IMG-LOGO
Cerita Petani

Gapoktan Sidomulyo, Gabungan Kelompok Tani Percontohan di Indonesia

18 August 2022

kecipir.com

Gapoktan Sidomulyo adalah sebuah gabungan kelompok tani yang berlokasi di Sleman. Gapoktan ini bediri sejak tahun 2008. Dua tahun kemudian diresmikan menjadi salah satu gudang cadangan pangan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat ini, Gapoktan Sidomulyo menaungi 9 kelompok tani dengan total anggota sejumlah 604 orang. Sekitar 10% dari penduduk desa Sidomulyo yang berjumlah 6.143 jiwa menjadi anggota kelompok tani ini.

 

aktivitas gapoktan sidomulyo

Salah satu aktivitas anggota Gapoktan Sidomulyo (Sumber: Nanang F)

 

Gapoktan Sidomulyo adalah percontohan kelompok tani yang sukses di Indonesia. Sesuai dengan visinya, Gapoktan Sidomulyo ingin menjadi lembaga usaha ekonomi produktif yang maju, mandiri, kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Sidomulyo.

 

gudang gapoktan sidomulyo

Rumah Kemas beras yang diproduksi oleh Gapoktan Sidomulyo (Sumber: Etha P)

 

Bermodalkan lahan sawah seluas 150 ha, mereka mampu memenuhi kebutuhan pasokan beras hingga 270 ton/bulan. Aneka jenis beras organik tersedia disini, beras putih, beras merah, hingga beras hitam. 

Tak hanya itu, Gapoktan Sidomulyo juga memproduksi bawang merah dan bekatul. Melalui sistem pre order, pengunjung bahkan bisa mencicipi brownies bekatul.

 

gudang gapoktan sidomulyo

Suasana di dalam rumah kemas (Sumber: Regina F.M)

 

Kecipir menyediakan beras organik yang diproduksi oleh Gapoktan Sidomulyo. Kami mengemasnya dalam kemasan refill (pakai ulang) dengan tujuan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai.

Moms bisa mendapatkan beras putih, merah, cokelat, dan mentik wangi yang ditanam oleh para petani di Sidomulyo. Buka aplikasi Kecipir lalu order  produknya di kategori REFILL atau klik link ini untuk melihat produknya!

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 686 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah