IMG-LOGO
Product

Manfaat & Cara Membuat Cincau Hijau Organik

22 February 2022

kecipir.com

Siapa suka cincau hijau? Kabar baik buat kamu penyuka minuman sehat ini. Sebab manfaat cincau hijau tak hanya untuk diet, tapi juga bisa mencegah kanker.

Cincau hijau (jelly grass) dikenal sebagai sumber minuman segar yang kaya nutrisi. Dalam 100 gram cincau hijau terkandung 51 kalori; 2,09 g protein; 1,59 g lemak; dan 7,67 g karbohidrat. 

Cincau juga mengandung vitamin A, B, dan C serta mineral seperti kalsium, fosfor, & hidrat arang. Ada juga serat kasar, yang membuat minuman ini digemari oleh pelaku gaya hidup sehat. 

Cincau sering dikonsumsi sebagai dessert atau minuman penyegar oleh penduduk Asia, seperti Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan juga Indonesia.

Nah Moms, sebaiknya Moms pilih cincau hijau organik seperti ini. Sebab gak perlu was-was lagi perihal kandungan pestisida pada daunnya yang bisa memicu penyakit.

Yuk simak ragam manfaat cincau hijau organik sekaligus cara membuatnya!

 

Manfaat Cincau Hijau untuk Kesehatan

 

manfaat cincau hijau

 

1. Meredakan sakit tenggorokan dan demam

Perubahan cuaca yang tidak menentu bisa memicu sakit tenggorokan hingga demam. Nah manfaat cincau hijau ternyata bisa mengatasi keduanya.

Manfaat tersebut didapat dari kandungan vitamin, kalsium, dan fosfor dari cincau hijau. Tak heran jika umat Islam di wilayah Asia Pasifik kerap menggunakan jelly alami ini untuk makan sahur untuk menjaga kesehatan di kala puasa.

 

2. Menyehatkan saluran cerna

Daun cincau diketahui mengandung senyawa alkaloid dan vitamin B dan C dalam jumlah besar. Kombinasi keduanya dapat mencegah serangan diare.

Selain itu, kandungan seratnya yang cukup besar (40%) berfungsi membersihkan saluran cerna. Duo combo kan Moms, cincau hijau tak hanya atasi dare tapi juga mampu cegah sembelit.

 

3. Menurunkan berat badan

Minuman yang kerap dikonsumsi saat cuaca panas ini tak hanya menyegarkan, tapi juga mengenyangkan. Hal ini karena kandungan seratnya yang tinggi.

Jika diminum menggunakan gula dengan prosi gula yang wajar, cincau hijau sangat rendah kalori. Tak heran jika para pejuang diet memasukkannya ke dalam menu utama. 

 

 

4. Menangkal radikal bebas

Hidup di perkotaan mau tidak mau kita memang selalu terpapar polusi ya Moms. Tak heran jika kita berusaha mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan.

Nah, si cincau ini mengandung flavonoid, terpenoid, fenolik, dan tanin yang bisa menjadi antioksidan alami. Gak cuma biar awet muda, antioksidan juga bisa mencegah penyakit serius seperti serangan jantung dan kanker.

 

5. Bantu atasi diabetes dan hipertensi

Cincau yang berwarna hijau pekat mengandung banyak senyawa klorofil dan bisbenzilsokuinolin. Kedua senyawa tersebut mampu meregulasi kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes.

Kandungan cincau juga membantu kinerja insulin lebih optimal. Karenanya cincau hijau juga bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tapi perhatikan jumlah gulanya ya Moms.

Dalam jurnal kesehatan ini juga terbukti bahwa sari cincau hijau dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diatolik pada pasien hipertensi. Wah, cincau ternyata bisa jadi obat yang rasanya enak ya Moms.

 

Cara Membuat Cincau Hijau

 

manfaat cincau hijau

 

Membuat cincau sebenarnya sangat mudah, tapi perlu kesabaran yang lebih panjang. Berikut cara membuatnya:

  1. Cuci bersih daun cincau hijau organik
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu gunakan untuk merendam daun cincau hingga layu
  3. Buang air rendaman, tuang dengan air matang lalu remas-remas daunnya
  4. Lakukan peremasan di dalam air agar tidak muncul buih
  5. Saring air sari cincau lalu diamkan selama 3-4 jam atau sampai mengeras seperti jelly
  6. Cincau siap dikonsumsi atau diolah menjadi minuman penyegar

Jika Moms tidak ingin repot membuatnya sendiri, order saja di aplikasi/website Kecipir.com. Paket minuman cincau hijau organik lengkap dengan gula aren & santan hanya Rp20.000/liter (4 porsi).

Dijamin bakalan nagih karena rasanya yang super segar plus lebih sehat. Yuk order disini ya Moms!

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 2263 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah