IMG-LOGO
Pertanian Organik dan Zero Waste

PSBB Lagi? Ini Manfaat Berkebun yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

30 September 2020

“Melihat tanaman itu bikin damai”.
“Sejak berkebun saya jadi nggak cepet marah”.

Pernyataan diatas berasal dari dua anak muda yang memilih berkebun sebagai aktivitas rutin.  Merawat kebun disela-sela pekerjaan utama mereka.

Sejak berkebun mereka mengakui lebih bisa mengendalikan emosi.  Berkebun juga bisa menjadi pengusir rasa penat dan pusing karena urusan kantor.

Hanya dengan lahan 6 meter persegi, mereka bisa menanam aneka tanaman.  Ada sawi, okra, seledri, terong,  markisa, pepaya, nanas, cabai, dan ubi jalar.

Selain mengonsumsi hasil kebun sendiri, kamu bisa memenuhi kebutuhan pangan sehat melalui Kecipir.

Kami menyediakan aneka bahan pangan lengkap seperti beras, sayur, buah, lauk pauk (hewani dan nabati), bumbu, herbal, personal care, produk artisan, hingga plant based meal.  Cek katalog lengkap kami disini.

Manfaat Berkebun Untuk Kesehatan Mental

manfaat berkebun

Menanam membuat kita memahami perjalanan seikat sayur hingga sampai ke tangan kita

Berkebun merupakan kesempatan untuk berinteraksi dengan alam.  Terutama bagi warga perkotaan.  Berkebun adalah aktivitas yang sangat direkomendasikan saat PSBB, seperti sekarang ini.

Menurut Carly Wood, seorang pengajar ilmu nutrisi dan olahraga di Universitas Westminster, manfaat berkebun tidak hanya kita rasakan dari sisi kesehatan fisik saja, tetapi juga kondisi mental.

Berkebun akan membuat kita semakin bahagia.  Hal ini dibuktikan oleh Agnes E van den Berg dkk dalam studi yang berjudul “Allotment Gardening and Health: A Comparative Survey Among Allotment Gardeners and Their Neighbors Without an Allotment”.

Hasilnya, mayoritas responden yang aktif berkebun ternyata merasa lebih bahagia (91%).  Stres mereka berkurang (86%) dan merasa lebih sehat (84%) setelah mengunjungi kebun.

Mereka mengukur kadar kebahagiaan para responden dengan 4 faktor yaitu  stres, kepuasan hidup, kesepian, dan kontak sosial dengan lingkungannya.  Manfaat berkebun dalam meningkatkan kebahagiaan terbukti pada semua responden, baik itu usia lansia maupun produktif.

manfaat berkebun

Berhasil memanen tanaman dari kebun sendiri terasa sangat menyenangkan

Selain itu, hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa manfaat berkebun sangat positif bagi kesehatan.  Disebutkan bahwa berkebun dapat mengurangi depresi dan gangguan kecemasan, memperbaiki suasana hati, meningkatkan massa tubuh dan kualitas hidup.

Sedangkan menurut penulis buku psikologi bestseller, Sarah Rayner, berkebun dapat melatih rasa tanggung jawab kita.  Berkebun membuat kita fokus pada kegiatan yang menyenangkan hati.  Sehingga bisa mengurangi depresi.

Rasa bahagia yang kita rasakan juga dipicu dari produksi hormon serotonin dan dopamine.  Kedua hormon ini dihasilkan saat tubuh kita bergerak merawat tanaman.

Jadi, tunggu apalagi, ayo mulai berkebun bersama Kecipir!  Kita akan mempraktikkan bagaimana konsep kebun organik di rumah.  Meski di lahan sempit kamu bisa menyulapnya menjadi kebun  yang produktif.

Bingung ingin mulai menanam dari mana?  Kamu bisa memulainya dengan menanam aneka benih yang telah Kecipir sediakan di kategori Benih Murni.  Ada lebih dari 30 jenis benih tersedia untuk para pekebun pemula.

Selamat mencoba!

 

Note: Jika mengalami kendala saat proses penanaman, kamu bisa melakukan konsultasi dengan cara mengirimkan pesan ke akun Instagram @kecipir.

 

Baca juga:

“5 Alasan Mengapa Kita harus Mengonsumsi Produk Organik”

“Usir 7 Jenis Hama dengan Perangkap Lalat Buah, Yellow Sticky Trap”

Total Page Visits: 181 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah