IMG-LOGO
Tips & Trik

10 Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil

20 May 2022

kecipir.com

Daun katuk umumnya dikenal sangat baik untuk melancarkan ASI. Padahal ada banyak loh kandungan lainnya yang ternyata bagus untuk ibu hamil.

Setidaknya ada 10 manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang akan kita ulas. Sebelum membahasnya lebih lanjut, Moms perlu mengetahui bahwa daun yang satu ini bisa dikonsumsi segar dalam bentuk olahan sayur atau dalam bentuk ekstrak daun katuk.

 

Daftar 10 Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil

 

daun katuk organik

Kecipir menjual daun katuk organik yang diikat dengan tali bambu.

 

1. Mengatasi Anemia

Zat besi yang terkandung di dalam daun katuk sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh ibu hamil. Oksigen yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan kekurangan darah atau anemia.

Anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan kehilangan kesadaran yang dapat membahayakan kandungannya.

 

2. Meningkatkan Hormon

Hormon dalam tubuh ibu hamil berguna sebagai salah satu faktor penyebab tumbuh kembang janin meningkat. Selain itu, peningkatan hormon dalam tubuh ibu hamil juga dapat memudahkan saat proses persalinan.

Untuk meningkatkan hormon, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi daun katuk sebagai salah satu daun yang bermanfaat sebagai peningkat hormon.

 

daun katuk organik

Pucuk daun katuk adalah bagian daun yang paling lezat.

 

3. Menurunkan Risiko Pendarahan

Pendarahan pada proses melahirkan dapat menyebabkan gangguan, bahkan kematian. Konsumsi daun katuk untuk ibu hamil yang kaya akan zat besi dapat mencegah terjadinya pendarahan berlebihan saat bersalin.

 

4. Menyempurnakan Pembentukan Plasenta

Plasenta merupakan salah satu organ yang berfungsi dalam transfer sari pati makanan yang dikonsumsi ibu kepada bayi. Dengan pembentukan plasenta yang maksimal, bayi dapat berkembang dengan baik karena menerima dengan baik nutrisi dari makanan yang ibu konsumsi.

Salah satu manfaat daun katuk adalah memaksimalkan pembentukan plasenta, sehingga bayi dapat menerima asupan nutrisi dengan lancar.

 

manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Tak hanya daun muda, bagian daun yang sudah tua juga bisa dikonsumsi.

 

5. Membuat Tekanan Darah Lebih Stabil

Kekurangan zat kalsium pada ibu hamil dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik dan tidak terkontrol. Untuk itu, mengonsumsi daun katuk yang kaya kalsium akan dapat mengatasi tekanan darah tinggi dan tekanan darah bisa lebih stabil.

 

6. Menambah Energi

Sering kali wanita hamil akan mudah lemas dan lesu karena energi yang terkuras habis. Akibatnya, wanita hamil menjadi malas mengerjakan apa pun. Untuk menghindarinya, wanita hamil bisa mengonsumsi daun katuk untuk mengembalikan energi dengan zat besi yang ada di dalamnya.

 

manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Sayur bening daun katuk bisa ditambah dengan seafood agar lebih bernutrisi.

 

7. Menguatkan Tulang

Kandungan yang semakin membesar sangat rentan terhadap tulang ibu hamil. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk menguatkan tulang ibu hamil agar bisa bertahan adalah dengan mengonsumsi daun katuk yang kaya kalsium.

Selain tulang ibu hamil, konsumsi kalsium juga dapat menguatkan tulang pada janin.

 

8. Menyehatkan Mata

Vitamin A dalam daun katuk juga sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mata dan menghindari rabun pada ibu hamil. Kesehatan mata pada ibu hamil perlu diperhatikan agar persalinan bisa berjalan dengan lancar serta menghindari gangguan kehamilan lainnya yang bisa saja terjadi.

 

manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Sebagai variasi, Moms bisa membuat keripik daun katuk.

 

9. Mencegah Flu

Flu memang rentan terjadi pada ibu hamil, bahkan ada juga yang mengalami flu berat. Flu ini bisa dihindari dengan mengonsumsi daun katuk yang kaya kandungan efedrin secara rutin.

 

10. Mengeluarkan Toksin dalam Tubuh

Klorofil dalam daun katuk berfungsi untuk membersihkan jaringan tubuh dari racun. Dengan begitu, ibu hamil akan lebih terhindar dari virus dan bakteri selama masa kehamilan.

 

Gimana Moms, banyak banget kan manfaat daun katuk untuk Moms yang sedang hamil? So wajib banget buat masukin sayuran ini ke dalam menu makan sehari-hari!

Moms yang ingin mendapatkan daun katuk segar berkualitas organik? Ayo order di aplikasi Kecipir yang bisa diunduh di Appstore/Playstore, bisa juga order di link ini ya Moms!

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 1130 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah