IMG-LOGO
Tips & Trik

Tips dan Cara Aman Selama Isolasi Mandiri Di Rumah 

16 August 2021

Covid-19 merupakan virus yang sudah tidak asing di telinga. Penyakit ini begitu cepat penyebarannya sehingga WHO menyatakan bahwa Covid-19 merupakan bagian dari pandemi. Di beberapa negara menerapkan pemberlakukan pembatasan aktivitas di luar ruangan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Physical distancing dan isolasi mandiri juga turut dilakukan pemerintah untuk menekan tingginya kasus tersebut.

 

Cara Aman Isolasi Mandiri

 

tenaga medis menggunakan APD

Pasien Covid dengan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah (18427938/Pixabay)

 

Cipers sudah tahu belum kira-kira apa saja ya yang perlu dipersiapkan saat isolasi mandiri (isoman) di rumah? Lalu tips dan caranya biar aman isoman gimana ya? Yuk kita langsung simak ulasan di bawah ini (Kemenkes, 2020):

  1. Tetap di rumah dan berusaha menjaga jarak minimal satu meter dari orang lain.
  2. Pakai masker saat sakit dan hendak bepergian. Sebaiknya penggunaan double masker untuk meningkatkan efektivitas keamanan dari terhindarnya paparan Covid-19. Selain itu, tidak boleh menyentuh masker dan wajah. Kemudian membuang masker setelah meninggalkan ruangan dan mencuci tangan yang bersih. 
  3. Ruang terpisah dengan orang yang memiliki gejala. Jika tidak memungkin, maka sebaiknya menjaga jarak satu meter dari pasien. Dalam ruangan tersebut, pasien dan orang lain wajib memakai masker.
  4. Rajin cuci tangan dengan sabun. Setelah bepergian atau kontak dengan pasien maka diwajibkan untuk segera cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir selama 20 detik lalu dibilas. .
  5. Gunakan peralatan makan, mandi dan sprei khusus masing-masing. Peralatan harus dicuci bersih dengan sabun dan tidak boleh digunakan orang lain.
  6. Menjaga kebersihan rumah merupakan hal terpenting. Rumah yang bersih salah satu mencegah penyakit dan virus enggan menghampiri. Di samping itu, menjaga kebersihan diri juga perlu. Jika merasa demam atau sesak napas, segera hubungi pihak medis dan memperbarui informasi.
  7. Ukur suhu tubuh rutin secara berkala. Suhu tubuh normal pada manusia biasanya 36.5 – 37.5 derajat Celcius. 

 

Sangat Dianjurkan Konsumsi Makanan Bergizi

 

promo kecipir 4g

Belanja makanan sehat di Kecipir terjamin aman, nyaman, dan murah dengan 4 garansi

 

Gizi seimbang merupakan hal terpenting dalam menjaga pola hidup di tengah masa pandemi. Konsumsi makanan gizi yang seimbang adalah salah satu bentuk menjaga kesehatan agar virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh manusia. Pembiasaan konsumsi beragam makanan pokok dan lauk pauk yang mengandung protein tinggi.

Dengan memperbanyak makan buah dan sayuran, sayuran dan buah-buahan kaya vitamin dan zat gizi menjadi asupan yang baik dan masuk ke dalam tubuh. Selain itu, konsumsi makanan yang manis, asin, dan berlemak dengan porsi jumlah terbatas (Akbar dan Aidha, 2020). Memenuhi kebutuhan stok persediaan bahan pangan yang aman dan organik tentunya kamu dapat belanja dari rumah aja melalui aplikasi/website Kecipir.

 

Alat Kesehatan & Layanan Telemedicine yang Penting

 

Oksimeter, alat pengukur saturasi oksigen

Dianjurkan untuk memiliki oksimeter saat sedang isoman (Charlykushu/Pixabay)

 

Di tengah pandemi seperti ini, memiliki alat kesehatan merupakan salah satu alat vital dan sangat dianjurkan untuk siap sedia di setiap rumah tinggal, seperti oximeter dan termometer. Oximeter merupakan alat pengukur saturasi oksigen, sehingga angka yang menunjukkannya sebagai indikator kadar oksigen kita. Sedangkan termometer merupakan alat pengecek suhu tubuh manusia.

Telemedicine merupakan layanan informasi kesehatan salah satunya dapat berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Terdapat 11  platform telemedicine yang dapat membantu para isoman berdasarkan rekomendasi Kemenkes, beberapa diantaranya adalah Klikdokter, Alodokter, dan Halodoc.

 

Ide Kegiatan yang Seru Saat Isoman

 

Dua orang yang sedang menonton film menggunakan laptop

Menonton film dapat mengurangi kebosanan saat isoman (FrankundFrei/Pixabay)

 

Selama isoman seringkali kita merasa jenuh dan depresi. Cici punya ide kegiatan yang cocok kamu lakukan untuk menemanimu selama isolasi mandiri di rumah. Ini dia dua kegiatan yang dapat memicu produksi hormon bahagia di dalam dirimu:

  1. Melakukan aktivitas fisik yang cukup dengan berolahraga minimal 30 menit/hari. Olahraga rutin bermanfaat baik untuk kesehatan sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. Kamu bisa mengulik instruktur olahraga pilihan disini.
  2. Menonton film bisa mencegah stres dan menekan depresi. Ini menjadi salah satu kegiatan favorit yang bisa dilakukan selama isoman di rumah.

 

instruktur olahraga pilihan

Ini dia 5 instruktur olahraga pilihan buatmu, klik untuk info selengkapnya!

 

Total Page Visits: 1211 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah