IMG-LOGO
Tips & Trik

Jangan Menyerah! Ini Dia 6 Cara Jitu Agar Anak Mau Makan Sayur 

17 November 2022

banner promo kecipir

Sudah masak sayuran tapi tidak pernah disentuh oleh Si Kecil? Jangan menyerah dulu, Moms. Membuat Si Kecil tertarik pada sayuran tidaklah sulit, tetapi memang membutuhkan beberapa cara tertentu.

Setiap orangtua pasti ingin asupan gizi dari sang buah hati terpenuhi. Gizi yang seimbang sangat diperlukan dalam pertumbuhan anak, agar tubuhnya  tumbuh  secara  wajar, kuat,  dan  sehat. Beberapa sumber gizi tersebut terkandung di dalam sayuran.

Sayuran mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, dan serat. Terpenuhinya kebutuhan nutrisi ini juga dapat membuat anak tidak mudah terkena penyakit.

Kendati demikian, pada kenyataannya tidak semua anak menyukai sayur. Hal ini dapat membuat anak kekurangan gizi, mengalami gangguan pencernaan, hingga berisiko terkena penyakit kronis (Fitria, 2018). 

Tapi tenang Moms, jika ingin Si Kecil suka makan sayur, bisa banget nih terapin beberapa trik di bawah ini.

 

1. Jadikan Kebiasaan

 

 

Moms harus menjadikan makan sayur sebagai kebiasaan Si Kecil. Dengan cara apa? Caranya bisa dengan memastikan adanya sayuran di setiap menu makanannya. 

Tetapi jika seperti itu, anak akan cepat bosan bukan. Nah, agar tidak cepat bosan, sajikan jenis sayur atau mengolah dengan cara yang berbeda dan menarik setiap harinya. 

Jadikan juga sayuran sebagai menu camilan anak agar mereka lebih terbiasa. Beberapa ide camilan yang bisa Moms coba yaitu salad, sajikan sayuran dengan bahan lain seperti saus cocol, yogurt, atau keju, dan sayuran-sayuran yang siap makan seperti wortel, timun, atau tomat cherry. 

 

2. Menjadi Role Model

Sulit untuk memotivasi Si Kecil makan sayur bila orangtua atau orang di sekitarnya sendiri tidak suka makan sayur. Oleh karena itu, Moms dan keluarga di rumah juga harus memberi contoh. Sebab pada dasarnya anak suka mencontoh orang-orang di sekitarnya. 

Biasakan untuk mengonsumsi sayuran serta tidak memilih-milih makanan, terlebih saat makan bersama Si Kecil.

 

3. Ajak Anak untuk Terlibat

 

 

Melibatkan anak dalam memilih dan memasak sayuran juga metode yang bisa dicoba nih agar Si Kecil tertarik untuk makan sayur.  Moms bisa mengajak Si Kecil saat belanja dan biarkan ia eksplorasi serta memilih sayuran yang ingin dikonsumsi. 

Setelah itu, ajak anak untuk membersihkan, memotong, memasak hingga menyajikan sayuran yang sudah siap untuk disantap. Atau juga bisa mengajak anak untuk bercocok tanam sayuran di rumah. Selain menjadi aktivitas bersama keluarga, hal ini juga jadi cara memperkenalkan sayur yang menyenangkan bagi si Kecil.

 

4. Berkreasi dengan Sayuran 

 

 

Agar anak mau makan sayur, bisa banget Moms “menyamarkan” sayuran ke menu-menu makanan favorit Si Kecil. Misalnya, Moms bisa memasukkan sayur yang dihaluskan atau diparut ke dalam saus pasta. 

Dengan begitu, Si Kecil tidak akan tahu kalau dalam makanannya terdapat sayuran. Atau Moms juga bisa mecoba membuat resep sayuran yang “Kids Friendly” seperti pada buku ini 

Meski demikian, penting juga untuk mengenalkan anak terhadap sayuran dengan bentuk yang sebenarnya. Agar mereka familiar dan dapat belajar bagaimana rasa serta tekstur dari macam-macam sayuran.

 

5. Sajikan Sayuran dengan Menarik

Jika sayuran di dalam piring Si Kecil tidak disentuh sama sekali, Moms bisa coba dengan menyajikan sayuran secara menarik. Misalnya, dipotong dengan berbagai bentuk yang lucu, membuat karakter dengan sayuran, atau mengkombinasikan dengan makanan lain. Dengan cara ini Si Kecil mungkin akan lebih tertarik dan semangat untuk mengonsumsi sayuran.

 

6. Beri Pujian untuk Si Kecil

 

 

Beri anak pujian ketika berhasil makan sayur, karena dengan begitu akan memotivasinya. Namun, hindari terlalu sering memberikan hadiah bila Si Kecil makan sayur. Misalnya, menghadiahkan es krim ketika anak berhasil memakan brokoli. 

Jika hal tersebut sering dilakukan, ini akan membuat anak lebih tertarik pada camilan tersebut daripada makanan sehat. Selain itu, jangan paksa atau menghukum Si Kecil bila tidak mau atau menghabiskan sayur yang diberikan. 

Hal itu hanya akan membuat anak trauma dan tambah membenci sayuran. Jadi Moms memang harus ekstra sabar nih, saat mengenalkan sayuran ke Si Kecil.

 

7. Sajikan dalam Bentuk Jus

 

 

Jika segala cara sudah dilakukan namun hasilnya tetap nihil, Moms bisa menggunakan cara ini sebagai alternatifnya. Sebab pada dasarnya anak-anak menyukai jus dan smoothies

Moms bisa membuat jus kombinasi dari sayur dan buah agar rasanya lebih menggugah selera bagi Si Kecil. Untuk macam-macam kombinasi jus buah dan sayur buat Si Kecil bisa cek di sini 

Namun, dalam membuat jus ini ada beberapa hal yang Moms perlu perhatikan, yaitu:

  • Berikan jus yang berasal dari 100% buah serta sayuran asli dan segar. Jangan berikan jus olahan, karena biasanya mengandung gula yang tinggi.
  • Memberikan dalam porsi yang sesuai dengan usia Si Kecil.
  • Lebih baik tidak menambahkan gula ke dalam jus. Caranya agar tetap manis adalah dengan menggunakan atau mencampurkan dengan buah yang manis.
  • Menggunakan blender, karena tidak akan menghilangkan serat yang ada di dalam buah dan sayuran.
  • Berikan hanya saat makan dan jangan berikan jus sebelum tidur.

Nah itu dia, 7 cara jitu agar Si Kecil mau makan sayur. Pastikan dilakukan dengan konsisten dan sabar ya Moms. 

Untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah Si Kecil, Moms bisa order di aplikasi Kecipir. Sayuran organik tentu lebih sehat dan aman karena bebas dari cemaran pestisida. 

Yuk download aplikasi Kecipir dan order sekarang. Ada Cashback Rp40.000 untuk belanja perdanamu!

 

banner promo kecipir

 

Total Page Visits: 216 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah