IMG-LOGO
Lain-lain

Tips Menyimpan Sayuran Yg Tahan Lama dan Tetap Segar

16 October 2017

Untuk menyimpan sayuran dalam jangka waktu lama tidaklah mudah . Lalu, Bagaimana menyiasati agar sayuran bisa bertahan lebih lama dan tetap segar? Berikut beberpa tips yg bisa Sobat Kecipir coba

  • Cerdas saat Membeli Sayuran

Sebelum membeli sayur, sebaiknya kita membuat list sayuran apa saja yang akan dibeli di pasar untuk persediaan di rumah. Belilah sayuran yang masih segar. sayuran segar secara mudah bisa terlihat dari tampilan luarnya yang masih segar.

  • Cuci Sayuran yang baru dibeli

Jika sudah membeli sayuran, jangan lupa kita langsung cuci sayuran tersebut sesuai dengan jenisnya. Seperti kelompk sayur hijau, untuk sayur seperti nangka, lobak, sawi putih, terong, wortel dan sayur lainnya, cucilah satu per satu agar bersih dan untuk sayuran  yg mudah lembek seperti oyong anda cukup mencucinya sebanyak 2 kali bilas saja krn sayur tersebut memilik kadar air yg banyak. Catatan, Sayur yg sudah dicuci segera ditiriskan terlebih dahulu, jangan langsung menyimpan sayuran dalam keadaan basah.

  • Simpan sayuran dalam keadaan utuh

Hindari menyimpan sayuran dalam keadaan sudah dipotong-potong. Menyimpan sayuran dalam keadaan utuh justru bisa membuatnya bertahan lebih lama.

  • Pastikan kulkas bersih dan bersuhu pas

Suhu dalam kuklas sebaiknya antara 1-4 derajat celcius. Lebih tinggi dari itu bisa menimbulkan bakteri yg bisa mempengaruhi rasa dan aroma makanan yg disimpan, sementara bila lebih rendah dari suhu tersebut bisa membuat sayuran menjadi beku.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyimpan sayur di kulkas, yaitu:

  1. keadaan kulkas harus bersih, ciri kulkas bersih adalah tidak mengeluarkan bau tidak sedap saat dalam keadaan mati.
  2. suhu kulkas harus dingin dan stabil, suhu dingin kulkas saat diisi bermacam sayuran harus stabil, tidak terlalu dingin tapi bisa membuat seluruh sayur tetap segar dan bertahan lama.
  • Cara menyimpan dan menata sayur dalam kulkas harus benar

Pada umumnya, Kulkas memiliki beberapa bagian, yaitu bagian saku lemari yg terdapat di pintu (biasa digunakan untuk minuman, telur), bagian badan kulkas (tempat seperti rak bersusun) dan bagian freezer yg cocok untuk tempat menyimpan makanan hewani seperti ayam, daging dan ikan.

Bagian yg sangat cocok untu menyimpan sayur adalah pada bagian badan kulkas. Di bagian sinilah anda harus menata sayur. Umumnya badan kulkas memiliki 4 lantai:

  1. Lantai 1 (paling bawah): untuk sayuran berdaun hijau.
  2. Lantai 2: untuk sayuran berkadar air rendah, seperti kol, wortel (buang bagian pucuknya sebelum disimpan), buncis, kacang panjang.
  3. Lantai 3: untuk bumbu masak, seperti bawang merah dan bumbu dapur lainnya. Jika anda memiliki sto kuah kaldu, simpanlah di lantai ini karena akan lebih awet.
  4. Lantai 4 (paling atas dekat frezeer): untuk sayuran berkadar air tinggi, seperti tomat, cabai terong, timun, paprika.
  • Lindungi sayuran dari sinar matahari

Jauhkan sayuran dari tempat-tempat yang banyak mendapatkan sinar matahari.

  • Tempatkan sayuran dalam kantung/wadah plastik

Sebaiknya sayuran dimasukkan dalam kantong/wadah plastik terlebih dahulu sebelum disimpan di kulkas. Menyimpan dalam plastik berlubang justru akan lebih baik. Sayuran membutuhkan kelembaban yang cukup. Memasukkan sayuran ke dalam kantong plastik saat disimpan di kulkas merupakan salah satu cara untuk mengurangi hilangnya kelembaban pada sayuran, sehingga tidak mudah rusak.

Total Page Visits: 1317 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah