IMG-LOGO
Pertanian Organik dan Zero Waste

Mana yang Lebih Baik? Reuse atau Recycle?

19 October 2020

Reuse adalah istilah yang mulai ramai dikampanyekan di ruang-ruang media sosial kita.  Percakapan ini muncul akibat masalah sampah yang terus bertambah di dunia, termasuk Indonesia.

Setiap hari, pasti masyarakat menghasilkan sampah.  Sampah adalah sisa kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan proses alam yang berbentuk padat ataupun cair.

Permasalahan sampah terus menjadi masalah di negara kita.  Salah satu cara mengurangi sampah yang terus bertambah adalah melakukan pengelolaan terhadap sampah.  Baca lebih lengkap tentang “Bencana di TPA Indonesia“.

reuse adalah

Beberapa jenis perlengkapan sehari-hari yang ramah lingkungan

Mengelola Sampah dengan Reduce, Reuse, dan Recycle

Salah satu cara pengelolaan sampah yang terkenal adalah 3R atau Reduce (mengurangi), Reuse (pemakaian kembali), dan Recycle (daur ulang).  Pengelolaan sampah dengan metode 3R akan berdampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan kita.

Dampak positif yang dapat dirasakan diantaranya dapat mencegah penyakit dan mengurangi bau tidak sedap.  Selain itu sampah yang di daur ulang juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

1. Reduce

Reduce atau reduksi sampah merupakan upaya untuk mengurangi sampah di lingkungan sumber dan dapat dilakukan sejak sebelum sampah dihasilkan.

Kegiatan mengurangi sampah misalnya membawa tas belanja sendiri saat berbelanja, menggunakan sapu tangan dibandingkan tissue, membeli produk yang bisa diisi ulang, atau tidak membeli produk sekali pakai.

Belanja online dapat dipastikan menghasilkan sampah plastik.  Sangat berbeda jika kamu belanja di Kecipir. Karena proses pengemasan dan pengiriman produk Kecipir benar-benar mereduksi sampah plastik sekali pakai.

Sepanjang Januari-Mei 2020, Kecipir telah berhasil mencegah penggunaan 36.715 plastik sekali pakai dan styrofoam loh!  Baca selengkapnya di “Berapa Jumlah Sampah Plastik yang Berhasil Kita Cegah?“.

sampah plastik

Kantong kain, salah satu jenis kemasan pakai ulang yang Kecipir gunakan

2. Reuse

Reuse adalah menggunakan kembali bahan atau material agar tidak menjadi sampah.  Misalnya menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis, menggunakan kembali botol bekas minuman untuk mengisi air, mengisi kaleng susu dengan susu refil dan lain sebagainya.

Di Kecipir, semua kemasan dapat dikembalikan kepada kami pada saat proses pengiriman pesanan berikutnya.  Kemasan produk yang memungkinkan untuk dipakai ulang akan dikirim ke produsen sehingga dapat digunakan kembali untuk pengemasan.

Baca selengkapnya tentang “Cara Mengembalikan Kemasan Produk Kecipir“.

belanja sayur online

Jenis kemasan produk yang akan dipakai ulang di Kecipir

3. Recycle

Sedangkan recycle adalah mendaur ulang suatu bahan yang sudah tidak berguna (sampah) menjadi bahan lain setelah melalui proses pengolahan.  Misalnya, memanfaatkan dan mengolah ban bekas menjadi pot bunga, mengolah sisa kain perca menjadi selimut atau keset kaki, mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos dan lain sebagainya.

Daur ulang merupakan salah satu strategi mengurangi sampah.  Sudah banyak organisasi yang berjalan untuk mengurangi sampah dengan melakukan daur ulang suatu barang.

Sebelum di daur ulang, sampah dipilih menjadi beberapa kategori.  Pemilahan dapat dilakukan secara manual di rumah tangga.

Sampah dapat dipilah menjadi sampah kering dan basah.  Sampah kering meliputi kayu dan produk yang sejenis, besi dan kaca.  Sampah basah, biasanya mengacu pada sampah organik yang dapat berupa sisa makanan dan memiliki bobot cukup berat karena basah.

Kemasan

Kemasan botol kaca dan plastik berkode PET 1 dapat di recyce

Sampah juga dapat dipilah atas dasar dapat terurai secara biologis atau tidak.  Pemilahan sampah dilakukan di tempat asal terjadinya untuk memastikan daur ulang bahan dengan tingkat yang lebih tinggi, salah satu yang sering dilakukan dengan mendorong pemilihan sampah atau daur ulang sampah di rumah tangga.

Lantas bagaimana dengan Kecipir?  Selain menerapkan sistem reduce dan recycle, kami juga bekerjasama dengan pengelola lapak daur ulang, sehingga sampah yang dihasilkan tidak langsung berakhir di TPA.

Sekarang kita kembali pada pertanyaan diawal, manakah yang lebih baik? Reuse atau recycle? Langkah paling bijak yang bisa kita lakukan yaitu mereduksi sampah (reduce).  Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Yuk kurangi sampah hasil belanja online mu melalui Kecipir!  Dengan belanja di Kecipir, kamu bisa turut aktif dalam semua aktivitas reduce-reuse-recycle.

Wujudkan bumi yang lebih baik untuk masa depan kita.  Ayo unduh aplikasi Kecipir dan mulai belanja online ramah lingkungan!

 

Total Page Visits: 80 - Today Page Visits: 6

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah