IMG-LOGO
Cerita Petani

“Hakko Kombucha” Produk Fermentasi dari Tiga Mahasiswa

22 December 2021

Hakko Kombucha adalah produk fermentasi yang dibuat oleh tiga sekawan alumni IPB, yaitu Eric Prasetya, Aldrian Kuswandi, dan Ignatia Herti R.U.

Bermula dari keresahan Eric yang menggemari minuman bersoda, namun alergi terhadap gula.  Ia mencoba membuat minuman favoritnya sendiri, minuman soda namun dalam bentuk yang lebih sehat.

 

hakko kombucha

Sumber: Instagram @hakko.id

 

Kisah Tumbuh Kembang Hakko Kombucha

 

Pada Mei 2016, di dalam kamar kosnya yang tidak luas, Eric melakukan uji coba pembuatan teh fermentasi (kombucha). Setelah melewati 7 hari fermentasi, kombucha yang Ia buat berhasil dipanen pertama kali.

Dari sinilah produk Hakko Kombucha mulai diproduksi. Kala itu, kombucha yang dibuat Eric mendapat respon positif dari teman-teman dan tetangga yang mencicipinya.

Rasanya asam segar dan menyehatkan, karena sangat rendah gula. Berbeda dengan minuman penyegar kemasan di pasaran yang mayoritas tinggi kandungan gulanya.

Eric dan timnya pun sempat mendaftarkan produknya dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemenristekdikti. Mereka berhasil menjadi finalis PIMNAS 29 dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Suprihatin.

 

tim hakko kombucha

Tim kerja Hakko Kombucha (Sumber: Instagram @hakko.id)

 

Saat ini, tim Hakko Kombucha terdiri dari 8 orang yang bertugas dalam pekerjaan manajerial & operasional. Rumah fermentasi mereka telah bertumbuh menjadi sebuah rumah produksi sesuai standar industri.

Selain bekerjasama dengan para petani teh organik di Ciwidey. Mereka juga membeli bahan baku buah dari petani di Situbondo. 

Tak hanya memberdayakan tenaga kerja di lingkungan sekitar, Eric dan timnya juga turut membantu petani lokal karena mereka menawarkan harga beli yang lebih baik. Sebab buah hasil panen petani yang terlalu masak dan cenderung dijual murah, masih bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kombucha.

 

petani lokal mitra hakko kombucha

Petani lokal penyedia bahan baku kombucha (Sumber: Instagram @hakko.id)

 

Produk – Produk Hakko Kombucha

 

Seperti Kecipir, Hakko Kombucha juga mengajak para pelanggannya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Terutama dalam mencegah sampah kemasan. 

Melalui program “Hakko Recycle” pelanggan dapat mengembalikan botol kemasan produk. Tujuannya agar bisa dipakai ulang kembali.

 

reuse botol hakko kombucha

Proses panen dan pengemasan kombucha (Sumber: Instagram @hakko.id)

Jika Moms membeli produk kombucha di Kecipir, Moms bisa mengembalikan botol kemasannya melalui kurir Kecipir.

Saat ini ada 8 varian produk kombucha yang bisa Moms nikmati, yaitu:

  1. Dragon Fruit Kombucha
  2. Ginger Kombucha
  3. Green Tea Kombucha
  4. Hibiscus Kombucha
  5. Mint Mango Kombucha
  6. Original Black Tea Kombucha
  7. Pineapple Kombucha
  8. Turmeric Passion Kombucha

Semua produk diatas bisa Moms dapatkan melalui website www.kecipir.com atau aplikasi Kecipir.  Dapatkan gratis ongkir dengan pembelian 2 produk kombucha! 

Order produk Hakko Kombucha disini

Lihat resep kreasi kombucha disini

 

promo kecipir

 

belanja sayur organik online

 

Total Page Visits: 319 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah