IMG-LOGO
Tips & Trik

Kolesterol Tinggi? Coba Atasi dengan Lobak Putih

4 September 2020

Lobak sejak lama dipercaya bisa mengatasi berbagai macam penyakit tanpa efek samping.  Salah satu yang paling diburu yaitu manfaat lobak putih untuk kolesterolSimak informasi dibawah ini untuk mengetahui kandungan dan cara mengolah lobak yang tepat untuk mengatasi kolesterol.

Kenapa Lobak Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol?

Manfaat lobak putih untuk kolesterol bisa didapatkan karena sayur ini mengandung kalori yang rendah.  Ditambah lagi dengan kadar serat yang tinggi sehingga bisa menyerap lemak darah yang tidak sehat dalam tubuh.

manfaat lobak putih untuk kolesterol

Lobak putih organik memiliki rasa yang lebih nikmat

Lobak dapat membantu tubuh untuk bekerja membersihkan darah dari kandungan lemak kolesterol jahat.  Kolesterol biasanya bersembunyi di dalam pembuluh darah.  Sayur ini juga bisa mempengaruhi cara kerja hipotiroidisme karena mengandung zat sulfur. 

Disamping rendah kalori, kaya serat, dan mengandung sulfur, lobak juga memiliki kandungan lain yang tidak kalah penting.  Setiap 100 gram lobak putih mengandung:

  • Protein = 0.9 g
  • Lemak = 0.1 g
  • Karbohidrat = 4.2 g
  • Serat = 1.4 g
  • Kalori = 21 kkal
  • Fostor 
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Vitamin B6
  • Antioksidan tinggi

Kandungan nutrisi ini juga yang membuat lobak bukan hanya untuk mengatasi kolesterol tapi juga untuk penyakit lainnya.  Seperti asam urat, batu ginjal, hingga asupan bergizi bai orang yang ingin berdiet.

manfaat lobak putih untuk kolesterol

Kecipir menjual lobak putih dan lobak merah bulat organik

Cara Mengolah Lobak untuk Mengatasi Kolesterol

Ada setidaknya empat cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat lobak terutama untuk mengobati kolesterol.  Kamu bisa menggunakan keempat cara ini sesuai dengan seleramu.  Bagaimana cara mengolahnya? Berikut ulasannya:

1. Direbus Perlahan

Cara paling mudah agar mendapat manfaat lobak putih untuk kolesterol yakni dengan merebusnya secara perlahan menggunakan api kecil.  Ambilah 3 buah lobak, cuci bersih lalu potong ukuran besar dan rebus dalam air sebanyak 3 gelas. 

Rebus perlahan hingga air menyusut hingga 2 gelas saja.  Saring air rebusan, dan konsumsi juga lobak rebusnya.  Minum secara rutin sebelum tidur dan  dan pagi hari. 

2. Dikukus 

Cara kedua yakni dengan mengukus sayuran lobak.  Ambil lobak secukupnya, cuci lalu kupas kulitnya. Cucilah di air mengalir agar rasa pahitnya berkurang. Lalu kukus lobak hingga matang di suhu sedang.

Penting untuk menjaga suhu agar nutrisi yang terkandung tidak memuai.  Kukus lobak dalam waktu maksimal 5 menit.  Setelah itu lobak bisa langsung dikonsumsi.

3. Langsung dibuat Jus

Ingin cara yang lebih mudah?  Langsung olah lobak yang sudah dicuci bersih dan dikupas kulitnya menjadi jus lobak. Setiap 3 butir lobak besar akan menghasilkan 2 gelas jus.

Jangan tambahkan apapun kecuali air agar nutrisi tetap terjaga.  Cara ini jadi cara yang paling efektif untuk menjaga manfaat lobak agar nutrisinya tidak hilang karena proses pemanasan.  Namun kamu harus merasakan rasa getir khas lobak yang cukup kuat.  

4. Dibuat Sup tanpa Penambahan MSG

Cara yang paling aman agar rasanya tetap bersahabat di lidah yaitu dengan memasaknya menjadi sup bening.  Beberapa bahan tambahan seperti bawang bisa digunakan.  Namun hindari penambahan MSG atau penyedap rasa sintetis.

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi lobak ini agar kolesterol tinggi berangsur menyusut.   Perhatikan juga cara pengolahannya agar nutrisi tetap terjaga.

Gunakan lobak putih organik agar kamu bisa memanen manfaat lobak putih tanpa harus terpapar residu pestisida.  Kecipir menjual lobak organik yang dipanen langsung dari kebun petani lokal.  Order lobak putihmu disini!

Total Page Visits: 263 - Today Page Visits: 7

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah