IMG-LOGO
Pertanian Organik dan Zero Waste

Daftar Toko Zero Waste Jabodetabek, Murah dan Lengkap

25 June 2021
pemandangan yang kerap ditemukan di toko zero wste

Pemandangan yang kerap terlihat di toko zero waste

 

Penggunaan plastik sebagai wadah penyimpanan, wadah pembungkus makanan, serta tempat meletakkan berbagai kebutuhan memang masih belum bisa dihindari oleh sebagian besar masyarakat di dunia.

Menurut laporan UN Environment pada 2018, terdapat lebih dari 8,3 miliar ton plastik telah diproduksi sejak awal 1950-an. Sekitar 60% plastik berakhir di tempat pembuangan akhir dan lingkungan.

Indonesia sebagai negara penghasil sampah plastik laut terbesar nomor 2 di dunia sangat merasakan kerugian akibat limbah plastik. Kerugian tersebut dirasakan pada sektor ekonomi dan sangat berdampak pada ekosistem lingkungan & manusia.

 

belanja online

Sampah plastik akibat belanja online saat pandemi meningkat 2 kali lipat (LIPI, 2020)

 

Bisnis berbasis ramah lingkungan kini mulai bermunculan di Indonesia. Diantaranya yaitu toko zero waste yang menyediakan kebutuhan pokok mengusung konsep minim sampah. 

Saat ini, terdapat beberapa toko yang mengusung konsep zero waste yang dapat dijumpai di sekitar Jabodetabek. Tidak hanya toko yang bisa dikunjungi secara langsung, tapi ada juga toko online seperti Kecipir yang memudahkan konsumen sehingga tidak perlu keluar rumah.

Mau tau toko apa saja yang mengusung konsep zero waste? Yuk intip pembahasannya bersama:

 

 1.  BulkSource

Toko grosir The Bulkstore & Co ini memiliki beberapa cabang, yaitu di Menteng, Kemang, dan Bintaro. The Bulkstore & Co menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari serba curah. 

Jika datang untuk berbelanja ke toko ini, kamu dapat membawa wadah sendiri dari rumah, atau dapat membeli wadah kaca, tas kain ataupun kantong plastik dari singkong yang dijual di The Bulkstore & Co.  Selama pandemi, toko ini beroperasi setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB.

 

Membawa tas pakai ulang adalah langkah awal untuk mengurangi sampah plastik

 

2. Saruga Package – Free Shopping Store

 

Toko ini berlokasi di Jalan Taman Bintaro 1, Sektor 1, Jakarta Selatan. Saruga merupakan toko grosir yang bertujuan mendorong pelanggan untuk mengurangi penggunaan plastik.

Toko Saruga Package tidak menggunakan plastik untuk mengemas produk yang dibeli pelanggan, sehingga pelanggan bisa menggunaan kantong belanja ramah lingkungan yang dapat dibeli di toko.  Toko Saruga buka setiap hari mulai puku 09.0 WIB hingga 17.00 WIB selama pandemi. 

 

3. Zero Waste Indonesia (ZWID)

 

 Zero Waste Indonesia (ZWID) merupakan sebuah komunitas berbasis online d Indonesia.  Komunitas ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya hidup nol sampah.

Sebagian besar produk  ZWID merupakan hasil produksi bisnis rumahan di daerah-daerah di Indonesia. Komunitas online sekaligus marketplace online ini dapat diakses melalui zerowaste.id. Meskipun ZWID merupakan marketplace online, toko hanya buka pada hari Senin hingga Jumat.

 

 4. Kecipir, Toko Online Zero Waste

 

Bantuan Kecipir.com

Kamu bisa belanja online zero waste di aplikasi/website Kecipir, semua produk terjamin segar.

 

Kecipir adalah toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok dan rumah tangga. Semua produk Kecipir berkualitas sehat dan organik. 

Kecipir tidak hanya sekedar toko zero waste online, Kecipir berupaya mewujudkan produksi, distribusi, dan konsumsi pertanian lebih berkeadilan dan ramah lingkungan dengan pertanian organik.

Produk yang tersedia di Kecipir sangat beragam seperti ayuran, buah, bumbu dan herbal, ikan, telur, ayam, hingga beras.  Harga produk yang tersedia di Kecipir pun sangat murah. Mulai Rp3.000-an kamu sudah bisa mendapatkan 200 gram sayur organik.

 

tim kecipir.com sedang mengemas produk dalam kantong belanja pakai ulang

Pengemasan produk Kecipir dengan konsep minim sampah, kantong belanjanya bisa dipakai ulang.

 

Pengemasan produk dilakukan dengan mengusung konsep zero waste, mulai dari proses budidaya hingga produk sampai di tangan konsumen. 

Belanja di Kecipir sangat mudah, kamu tidak perlu repot keluar rumah. Cukup kunjungi website www.kecipir.com atau download aplikasi Kecipir di android/iOS.   

Tersedia pilihan pengiriman H+1 dan kamu bisa mendapatkan diskon s/d 10% jika belanja pada H-2 pengiriman.

Ayo belanja sekarang!

 

cashback belanja sayur online 40 ribu

 

belanja sayur online murah

 

 

Total Page Visits: 827 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah