IMG-LOGO
Tips & Trik

Selain Menyehatkan Mata, Ini Manfaat Wortel Bagi Tubuh

6 August 2020

Wortel adalah salah satu bahan makanan yang diyakini baik untuk kesehatan mata.  Namun, ternyata manfaat wortel tidak sekadar memaksimalkan kinerja organ penglihatan.  Ada segudang manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi wortel secara rutin.

Biasanya, wortel akan diolah menjadi masakan atau minuman dalam bentuk jus.  Tak jarang juga sayuran ini dikombinasikan dengan buah dan sayuran lainnya.  Wortel sangat bermanfaat baik itu dikonsumsi dalam bentuk mentah ataupun matang.

manfaat wortel

Wortel organik terasa lebih renyah dan lebih manis

Kandungan Nutrisi Pada Wortel

Wortel mengandung kadar vitamin A cukup tinggi.  Selain itu, ada lebih banyak nutrisi yang dikandung oleh wortel, antara lain:

1. Makronutrien berupa air (89.9 gram), energi (36 kalori), protein (1 gram), lemak (0.6 gram), karbohidrat (7.9 gram), dan serat (1 gram).

2. Mineral, terdiri dari kalsium, fosfor, zat besi, sodium, kalium, tembaga, dan seng.

3. Vitamin dan antioksidan, yaitu:

  • Beta karoten adalah pemberi pigmen warna oranye pada wortel.  Beta karoten adalahprekursor vitamin A yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.
  • Alpha karoten, adalah prekursor selain beta karoten yang berfungsi membentuk vitamin A dan memunculkan pigmen warna pada wortel.
  • Lutein, karotenoid alami yang memberikan warna kuning, putih, dan kekuningan. Termasuk salah satu antioksidan yang baik untuk tubuh.
  • Lycopene dan antosianin merupakan senyawa merah dan ungu yang baik untuk kesehatan jantung.
manfaat wortel

Wortel Kecipir dipanen langsung dari kebun petani organik

Baca juga, “Lebih Baik Mana? Wortel Rebus atau Wortel Mentah?”

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Setelah menyimak kandungan nutrisi baik pada wortel, berikut ragam manfaat yang bisa didapatkan dari wortel apabila rajin mengonsumsinya:

1. Mencegah risiko terjadinya kanker

Hampir seluruh bagian tubuh manusia bisa diserang oleh kanker.  Mulai dari bagian luar, hingga bagian paling dalam.  Kanker biasanya ditandai dengan pertumbuhan sel-sel tubuh secara abnormal.

Keadaan ini sangat memungkinkan penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.  Berikut beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan bantuan nutrisi pada wortel:

  • Kanker paru-paru

Salah satu jenis antioksidan yang bekerja untuk menangkal pertumbuhan sel kanker pada paru-paru adalah beta karoten.  Hal ini disebabkan oleh sifat antioksidan yang bekerja untuk menangkal radikal bebas.

  • Kanker darah

Beta karoten dan poliasetil adalah dua senyawa aktif untuk mencegah perkembangan atau penyebaran sel kanker pada tubuh secara menyeluruh.

  • Kanker usus

Nutrisi dari beta karoten, lycopene, serta antioksidan pada wortel bekerja pada area pencernaan, di mana kanker usus bisa berkembang dengan ganas.

2. Mengontrol tekanan darah dan menyehatkan jantung

Wortel sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.  Potasium pada wortel akan menangkal natrium sehingga tekanan darah kembali normal. Serat, kalium, serta lycopene juga menjaga tekanan darah supaya tetap stabil.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A bukan satu-satunya vitamin yang banyak terkandung di dalam wortel.  Sayuran ini mengandung vitamin C yang berperan penting bagi kesehatan.

Vitamin C akan meningkatkan sistem imunitas tubuh.  Wortel akan memenuhi asupan vitamin C yang diperlukan untuk membangun daya tahan yang baik.

Baca juga, “Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama”

manfaat wortel

Jus wortel dapat dijadikan sebagai pendetoks tubuh

4. Mencegah penuaan dan menjaga kulit tetap sehat

Selain meningkatkan sistem imun, vitamin C juga merangsang produksi kolagen yang membantu penyembuhan luka menjadi lebih cepat.  Sifat antiradang pada vitamin C mampu meredakan luka dan trauma yang dialami oleh kulit.

Karotenoid dan polifenol menyegarkan penampilan kulit sehingga terlihat muda.  Kedua antioksidan tersebut mampu memperbaiki kerusakan sel secara sempurna. Selain itu, kandungan beta karoten pada wortel berfungsi dengan baik mencegah pertumbuhan jerawat.

5. Sistem metabolisme berjalan lancar

Bagi sebagian orang yang sedang diet, konsumsi wortel ternyata efektif untuk menurunkan berat badan.  Meskipun rasanya manis, wortel maupun olahannya memiliki kadar kalori rendah.

Dengan konsumsi wortel, sistem metabolisme bekerja aktif mengubah asupan menjadi energi.  Tidak perlu khawatir apabila perut masih kosong karena mengonsumsi wortel memberikan energi lebih untuk beraktivitas.

6. Detoksifikasi racun

Diperkaya dengan antioksidan, wortel akan bekerja menangkal radikal bebas atau racun yang menumpuk di dalam tubuh dan mencegah datangnya penyakit.  Dengan konsumsi yang rutin, kalium juga ikut membantu menetralkan asam di dalam darah sekaligus menghilangkan toksin.

Manfaat wortel yang beragam tentu memberikan kesehatan optimal bagi tubuh.  Agar manfaar ini diperoleh secara optimal kamu harus mengonsumsi makanan bergizi serta olahraga yang cukup.

Apabila kamu sedang mencari wortel organik dengan harga terjangkau, Kecipir.com akan memenuhi kebutuhan tersebut. Segera download aplikasinya disini untuk mendapatkan wortel organik berkualitas.  Semua sayur dan buah dipanen langsung dari kebun sehingga terjamin segar!

Total Page Visits: 161 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah