IMG-LOGO
Cerita Petani

ATP IPB, Wujudkan Kemajuan Pertanian Indonesia

25 January 2023

Agribusiness & Technonolgy Park Institut Pertanian Bogor atau ATP IPB, adalah kawasan inovasi agrikultur terpadu berstatus Satuan Usaha Akademik (SUA) dibawah Direktorat Bisnis IPB.

Satuan usaha ini adalah hasil kolaborasi antara IPB dan Taiwan Technical Mission pada 2006 dengan mendirikan Agribusiness Development Center. Pada 2019, namanya kemudian berubah menjadi Agribusiness & Technonolgy Park.

ATP IPB memiliki luas lahan seluas 20.200 meter persegi untuk pertanian organik, yang dikelola untuk menjawab kebutuhan pangan sehat masyarakat dengan teknologi pertanian yang maju

 

Lokasi dan Hasil Kebun ATP IPB

 

kebun ATP IPB di Cikarawang

 

Kecipir telah bekerjasama dengan ATP IPB dengan mendistribusikan hasil kebunnya sejak 2021 lalu. Kebun ATP IPB terletak di dua lokasi yaitu Unit Cikarawang dan Sarongge Farm. 

Lahan unit Cikarawang digunakan untuk menanam sayuran dedaunan organik serta buah-buahan seperti melon golden, jambu kristal, dan jambu mutiara. Sedangkan unit Sarongge Farm digunakan untuk produksi sayur-sayuran seperti pakcoy, caisim, kailan, kubis, sawi putih dan masih banyak lagi..

Lahan unit Cikarawang dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti greenhouse hidroponik apung, hidroponik NFT, aquaponik, akuakultur, organik dan tanaman inovasi. Setiap perkebunan didalamnya memiliki standar operasional yang menjamin kualitas di semua produknya.

Screen house sayuran organik ATP IPB bebas dari hama karena menggunakan Insect Net yang menghalangi hama tanaman masuk kedalam lahan. Oleh karena itu, kualitas sayuran organik ATP IPB sangat baik dan terjamin.

Hasil produksi sayuran organik dari ATP IPB dapat Moms beli di aplikasi Kecipir atau “dilink ini ”.

 

Sarana Agroedutourism untuk Masyarakat

 

 

Selain lahan perkebunan, ATP IPB juga menyediakan wisata agroedutorism untuk pelajar dan masyarakat umum. Pengunjung akan dikenalkan model pengelolaan agribisnis hortikultura yang dilakukan oleh ATP IPB, mulai dari berkeliling kebun hingga praktik langsung menanam sayuran.

Lokasi ATP IPB terbuka untuk umum, baik untuk para petani, peneliti, komunitas, perusahaan, atau sekadar kunjungan. Dengan begitu, harapannya masyarakat dan generasi muda dapat memahami pentingnya agrikultur di masa kini dan masa depan.

Moms dan keluarga bisa berkunjung ke lokasi kebun ATP IPB dengan terlebih dahulu menghubungi kontak mereka di 0857-3339-2949. Info lebih lengkap bisa dicek melalui “link ini”.

 

 

Total Page Visits: 971 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah