IMG-LOGO
News

Kenikir, Daun Ajaib Untuk Mengatasi Kanker

25 December 2017

Tanaman kenikir atau ulam raja yang memiliki nama latu Cosmos Caudatus sangat mudah ditemui di sekitar lingkungan kita apalagi untuk daerah jawa sangatlah mudah untuk mencarinya. Daun kenikir ini untuk sebagian besar masyarakat keberadaannya hanya dimanfaatkan untuk makanan seperti untuk sayuran lalapan.

Ternyata daun kenikir ini sangat luar biasa untuk menyembuhkan penyakit sangat berbahaya seperti kanker. Selain penyakit kanker, daun kenikir juga bermanfaat untuk kesehatan manusia. Berikut ini 10 manfaat kesehatan dari daun kenikir:

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Daun kenikir mengandung flavonoid dan saponin yang merupakan senyawa untuk menghancurkan sel kanker di dalam tubuh manusia. Bahkan, jika penderika kanker mengonsumsi air rebusannya secara teratur, maka sel kanker dapat dihancurkan dan menghentikan penyebarannya.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Life Science, tanaman ini telh digunakan dalam pengobatan Cina dan mampu membunuh 98% sel-sel kanker payudara hanya dalam waktu kurang dari 16 jam.

Melancarkan ASI

Daun kenikir juga bermanfaat bagi ibu yang memiliki bayi yang masih menysui. Kenikir dapat melancarkan produksi ASI ibu. Dianjurkan untuk meminum air rebusan daun kenikir bagi ibu menyusui, atau dapat juga mengoleskan daun kenikir yang sudah dihaluskan di sekitar payudara dan puting. Sebelum menyusui bayinya, bersihkan olesan daun kenikir tersebut dengan handuk basah.

Mengobati Sakit Maag

Daun kenikir dapat mengobati sakit maag karena tumbuhan ini mengandung polifenol, tokoferol dan hidroksieugenol yang dapat menetralkan asam lambung yang tinggi.

Zat alami tersebut juga dapat mengobati luka pada lambung yang biasa dialami oleh penderita tukak lambung. Penderita sakit maag bisa mengonsumsi daun kenikir ini dengan memakannya sebagai lalapan atau ditumis untuk menjadi lauk.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kenikir kaya akan kandungan vitamin A, C dan E yang dapat bekerja untuk memperkuat sistem imun agar anda tidak mudah sakit.

Disamping itu, kandungan protein nabati di dalam daun kenikir juga berkontribusi dalam proses pembentukan fagosit yang berperan penting dalam memperkuat sistem imun. Selain dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, daun kenikir juga dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh secara optimal.

Memperkuat Fungsi Jantung

Ternyata daun kenikir juga dapat mengatasi masalah kesehatan yang cukup serius, yakni memperkuat fungsi jantung yang lemah. Senyawa flavonoid  di dalam tumbuhan ini berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh, termasuk pada jantung.

Senyawa flavonoid juga dapat membantu untuk melancarkan aliran darah ke jantung. Apabila aliran darah menuju jantung lancar, maka otot-otot yang berada di sekitar jantung juga menjadi lebih kuat. Untuk memperkuat fungsi jantung dengan memanfaatkan daun kenikir, minumlah air rebusa kenikir 2 kali sehari secara rutin setiap hari.

Detoksifikasi Alami

Daun kenikir mengandung vitamin E dan flavonoid yang bisa menjadi detoksifikasi alami untuk membersihkan darah dari toksin-toksin. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun kenikir atau justru memasak daun ini menjadi hidangan untuk dikonsumsi. Detoksifikasi secara rutin dapat membuat darah menjadi lebih bersih dari zat–zat beracun.

Mengobati Gondongan

Kandungan polifenol di dalam kenikir tidak hanya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan pada leher yang biasa disebut dengan gondongan.

Memperkuat Tulang

Daun kenikir mengandung sejumlah mineral yang diperlukan untuk memperkuat tulang, seperti kalsium dan magnesium. Daun kenikir mampu mencegah kerapuhan tulang dan bagi anak-anak, ekstrak daunnya dapat membantu pertumbuhan tulang agar anak tersebut memiliki tinggi badan yang ideal dan tulang yang kuat.

Untuk menjaga kesehatan tulang, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi sayur kenikir setidaknya 2 kali dalam seminggu. Tumbuhan ini bisa diolah menjadi tumisan sayur yang lezat.

Mencegah Penuaan Dini

Antioksidah di dalam daun kenikir dapat menghambat penuaan dini pada kulit Anda. Konsumsilah daun kenikir setidaknya 1-3 kali dalam seminggu. Anda bisa sajikan dalam bentuk tumisan dengan sambal.

Untuk melengkapi perawatan anti-aging alami dengan kenikir, olah tumbuhan ini menjadi masker. Cukup haluskan daun kenikir secukupnya, lalu balurkan masker daun kenikir ini ke kulit tubuh maupun wajah.

Mengatasi Bau Mulut

Air rebusan daun kenikir dapat menghilangkan bau mulut secara alami. Daun kenikir dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Alhasil, nafas menjadi lebih setelah berkumur dengan air rebusan daun kenikir setiap hari.

Sumber: http://www.ragasehat.com/luar-biasa-manfaat-daun-kenikir-untuk-mengobati-kanker-sampai-tuntas.html, https://bacaterus.com/manfaat-daun-kenikir/

Total Page Visits: 1604 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah