IMG-LOGO
Pertanian Organik dan Zero Waste

Mana yang Lebih Baik? Reuse atau Recycle?

19 October 2020

contoh penerapan reuse untuk kaleng bekas susu

 

Semakin hari teman-teman mungkin semakin sering mendengar istilah reuse. Gerakan reuse atau pakai ulang adalah istilah yang mulai ramai dibicarakan di ruang media sosial kita.

Percakapan ini muncul akibat masalah sampah yang terus bertambah.  Laju penambahannya tidak sebanding dengan laju penguraian. “Bbukit-bukit sampah” terus bermunculan.

Kita semua berkontribusi atas hal ini.  Sebab, setiap hari pasti kita menghasilkan sampah bukan?

Pilihan yang sangat bijak jika kita mau memulai untuk lebih peduli terhadap sampah.  Memahami lebih jauh tentang reuse dan recycle adalah salah satu upaya untuk lebih peduli pada sampah.

Mari Kelola Sampah Kita

 

reuse adalah

Beberapa jenis perlengkapan sehari-hari yang bisa digunakan berulang

 

Salah satu cara mengurangi sampah yang terus bertambah adalah melakukan pengelolaan sampah.  Cara mengelola sampah yang terkenal adalah dengan menerapkan 3R yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (pemakaian kembali), dan Recycle (daur ulang).

Mengelola sampah tidak hanya untuk kebaikan lingkungan, tapi juga untuk kesehatan dan kesejahteraan kita.  Manfaat yang akan kita dapatkan diantaranya adalah dapat mencegah penyakit dan mengurangi bau tidak sedap.

Sampah juga dapat didaur ulang dan bernilai ekonomi.  Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai 3 cara mengelola sampah:

 

1. Reduce

Reduce atau reduksi sampah merupakan upaya preventif agar sampah tidak dihasilkan.  Langkah ini bisa dilakukan dengan membawa tas belanja sendiri saat berbelanja, menggunakan sapu tangan dibandingkan tissue, membeli produk yang bisa diisi ulang, atau tidak membeli produk sekali pakai.

Belanja online dapat dipastikan menghasilkan sampah plastik.  Sangat berbeda jika kamu belanja di Kecipir.  Karena proses pengemasan dan pengiriman produk Kecipir benar-benar mereduksi sampah plastik sekali pakai.

Sepanjang Januari-Mei 2020, Kecipir telah berhasil mencegah penggunaan 36.715 plastik sekali pakai dan styrofoam loh!  Baca selengkapnya di “Berapa Jumlah Sampah Plastik yang Berhasil Kita Cegah?“.

 

tim kecipir.com sedang mengemas produk dalam kantong belanja pakai ulang

Produk Kecipir dikemas dalam kantong belanja pakai ulang, dan wajib dikembalikan saat pengiriman pesanan berikutnya.

 

2. Reuse

Reuse adalah upaya menggunakan kembali bahan atau material agar masa gunanya menjadi lebih lama.  Misalnya menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis, menggunakan kembali botol bekas minuman untuk mengisi air, mengisi botol susu dengan susu refil dan lain sebagainya.

Saat ini kamu sudah bisa belanja produk refill secara online di Kecipir. Di katalog kami terlah tersedia beras putih organik dan telur ayam organik. Cek produknya disini.

Penerapan konsep reuse akan membuat kita mencegah sampah.  Sebab kita menggunakan kemasan berulang kali hingga masa pakainya benar-benar berakhir.

 

Baca selengkapnya tentang “Cara Mengembalikan Kemasan Produk Kecipir“.

belanja sayur online

Jenis kemasan produk yang akan dipakai ulang di Kecipir

 

3. Recycle

Recycle adalah proses mendaur ulang suatu bahan yang sudah tidak berguna (sampah) menjadi bahan lain yang memiliki nilai guna.  Misalnya, memanfaatkan dan mengolah ban bekas menjadi pot bunga, mengolah sisa kain perca menjadi selimut atau keset kaki, mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos dan lain sebagainya.

Daur ulang merupakan salah satu strategi mengurangi sampah.  Sudah banyak organisasi yang berjalan untuk mengurangi sampah dengan melakukan daur ulang suatu barang.

Kita bisa berkontribusi dengan melakukan pemilahan sampah di rumah.  Agar lebih mudah, pisahkan sampah menjadi 2 bagian yaitu sampah kering dan basah.

Sampah kering meliputi kayu dan produk yang sejenis, besi dan kaca.  Sampah basah, biasanya mengacu pada sampah organik yang dapat berupa sisa yaitu tempat pengomposan bersama untuk sampah basah dan bank sampah untuk sampah kering yang masih bisa didaur ulang.

 

Kemasan

Kemasan botol kaca dan plastik berkode PET 1 dapat di recyce

 

Sekarang kita kembali pada pertanyaan diawal, manakah yang lebih baik? Reuse atau recycle? Langkah paling bijak yang bisa kita lakukan yaitu mereduksi sampah (reduce).  Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Lantas bagaimana dengan Kecipir?  Kami telah menerapkan prinsip reduce dalam pengemasan produk segar seperti sayuran, buah, umbi-umbian, rempah, dan herbal.  Kami juga telah menerapkan prinsip reuse dengan cara menggunakan kantong belanja pakai ulang dan menyediakan produk-produk refil.

Yuk kurangi sampah hasil belanja online mu melalui Kecipir!  Dengan belanja di Kecipir, kamu bisa turut aktif dalam semua aktivitas reduce-reuse-recycle.

Wujudkan bumi yang lebih baik untuk masa depan kita.  Ayo unduh aplikasi Kecipir dan mulai belanja online ramah lingkungan!

 

belanja sayur online murah

 

belanja sayur organik online

 

promo kecipir 4g

Total Page Visits: 4401 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah