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Di samping itu, buah jeruk juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah agar tidak membentuk plak yang menyebabkan penyumbatan terhadap pembuluh darah.

 

cara menjaga kesehatan jantung

  • Pisang

Sebanyak 5,9 mg kalsium pada buah pisang (100gr) memiliki nilai gizi yang baik khususnya untuk penderita jantung. Kalsium memiliki manfaat sebagai membantu menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. 

Disisi lain, natrium yang terkandung di buah pisang cukup rendah. Namun, kombinasi antara rendahnya natrium dan kalsium yang tinggi memiliki manfaat yang bagus untuk penderita jantung. Kombinasi ini membantu mengendalikan tekanan darah agar menjaga tetap stabil.

 

 

  • Alpukat

Potensi buah alpukat yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang tinggi akan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. MUFA ini termasuk lemak jenis sehat.

Penelitian Pradani (2007), MUFA diyakini mampu menurunkan risiko aterosklerosis pada usia lanjut usia lewat mekanisme penurunan kadar LDL (kolesterol jahat), trigliserida, dan kolesterol. Diimbangi pula dengan peningkatan kadar HDL (lemak baik). 

Buah alpukat juga kaya akan antioksidan untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah jantung.  Selain itu, kandungan kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

 

 

  • Tomat

Zat antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat memiliki khasiat yang baik untuk penderita jantung. Sumber antioksidan jenis likopen dapat membantu menghilangkan lemak jahat. Selain itu likopen juga bermanfaat untuk meminimalisir penyumbatan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

 

Rekomendasi Sayuran untuk Penderita Jantung

 

 

  • Brokoli

Sayur brokoli memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga membuat kenyang lebih lama dan dapat membantu mencegah obesitas hingga penyakit jantung. Selain itu, konsumsi serat adalah solusi alami yang aman dan ampuh untuk penurunan kadar kolesterol dalam darah. Penurunan kolesterol ini membuat aterosklerosis menjadi berkurang. 

Sayur brokoli juga mengandung vitamin C dan E juga zat antioksidan. Kandungan antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler dengan cara melawan radikal bebas yang merusak sel. 

 

 

  • Pakcoy

Pakcoy adalah jenis sayuran berdaun hijau yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan bahkan memiliki sifat anti kanker. Sayuran pakcoy mengandung asam folat, banyak vitamin, dan kalsium yang baik untuk kesehatan jantung.

 

 

  • Buncis

Sayuran hijau panjang ini mengandung serat dan folat dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung Anda. Selain itu, buncis mengandung vitamin A, B, dan C, serta senyawa yang disebut lutein. Vitamin A yang ditemukan dalam buncis membantu melawan peradangan dan mencegah hipertensi berkat sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

 

 

  • Bayam

Anda harus tahu bahwa satu porsi bayam mengandung lebih banyak potasium daripada pisang. Nutrisi dalam bayam dapat membantu meningkatkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah rendah. Kalium membantu menghilangkan stres pada dinding pembuluh darah dan membantu tubuh menghilangkan kelebihan natrium, yang dalam konsentrasi tinggi menyebabkan retensi cairan.

 

 

  • Kembang Kol

Kembang kol memiliki sayuran yang sangat tinggi kesehatannya. Sebanyak 18 mg dalam ukuran 100 gr kembang kol memenuhi kebutuhan harian vitamin C. Kembang kol mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL karena kandungan kalsium yang sebesar 116 mg.

Sulfur pada sayur kubis juga dipercaya dapat melenyapkan alkohol dalam darah. Dengan konsumsi kembang kol yang cukup, memiliki dampak yang bagus bagi kesehatan tubuh khususnya membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan terjadinya stroke.

Demikian cara-cara menjaga kesehatan jantung agar kita tetap leluasa bergerak di masa pensiun.

Makanan yang sehat untuk jantung adalah bagian dari diet bergizi dan seimbang. Karenanya tidaklah sulit untuk menjaga kesehatan jantung jika kita menerapkan pola makan sehat.

Di Kecipir, kamu bisa membeli sayur dan buah organik yang dipanen langsung dari kebun petani. Semuanya organik dan tejamin aman dari pestisida.

Belanja Sayur & Buah Segar Sekarang

 

Total Page Visits: 455 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah