IMG-LOGO
Info

SOP Kecipir Mengenai Pengembalian Produk yang Tidak Sesuai Standar

8 December 2017

Berikut ini adalah SOP terhadap keluhan pelanggan mengenai produk yang tidak sesuai standar:

  1. Semua produk yang tidak sesuai standar akan dikembalikan dalam bentuk saldo greencash/kupon produk.
  2. Produk yang terkait mohon dikirimkan bukti foto/videonya kepada kami karena akan diteruskan ke petani yang bersangkutan.
  3. Kirimkan foto/video produk rusak atau tidak lengkap ke CS Kecipir melalui chat aplikasi atau whatsapp.
  4. Keluhan mengenai kualitas dan kuantitas produk akan dilayani dalam waktu 1×24 jam sejak pesanan diterima.  Dengan catatan, produk yang tidak diterima sendiri oleh pemesan tidak akan kami layani.
  5. Pastikan utuk segera memeriksa pesanan, ambil foto/video keseluruhan produk tidak lengkap/rusak dan hubungi kami.

Pengertian Produk Tidak Sesuai Standar

Berikut ini adalah penjelasan mengenai “produk yang tidak sesuai standar” terkait dengan hak perlindungan konsumen:

  • Perlindungan konsumen dalam operasional e-commerce atau perdagangan online prinsipnya adalah sama, yaitu semua produk yang sudah dipesan atau diterima prinsipnya pasti bisa dikembalikan, dengan berbagai macam sebab mulai dari ketidaksesuaian produk: ukuran, warna kualitas, dll.
  • Mengapa pasti bisa dikembalikan? Karena produk di dalam perdagangan online tidak bisa dicoba, dirasa, dan dipegang terlebih dahulu oleh konsumen sebelum membeli.  Jadi untuk menjamin perlindungan konsumen, produk tersebut harus bisa dikembalikan bila dirasa tidak sesuai, dengan alasan apapun.
  • Pihak penyelenggara layanan wajib menerima dan berusaha memenuhi pesanan dari barang pengembalian, sesuai dengan keinginan dari konsumen atau bisa melakukan pengembalian pembayaran.
  • Untuk di operasional Kecipir, produk yang kami layani sebagian besar adalah produk organik segar yang perishable atau tidak tahan lama. Jadi untuk masalah pengembalian produk menjadi sangat sulit.  Selain itu sulit juga dilakukan pertukaran/penggantian produk, karena panenan petani selalu berubah-ubah tiap masa panenannya.
  • Untuk mengatasi hal tersebut yang bisa kami lakukan adalah pengembalian pembayaran dalam bentuk deposit Greencash atau Kupon Belanja senilai produk yang “dikembalikan” dengan alasan apapun itu.

Demikian penjelasan kami terkait SOP Pengembalian Produk yang Tidak Sesuai Standar.  Semoga hal ini bisa dipahami demi kebaikan bersama.

 

Total Page Visits: 457 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah