IMG-LOGO
Tips & Trik

Jangan Dibuang, Batang Brokoli Organik Justru Kaya Nutrisi

1 February 2021

kecipir.com

Brokoli  adalah sayur yang digolongkan dalam keluarga kubis-kubisan.  Selain kepala bunganya, batang brokoli organik juga bisa diolah menjadi makanan yang sehat dan lezat.

Meski berwarna hijau, brokoli yang biasa kita konsumsi adalah bagian bunga tanaman. Karenanya brokoli perlu waktu tanam yang lebih lama dibanding sayuran daun.

 

Rasa & Manfaat Batang Brokoli Organik

 

batang brokoli organik

Brokoli mentah memiliki rasa seperti wortel mentah, manis dan renyah.

 

Dibandingkan dengan sayuran lain seperti wortel, kubis, dan bayam, brokoli memiliki kandungan vitamin C dan serat yang lebih tinggi, yaitu sebesar 89,2 mg dan 2,6 mg.

Kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam brokoli adalah zat besi, magnesium, kalium, kalsium sulforafan, sianohidroksibutena, kuersetin, iberin, dan kaempferol.  Kandungan nutrisi ini yang dapat merangsang pembentukan glutation (antioksidan).

 Lantas bagaimana dengan batang brokoli?

Kandungan pada batang brokoli kurang lebih sama dengan brokoli secara keseluruhan.  Batang brokoli organik mengandung vitamin C, serat, zat besi, vitamin A, antioksidan, kromium, carotenoid lutein, dan mineral lainnya.

 

batang brokoli organik

Selain rasanya yang lezat, batang brokoli juga kaya nutrisi.

 

Kandungan nutrisi pada batang brokoli memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  •  Mencegah kanker: komponen bioaktif yang berfungsi sebagai anti kanker adalah glukosinolat dan antioksidan.
  • Menangkal radikal bebas: batang brokoli mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi dan mampu menangkal radikal bebas hingga 94%.
  • Menjaga kesehatan mata: batang brokoli mengandung vitamin A yang menjaga mata agar tetap sehat
  • Mengontrol diabetes: kandungan kromium pada batang brokoli mampu mengatur kadar insulin pada tubuh sehingga bisa mengontrol diabetes
  • Mengobati stroke dan penyakit jantung: batang brokoli mengandung carotenoid letein yang dapat mencegah penebalan arteri, mengurangi stroke serta penyakit jantung.

 

Lima manfaat diatas bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi brokoli sekaligus batangnya. Sayang banget kan kalau batang brokoli dibuang?

Brokoli organik adalah pilihan terbaik jika kamu ingin makan sehat secara optimal. Mengapa harus organik? Sebab sayuran organik dibudidayakan tanpa menggunakan pestisida.  Ayo pesan brokoli organik disini

 

kecipir.com

 

Cara Mengolah Batang Brokoli

 

Selain dicemil mentah, brokoli bisa dimasak dan dimakan dalam bentuk olahan.  Jika ingin dikonsumsi mentah, kamu bisa menyajikannya dalam bentuk camilan, jus, atau salad.

Cara membuat camilan batang brokoli yaitu belah memanjang batang brokoli jadi 2 – 4 bagian.  Lalu bisa langsung dikonsumsi.

 

batang brokoli organik

Batang brokoli yang telah dipotong-potong

 

Rasa batang brokoli tidak terlalu kuat seperti kepala bunganya.  Saat ditambahkan ke dalam jus dijamin justru akan menambah kesegaran jus tersebut.

Demikian juga jika ditambahkan pada salad sayuran, dijamin jadi makin enak!

Jika diolah menjadi masakan, kamu bisa membuat tumisan, sup, kaldu, dan acar dari batang brokoli ini.  Meskipun tekstur batang brokoli sedikit keras, kamu bisa mengolahnya memotong hingga menjadi bagian-bagian kecil.

 

Asal Brokoli Organik Kecipir

 

lomba masak

 

Brokoli organik yang dihasilkan petani kecipir menggunakan metode pertanian alami secara organik tanpa pupuk pestisida dan bahan kimia lainnya.

Petani Kecipir tersebar di Kabupaten Bogor dan Cianjur, Jawa Barat. Brokoli organik Kecipir tumbuh di area kaki Gunung Salak dan  Gunung Gede Pangrango. Sumber air pada area tersebut masih alami dan sangat baik untuk tanaman brokoli.

Budidaya brokoli organik memerlukan sekitar tiga bulan sejak ditanam hingga panen.   Meski demikian tidak perlu khawatir, di Kecipir kamu bisa mendapatkan brokoli organik setiap hari.  Cek brokoli organik disini.

 

bisnis hijau kecipir

 

Kecipir berkomitmen untuk memberikan produk sayuran organik yang segar, sehat dan harganya murah. Dengan membeli sayuran organik yang dihasilkan oleh petani lokal, maka kami telah turut andil dalam memajukan pertanian Indonesia.

Kecipir merupakan social enterprise yang berkomitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan.  Karenanya, kami melakukan proses pengemasan dan pengiriman produk dengan prinsip less waste.

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 7452 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah