IMG-LOGO
Tips & Trik

Lebih Baik Mana, Wortel Rebus atau Wortel Mentah?

20 July 2020

banner promo kecipir

Beberapa orang ternyata masih bingung lebih baik wortel dimakan mentah atau direbus terlebih dahulu.  Sebenarnya, apa perbedaannya?  Apa saja manfaat wortel mentah setelah dikonsumsi?

 

Manfaat Wortel Mentah

 

manfaat wortel mentah

Wortel mentah biasanya dikonsumsi sebagai jus, puree, atau campuran salad

 

Ketika dimakan dalam bentuk mentah, wortel terasa manis dan renyah saat dikunyah.  Tidak jarang wortel menjadi camilan wajib untuk di pagi hari atau dibawa bersama bekal makanan.

Selain itu, wortel mentah umumnya memiliki nutrisi yang masih lengkap.  Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa wortel mentah masih menjadi cara konsumsi yang dominan.

Berikut adalah manfaat wortel mentah yang seringkali masih dikonsumsi oleh masyarakat:

 

1. Kandungan polifenol tetap utuh

Polifenol berfungsi untuk mencegah atau menghambat terjadinya penyakit jantung koroner melalui perbaikan fungsi pembuluh darah serta memperlambat penggumpalan darah.  Sebagai antioksidan, antiradang, dan antiplatelet, wortel mentah bekerja efektif melawan penyakit jantung.

Selain itu, polifenol akan mengeliminasi pembentukan sel kanker karena efeknya sebagai pelindung tubuh terhadap toksin atau radikal bebas.  Tidak perlu khawatir diabetes, wortel mentah mengeluarkan polifenol untuk menghambat penyerapan glukosa di usus.

 

banner promo kecipir

 

2. Kadar vitamin C tinggi

Vitamin C adalah salah satu senyawa yang mampu merangsang terbentuknya antioksidan pada tubuh dan produksi kolagen untuk kesehatan kulit.  Namun, vitamin C pada wortel rentan larut dalam air.  Inilah sebabnya wortel mentah cocok dikonsumsi karena kandungan vitamin C yang tinggi.

Tidak hanya itu, vitamin C yang utuh pada wortel mentah akan bekerja secara signifikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Wortel mentah dengan kandungan yang utuh vitamin C mampu diserap dengan baik oleh tubuh.

Baca juga, “5 Alasan Mengapa Kita Harus Mengonsumsi Produk Organik”

 

3. Kesehatan gigi dan gusi terjaga

Manfaat wortel mentah berikutnya adalah mampu menyehatkan gigi dan gusi ketika mengunyahnya.  Dengan mengunyah wortel mentah, bakteri, plak, maupun karang gigi dan bakteri dapat dibersihkan secara maksimal.

Kunyahan wortel memproduksi saliva atau air liur yang bekerja sebagai alkalin, yaitu penyeimbang asam dan bakteri pembuat gigi berlubang yang ada di dalam mulut.  Selain itu, wortel mentah juga mengandung mineral yang akan mencegah kerusakan pada gigi.

Tidak ada salahnya makan wortel secara mentah karena kandungannya tidak berkurang atau hilang.  Namun, perlu diperhatikan kembali cara membersihkan yang benar karena wortel mentah tidak jauh dari bakteri atau kuman yang menempel pada permukannya.

 

Manfaat Wortel Rebus  

 

manfaat wortel mentah

Anak-anak lebih mudah menyukai wortel rebus karena teksturnya lebih lunak

 

Apabila tidak menyukai makan wortel mentah, wortel rebus merupakan alternatif berikutnya.  Selain lebih higienis, wortel rebus lebih mudah dikunyah karena teksturnya menjadi lebih empuk.

Wortel yang direbus dengan benar tidak akan menghilangkan kandungan nutrisi penting di dalamnya.  Nah ini dia manfaat dari wortel rebus:

 

1. Antioksidan lebih banyak

Wortel rebus memiliki kadar antioksidan tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan wortel mentah.  Kondisi ini tentu memudahkan perlindungan ekstra terhadap tubuh dari racun maupun sumber penyakit yang berasal dari dalam dan luar.

 

2. Falcarinol meningkat

Falcarinol adalah sejenis senyawa antikanker yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal yang menggerogoti tubuh.  Wortel yang direbus mengalami perubahan komposisi dan tidak lagi memiliki kemampuan untuk menahan air.

Konsentrasi falcarinol semakin meningkat sebanyak 25% apabila direbus secara utuh.  Tidak hanya mencegah, wortel rebus bisa jadi menghambat sel kanker supaya tidak berkembang secara drastis pada pasien kanker.

 

3. Senyawa beta karoten tetap tinggi

Meski kadar beta karoten pada wortel yang direbus menurun sebanyak 5%.  Namun kandungan senyawa tersebut tetap tinggi.  Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa kandungan beta karoten pada wortel rebus mencapai 7,23 μg/g.  Pada wortel mentah jumlahnya mencapai 7,63 μg/g.

 

banner promo kecipir

 

Cara Merebus Wortel Dengan Benar

 

Apa beberapa aturan yang bisa diterapkan ketika merebus wortel supaya kandungan gizinya tidak hilang atau berkurang.

  • Rebus dalam waktu sekitar 4 sampai 7 menit saja menggunakan api kecil.
  • Kondisi air rebusan lebih tinggi 2 inci dari wortel.
  • Tutup wadah yang digunakan untuk merebus wortel.
  • Jangan masukkan garam atau bumbu apapun karena wortel sudah memiliki rasa manis.
  • Gunakan minyak zaitun atau minyak kelapa apabila diperlukan supaya penyerapan dalam tubuh berjalan lebih lancar.

 

manfaat wortel mentah

Ekstrak minyak kelapa baik digunakan untuk campuran wortel rebus

 

Mengonsumsi dan mengambil manfaat wortel mentah atau rebus tentu tidak ada salahnya.  Kedua wortel memiliki ciri nutrisinya masing-masing. 

Kecipir.com menyediakan wortel organik yang aman dimakan mentah maupun direbus. Sebab, wortel organik Kecipir terjamin bebas dari racun pestisida.

Tersedia juga aneka jenis sayuran & produk organik lainnya. Mulai dengan Rp3.000 kamu sudah bisa mendapatkan 200 gram sayuran organik fresh langsung dari kebun petani.

Buka aplikasi/website Kecipir dan belanja sekarang, dapatkan Cashback Rp40.000 untuk Belanja Perdana!

 

belanja sayur organik online

 

Total Page Visits: 27845 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah