IMG-LOGO
Tips & Trik

Makan Enak Bisa Jadi Skincare Alami? Bisa Banget!

20 October 2022

kecipir.com

Semua orang tentu saja sangat memperhatikan kulit yang sehat atau biasa dikenal sebagai skinvestment sejak dini. Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam tubuh juga penting loh. Kamu bisa mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Banyak orang tersadar, semakin bertambahnya usia maka investasi kulit sangat dibutuhkan. Apalagi jika dilihat faktor yang berpengaruh seperti gaya hidup, aktivitas, pola makan, dan faktor lingkungan. Kondisi kulit bisa berubah dengan sendirinya jika kita tidak merawatnya dengan baik.

Ketika kita masuk pada usia 17 sampai 26 tahun, kondisi kulit kita masih tetap sehat. Masa pada usia tersebut dinamakan sebagai masa pencegahan yang dimana investasi kulit bagus untuk dilakukan sejak dini.

Penelitian Inakawa et al. (1994) mengatakan bahwa ketebalan dan elastisitas kulit manusia akan menurun seiring bertambahnya usia dan bagian kulit yang terkena paparan sinar matahari, sehingga  investasi kulit sangat diperlukan sejak usia remaja.

 

6 Daftar Makanan untuk Skinvestment-mu

 

 

Semua orang tentu saja menginginkan kulit yang segar, sehat, dan terbebas dari masalah. Kondisi tersebut bisa tercapai jika kita menggunakan skincare secara rutin. Selain itu, pola makan juga perlu diperhatikan. “

Cara terbaik untuk merawat kulit adalah mengikuti pola makan sehat, terdapat fakta bahwa makanan sehat dapat berperan dalam produksi kolagen, penyediaan antioksidan yang baik dan membantu melawan penuaan dini,” kata dokter kulit Farah Moustafa, MD.

Asupan gizi dan nutrisi makanan yang tercukupi akan sangat berpengaruh, karena siapa sangka pola makan yang baik juga bisa membuat kulitmu sehat dan glowing loh. Yuk simak daftar makanan yang wajib dikonsumsi secara rutin:

 

1. Brokoli

 

 

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang cocok untuk kesehatan kulit. Brokoli memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kulit kamu agar tetap lembab. Selain itu juga dapat memperbaiki permasalahan kulit kamu akibat sering terpapar sinar matahari. 

Kandungan vitamin C yang ada dalam brokoli membuat tone kulit lebih cerah, dan melindungi kulit kamu dari radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kulit keriput, hal ini diperkuat dengan penelitian Raposo et al. (2017). Bahwa Brokoli mengandung vitamin C dan sifat antioksidan yang memiliki efek menguntungkan bagi kulit

Konsumsi makanan sehat juga memiliki porsi yang telah dianjurkan. WHO menyarankan bahwa konsumsi sayur sangat penting setiap harinya dengan porsi 400 hingga 600 gram perhari atau setara dengan 5 porsi sayur.

 

2. Ikan

 

 

Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak yang memiliki peran penting untuk kesehatan kulit. Omega-3 dapat menjaga kulit kamu tetap lembab dan sehat, membantu memperlambat kerutan yang ada pada kulit, mengurangi tumbuhnya jerawat, mengurangi peradangan, dan produksi kolagen yang baik akan meningkat untuk kesehatan kulit. 

Beberapa asam lemak omega-3 bisa kamu dapatkan seperti ikan tongkol, tuna, dan ikan kembung. Selain mudah diolah, ikan-ikan lokal juga mudah didapatkan dan harga lebih ekonomis. Kamu bisa order melalui aplikasi Kecipir. 

 

3. Bayam

 

 

Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin K yang dapat menghambat penuaan kulit, mengurangi lingkaran hitam kantung mata, dan dapat mencerahkan kulit. Kandungan air yang terdapat didalam sayuran bayam juga sangat baik untuk hidrasi kulit. Nuramadani dan Susanti (2021) dalam penelitiannya menjelaskan bahwa nutrisi, kalsium, zat besi, dan vitamin yang terkandung pada bayam seperti vitamin A dan C memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh seperti kesehatan kulit, mata, dan sistem pencernaan. 

Moms harus bisa memilih sayur yang masih segar dan baik kualitasnya. Hal ini dikarenakan banyak sayuran yang dijual dalam kondisi tidak segar karena penyimpanan berhari-hari. Sebaiknya cari penjual yang menawarkan kualitas terjaga dan harga bersahabat.

 

4. Alpukat

 

 

Lemak sehat yang terkandung dalam alpukat, sangat cocok untuk digabungkan kedalan diet mu yang akan memberikan elastisitas kulit mu. Beragam nutrisi dan juga vitamin yang terkandung didalam buah Alpukat seperti vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E. Penelitian Leny et al. (2021). mengungkapkan kandungan buah alpukat juga dapat melindungi kulit mu dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif, perawatan kulit, dan meningkatkan kelembaban kulit.

Satu buah alpukat memiliki kandungan 240 kalori. Moms bisa mengkonsumsi buah alpukat sebanyak 1-2 buah dengan pembagian waktu sebanyak 3 waktu makan. 

 

5. Tomat

 

 

Tomat adalah salah satu buah yang kaya akan sumber vitamin C dan likopen. Keduanya sangat berperan penting dalam pembentukan kolagen dan dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Buah ini juga dapat menyamarkan kerutan pada kulit wajah.

Berbagai sumber mengatakan bahwa kandungan air untuk 1 buah tomat berkisar 95%, sedangkan 5% ialah karbohidrat dan serat. Satu tomat dengan ukuran sedang atau setara dengan 22 kalori baik untuk dikonsumsi secara langsung ataupun dalam bentuk jus setiap hari untuk memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

 

6. Telur

 

 

Telur baik untuk dikonsumsi, karena telur sebagai sumber protein hewani yang dapat membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin. Keduanya memiliki peran untuk menjaga kelembutan kulit, mengancangkan kulit, dan meminimalisir penuaan dini.

Moms bisa mengkonsumsi telur sewajarnya yaitu satu butir perhari. Salah satu studi juga mengatakan bahwa konsumsi tiga butir telur masih terbilang aman untuk orang yang tidak memiliki kolesterol tinggi.

 

Itulah berbagai bahan makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga kulit tetap sehat. Kulit yang sehat tentu saja dapat menunjang penampilan dan menjaga investasi kulit sejak dini. 

Jika Moms tertarik dengan begitu banyak manfaat makanan sehat, Kecipir menghadirkan beragam produk yang Moms butuhkan dan bisa membantu Moms untuk menunjang pola hidup sehat dan memulai skinvestment! Cek di sini sekarang.

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 194 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah