IMG-LOGO
Tips & Trik

4 Tips Memasak Kailan Agar Tidak Pahit dan Disukai Anak

18 September 2020

kecipir.com

Jika salah olah, kailan akan terasa pahit. Karenanya Moms perlu tau cara memasak kailan agar tidak pahit.

Sayur yang satu ini sangat sehat dan bisa jadi sumber nutrisi yang tepat untuk Si Kecil.  Lantas bagaimana cara memasak kailan agar rasa pahitnya hilang dan membuat Si Kecil ketagihan?

Yuk simak keempat caranya!

 

4 Cara Memasak Kailan Agar Tidak Pahit

 

cara memasak kailan agar tidak pahit

 

Menyiapkan makanan bergizi untuk anak memang gampang-gampang susah.  Apalagi soal sayuran. 

Kailan yang berasal dari Cina ini bisa jadi alternatif menu makanan Si Kecil karena mengandung vitamin A, C, dan kalsium.  Agar tidak terasa pahit, pengolahan kailan bisa dilakukan dengan 4 cara dibawah ini: 

 

1. Pilih yang muda

Saat membeli usahakan memilih yang masih muda, terlihat dari warna daun yang masih hijau muda.  Kemudian batang yang masih kecil-kecil dan segar saat dipatahkan.  Sebab, sayuran muda belum memiliki kandungan zat yang menyebabkannya pahit seperti pada sayuran tua.  

Jika kamu membeli kailan melalui website/aplikasi Kecipir, kamu pasti akan mendapatkan sayuran segar yang usianya masih muda alias baby kailan.  Jadi saat diolah akan lebih sedikit yang menjadi sumber pahitnya. 

Cek harga kailan organik disini.

cara memasak kailan agar tidak pahit

Baby kailan yang dijual oleh Kecipir bersifat organik sehingga aman dari cemaran pestisida.

 

2. Potong dengan ukuran sedang

Kesalahan dalam memotong kailan, juga menjadi alasan pahitnya muncul usai diolah.  Cara memasak kailan agar tidak pahit berikutnya adalah, dengan memotong sayuran tidak terlalu pendek atau tidak terlalu panjang.

Gunanya agar bagian pahit bisa diminimalisir, sebab biasanya tidak semua bagian daun dan batang menghasilkan rasa pahit.  Karenanya, perlu teknik pemotongan yang tepat, jika berhasil maka rasa pahit akan hilang.

Baca juga, “Ragam Resep Sayur Kailan yang Mudah Membuatnya”

 

3. Masak singkat

Tak perlu memasak sayur ini terlalu lama.  Hentikan proses memasak tepat setelah bumbu dan sayur tercampur sempurna.  Matikan kompor dan segera pindahkan sayur kailan ke dalam wadah.  Waktu memasak yang singkat bertujuan untuk menghindari kondisi sayur terlalu layu dan menghasilkan rasa pahit berlebihan.

Kenapa hanya dimasak sebentar?  Karena kailan organik masih memiliki banyak nutrisi penting.  Jika dimasak terlalu lama, nutrisi itu akan hilang bersama rebusan air dan meninggalkan pahit yang lebih menggigit.

 

4. Rebus sebelum diolah

Tips selanjutnya adalah merebus terlebih dahulu sayur kailan sebelum digunakan.  Caranya, rebus air hingga mendidih pada panci terbuka.  Kemudian masukkan sayuran.  Biarkan mendidih beberapa detik saja, kemudian angkat dan siram dengan air dingin.

 

kecipir.com

 

Rempah & Bumbu Penghilang Rasa Pahit

 

Selain tips di atas, kamu juga bisa mencoba memberikan rempah yang tepat untuk meminimalisir rasa pahit kailan.  Pertama dengan beri larutan garam seperti menghilangkan rasa pahit pada sayur pare, bisa direndam beberapa menit di dalam air garam tersebut.

Bisa juga dengan merebus air bercampur garam, lalu masukkan sayuran.  Biarkan sayuran terendam beberapa detik, kemudian angkat dan cuci bersih baru olah menggunakan bahan lain.

 

cara memasak kailan agar tidak pahit

Kailan cah bawang bisa jadi menu alternatif untuk Si Kecil (Sumber: Primarasa)

 

Cara kedua adalah dengan memberi rempah dan bumbu.  Rasa pahit kailan bisa dinetralisir dengan memberikan bumbu yang tepat.  Kalau di China, biasanya diberi bumbu jahe dan bawang putih, bisa juga dengan memadukan sayuran dengan saus tiram yang aroma seafoodnya sangat kental.

Jika ingin berkreasi, kamu bisa gunakan rempah-rempah yang disukai anak-anak.  Dengan begitu anak-anak tidak akan merasakan pahit, serta  lebih sukamenu olahan sayur kailan ini.

Dari informasi di atas ternyata cara memasak kailan agar tidak pahit sangat mudah bukan?  Kamu tinggal siapkan bahannya dan lakukan salah satu cara diatas.  Dijamin sayur kailan akan bebas pahit dan memiliki citarasa lezat.  Anak-anak pasti suka, selamat mencoba!

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 9616 - Today Page Visits: 3

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah