IMG-LOGO
Lain-lain

My First POV Experience – Nur Maulida #CeritaMagangKecipir

3 August 2017

Siapa yang tidak tahu tentang kegiatan magang kerja? Kata magang, internship, praktek kerja lapang (PKL), atau kuliah kerja nyata (KKN) pasti sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa. Biasanya mahasiswa akan melakukan internship setelah menempuh 5 semester. Pada kesempatan ini aku akan berbagi cerita mengenai kegiatan internship aku yang sudah berlangsung selama 2 minggu.

Saat ini aku sedang menjalankan internship di Kecipir.com bareng 3 temen lainnya. Oh iya, awalnya aku bisa magang di Kecipir ini tuh karena pas lagi bingung nyari-nyari tempat buat intern terus kebetulan dapet info tentang Kecipir.com. Terus nyoba deh hubungin CPnya, nanya-nanya tentang program internship di sana. Abis itu aku sama temen-temen diminta buat ngirim proposal magang dan CV. Dan akhirnya…di sini lah kami sekarang berada untuk magang hehe

Walaupun kegiatan internship ini sudah berlangsung selama 2 minggu, tapi di sini aku hanya akan membagi cerita aku mulai dari minggu ke-2. Karena pada minggu ke-2 ini aku mulai ditempatkan di Pelangi Organik Farm (selanjutnya disingkat POF), yaitu kantor operasional dan distribusinya Kecipir.com. Nah, di POF ini ada lahan beserta isinya yang emang dikelola sama Kecipir. Btw, aku ini mahasiswi Agribisnis Fakultas Pertanian, jadi udah gak asing lagi deh main-main di lahan. Fyi, di sini aku tinggal di mess yang disediakan sama Kecipir. Messnya berada sangat dekat dari lahan, jadi begitu buka pintu langsung terlihat deh tuh lahannya.

Penanaman Selada Keriting

Hari pertama terjun ke lahan di POF aku kenalan sama mamang-mamang yang ada di sana. Terus ada mamang yang lagi nyangkul gitu jadi aku juga pengen coba nyangkul (maklum baru pertama kali nyangkul, biasanya yang nyangkul cowok-cowok sih hehe). Ternyata emang nyangkul itu bukan pekerjaan yang ringan buat cewek *at least it’s not easy for me*. Jadi aku beralih ke pekerjaan lain, karena emang di lahan banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Mulai dari penanaman (selada keriting, selada merah, tomat cherry, labu butternut), cabutin gulma, bikin pupuk organik dari kotoran kambing, sampe kenalan sama si pemilik kotoran itu (red: si kambing). Jujur aja nih, walaupun udah beberapa kali nanem di kampus, tapi ada beberapa tanaman yang baru aku tahu di sini.

Pemasangan Mulsa

 

Di hari ke-2 aku saman temen-temen juga belajar bikin polybag dari daun pisang. Sekali lagi, dari daun pisang gaes! Udah pernah denger belum? Aku sih baru liat nih pembibitan pake polybag dari daun pisang, yang ternyata lebih praktis dan ekonomis.

Terus sekitar jam 9, aku berdua sama temen diajak pembimbing lapang kami ke peternakan lebah yang jadi mitra Kecipir. Kenapa aku cuma berdua padahal di sini kita berempat? Karena kata bapaknya, Beliau sering kunjungan ke petani mitra jadi nanti gantian aja. Nah, sampe di tempat lebahnya itu aku ketemu sama banyak lebah, dari lebah yang kecil *kayaknya seukuran lalat* sampe lebah yang ukuran medium. Di sana sih aku gak liat lebah yang gede banget. Awalnya, in my imagination itu pas ketemu lebah bakal kayak di kartun-kartun gitu yang dia nyerang kita. Tapi ternyata walaupun di sana sempet dikelilingin lebah tapi dia gak nyengat kita tuh. Jadi dia nyerangnya kalau merasa terancam aja mungkin. Bahkan aku sempet masukkin tangan ke sarangnya itu lebah buat nyobain madunya. Sebenernya rada takut-takut gimana gitu, tapi karena percaya sama bapak yang punya lebah yaa beraniin aja deh. Di sana dijelasin macem-macem tentang lebah sama Pak Indra, yang punya lebah, dan Pak Nasrudin, temennya Pak Indra yang katanya keturunan Yaman. Abis dari peternakan lebah ini, kita balik lagi ke POF.

Kunjungan ke peternakan lebah

Keesokan harinya aku bikin polybag daun pisang lagi, terus dikasih tahu kalau ada tamu dateng. Jadilah siangnya aku sama temen-temen bantuin Mas Yanto buat masak-masak. Berhubung kita masak untuk porsi lumayan banyak sehingga memakan waktu sampai kurang lebih 2 jam, jadi tamunya udah pulang duluan -_-“. Jadi makanan yang banyak itu kita-kita juga yang makan. Well, anggep aja dapet jackpot yaa bisa makan besar kayak gitu.

Hari ke-4, yaitu Kamis, di saat sedang asik cabutin gulma di lahan Blok C, kami dipanggil sama pembimbing lapang. Ternyata eh ternyata kami diajak panen! Yeay! Di sini aku bantuin pengemasan sementaranya aja sih, gak ikut cabut sayur dan buahnya. Jadi sayur dan buah yang udah dipetik ini terus ditimbang sesuai dengan orderannya. Setelah ditimbang, dikemas dengan kertas biasa lalu ditulis nama sayur/buahnya. Kalau udah selesai semua, dibawa ke bagian packaging lebih lanjut, baru deh dikirim ke agen-agennya Kecipir.

Penimbangan dan pengemasan semantara

Hari Jumatnya kegiatan tetep seperti biasa, cabutin gulma, nanem tomat cherry dan selada merah, tapi aku lebih banyak menghabiskan waktu dengan si kambing. Maklum kambing di sini makannya banyak, jadi setiap makanannya habis dia berisik banget. Nah besok paginya aku sama temen-temen ikut sosialisasi yang dihadiri oleh agen-agen Kecipir. Selain penjelasan di dalam ruangan, agen-agen juga diajak langsung melihat lahan. Pas jam makan siang, kita makan bersama deh. Tidak lama setelah agennya pulang, aku sama temen-temen juga pulang ke rumah masing-masing. Beristirahat sejenak sebelum kembali ke mess dan memulai lagi aktivitas magang di POF pada hari Senin mendatang.

Pencabutan Gulma

Total Page Visits: 742 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah