IMG-LOGO
Tips & Trik

Manfaat & Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut

15 June 2022

kecipir.com

Minyak kelapa yang sering kita jumpai sebagai pengganti minyak goreng ternyata bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut loh Moms!

Kandungan asam laurat yang cukup tinggi membuat minyak kelapa mampu melembutkan kulit dan rambut. Karenanya, minyak kelapa bisa digunakan untuk memperbaiki rambut kering dan rusak.

Agar lebih jelas apa saja manfaat dan bagaimana cara menggunakan minyak kelapa, yuk simak artikel ini!

 

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

 

rambut rusak bisa diperbaiki dengan minyak kelapa

 

1. Memperbaiki rambut rusak

Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa terbukti sangat bagus untuk mencegah kerusakan rambut akibat kehilangan protein. Kandungan asam yang dimilikinya membuat minyak kelapa menjadi mudah terserap oleh batang rambut sehingga dapat mengatasi kerusakan yang terjadi. 

 

2. Mengurangi risiko tumbuhnya rambut bercabang

Rambut yang kering dan bercabang merupakan tanda bahwa rambut mengalami kerusakan. Salah satu cara untuk menghilangkan rambut bercabang adalah dengan memotong ujung rambut secara berkala.

Selain itu,  Moms juga bisa menggunakan minyak kelapa secara rutin. Kandungan asam yang dimiliki minyak kelapa membuatnya mudah untuk diserap oleh batang rambut dan mengisi struktur rambut yang rusak. 

 

3. Menjadikan rambut lebih berseri

Jika ingin tampilan rambut yang berkilau, Moms bisa menggunakan hair oil sebagai perawatan rambut. Salah satu minyak yang bisa dan bagus untuk digunakan pada rambut adalah minyak kelapa.

 

4. Memperbaiki rambut dari paparan sinar UV

Paparan sinar matahari secara terus menerus pada rambut dapat membuat struktur (keratin) rambut rusak. Akibatnya rambut menjadi kering, kasar, dan sulit diatur.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Moms dapat menggunakan minyak kelapa. Kandungan asam lemak pada minyak kelapa sangat berpengaruh terhadap protein keratin pada rambut. 

 

5. Mengatasi Permasalahan Kutu Rambut

Keberadaan kutu rambut membuat kepala menjadi terasa gatal dan mengganggu. Untuk menghilangkan rasa gatal tersebut kutu rambut perlu dibasmi hingga telurnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membasmi adalah menggunakan minyak kelapa. 

 

Sejak zaman dahulu minyak kelapa sudah banyak digunakan untuk merawat rambut. Setelah diteliti lebih dalam ternyata kandungan asam laurat dalam minyak kelapa bisa membantu mengurangi infeksi jamur dan bakteri. 

Untuk mengobati infeksi tersebut, Moms bisa membuat ramuan minyak kelapa yang dicampur  ekstrak sereh dengan perbandingan 80 : 20

 

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut

 

perawatan rambut dengan minyak kelapa

 

1. Sebagai minyak rambut 

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai minyak rambut untuk mengatasi rambut yang susah diatur atau kusut.

Caranya, teteskan secukupnya minyak kelapa pada batang rambut yang masih basah secara merata. Biarkan hingga minyak kelapa menyerap ke batang rambut  kemudian Moms dapat menata rambut seperti biasa. 

 

2. Sebagai kondisioner

Penggunaan minyak kelapa sebagai kondisioner juga bisa membantu mengurangi rambut bercabang dan menguatkan rambut.

Cara mengaplikasikannya dengan meneteskan minyak kelapa pada kondisioner yang akan digunakan, lalu aplikasikan ke batang rambut. Ketika membilas pastikan semua minyak telah terbilas dari batang rambut.  

 

3. Sebagai pelindung sebelum hair styling

Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai pelindung rambut dari kerusakan yang bisa ditimbulkan dari panasnya alat styling.

Caranya, teteskan minyak kelapa secukupnya ke telapak tangan, kemudian ratakan di telapak tangan. Oleskan minyak pada batang hingga ujung rambut secara merata kemudian rambut siap di styling.

 

4. Minyak kelapa sebagai masker rambut

Menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut bisa dilakukan seminggu sekali untuk mendapatkan rambut yang berkilau dan terawat.

Cara mengaplikasikannya mudah yaitu: siapkan 2 sdm minyak kelapa lalu aplikasikan secara merata dari akar rambut hingga ujung batang rambut dengan memijat kulit kepala.

Setelah rata, kuncir rambut dan bungkus menggunakan penutup kepala atau handuk selama beberapa jam. Setelah itu keramas hingga bersih agar rambut tidak menjadi lepek. 

 

Tips dalam Menggunakan Minyak Kelapa

 

minyak kelapa untuk rambut

 

  1. Pastikan minyak kepala yg digunakan adalah minyak kelapa asli ‘pure coconut oil’ atau virgin coconut oil
  2. Pastikan rambut dalam keadaan bersih sebelum diaplikasikan minyak kelapa
  3. Aplikasikan minyak kelapa secukupnya pada batang rambut dan kulit kepala
  4. Jangan mendiamkan minyak kelapa terlalu lama pada kulit kepala
  5. Tidak dianjurkan untuk menggunakan setiap hari karena dapat menyumbat pori-pori
  6. Hati-hati dalam mengaplikasikan karena bisa menyebabkan rambut menjadi kusut

 

Gimana Moms sekarang sudah tau kan manfaat dan cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut yang benar?

Ternyata minyak kelapa memiliki banyak manfaat dan cara mengaplikasikannya juga mudah. Agar hasilnya maksimal, gunakan minyak kelapa murni ini, bisa Moms order di aplikasi atau website Kecipir!

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 134 - Today Page Visits: 3

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah