IMG-LOGO
Tips & Trik

Rekomendasi Sayuran untuk Penderita Asam Lambung

17 November 2022

banner promo kecipir

Penyakit Asam Lambung atau yang biasa disebut dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah kondisi dimana asam yang ada di lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan. Efek dari kondisi ini membuat penderitanya dapat merasakan nyeri di ulu hati dan sensasi terbakar di bagian dada.

Beberapa makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung adalah makanan pedas, tomat, cokelat, buah-buahan yang asam, bawang bombay, bawang putih dan makanan dengan lemak yang tinggi.

Penderita asam lambung perlu selektif dalam memilih makanan yang tidak meningkatkan atau memperparah produksi asam di lambung. Berikut adalah rekomendasi beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

 

1. Selada

 

 

Selada adalah sayuran segar yang dapat dikonsumsi mentah. Selada memiliki kandungan serat yang baik, sangat rendah kalori, tidak mengandung kolesterol serta kaya akan vitamin (vitamin A dan vitamin C) dan juga mineral (Ca, Fe, K, dan folat) (Olianovi, 2017).

Sayuran ini memiliki kandungan air yang tinggi dimana hal tersebut dapat membantu lambung untuk lebih mudah dalam mencerna makanan dan juga melemahkan asam lambung. 

Selada juga terbukti dapat mengobati gangguan asam lambung, katarak, arthritis, kolitis, dan masalah peredaran darah (Hartanto, 2015).

 

2. Mentimun

 

 

Mentimun atau yang biasa disebut dengan timun adalah jenis sayur yang cukup digemari. Timun memiliki kemampuan secara signifikan dalam menetralkan pH darah dan juga asam lambung (Sharma et al., 2012). Hal tersebut dapat terjadi karena adanya flavonoid dan mineral alkali yang terkandung pada buah mentimun (Maheshwari et al., 2014). 

Selain itu, mentimun juga memiliki khasiat lainnya seperti berguna untuk mengobati penyakit kandung kemih. Daunnya memiliki manfaat dalam mengobati gigitan anjing dengan cara dibalutkan (Savitri, 2008).

 

3. Kacang Hijau

 

 

Kacang hijau adalah salah satu jenis sayuran dari golongan kacang-kacangan yang memiliki efek perbaikan terhadap lambung. Salah satu manfaat dari kacang hijau adalah dapat memproteksi lambung, bahkan sudah dijadikan sebagai obat maag oleh sebagian masyarakat (Hermawan, 2008).

Di dalam kacang hijau juga terdapat serat, piridoksin, dan pektin yang mempunyai berbagai manfaat terhadap lambung seperti antioksidan, menjaga keasaman lambung, anti-inflamasi, membantu memperlancar pencernaan, anti-gastritik dan anti-ulserasi (Duke dalam Eiffellia, 2010). 

 

4. Seledri

 

 

Seledri merupakan sumber alami natrium organik yang menjadi mineral penting  dalam darah. Seledri memiliki khasiat untuk tubuh seperti mencegah dan menetralisir asam lambung (anti-ulcerogenik), menenangkan sistem pencernaan, mencegah perut kembung, meningkatkan nafsu makan, anti-kolesterol, dan meredakan nyeri kolik (Khalil et al., 2015). 

Selain itu, seledri juga memiliki zat aktif yang berperan sebagai anti-kanker yakni apigenin dan phtalide. Zat aktif tersebut terbukti dapat menginduksi apoptosis  sel dari kanker dan menghentikan siklus sel kanker, sehingga perkembangannya dapat terhambat (Sukohar & Arisandi, 2016).

 

5. Kentang

 

 

Kentang adalah jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat karena mengandung antioksidan, baik untuk pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan sistem syaraf dan fungsi otak, bebas gluten, menjaga tekanan darah normal, serta membantu mengendalikan gula darah. 

Sayuran yang berasal dari golongan umbi-umbian ini direkomendasikan bagi orang yang memiliki penyakit maag dan masalah dengan lambung karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, sehingga mengakibatkan perut tidak mudah kosong dan asam lambung menjadi netral. 

Selain itu, kentang juga memiliki sifat basa dan anti-inflamasi apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Dengan begitu, kentang bisa membantu mengurangi rasa sakit di lambung dan juga usus dua belas jari (Upahita, 2018). 

 

Selain mengonsumsi sayur-sayuran yang aman untuk penderita asam lambung, Moms juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat memicu terjadinya asam lambung seperti tidur setelah makan, merokok ataupun mengonsumsi alkohol ya. 

Untuk belanja sayuran-sayuran diatas, Moms bisa mengunduh aplikasi Kecipir. Di Kecipir, Moms bisa mendapatkan sayuran organik segar dengan harga yang lebih hemat.

Ayo segera download dan belanja, ada cashback 40ribu untuk belanja perdana Moms!

 

banner promo kecipir

 

Total Page Visits: 407 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah