IMG-LOGO
Tips & Trik

Bisa Tambah Stamina, Ini 6 Khasiat Genjer untuk Tubuh

25 September 2020

Genjer tumbuh di area persawahan.  Biasanya genjer tumbuh liar dan dianggap sebagai sayuran sampingan.  Padahal jika tahu khasiat genjer pasti banyak orang yang ingin mengonsumsinya.

Sayuran ini memiliki tekstur lembut, kenyal, dan sedikit renyah.  Rasanya sedikit pahit.  Namun tidak terasa lagi saat dikonsumsi bersama sambal, atau diolah dengan bumbu dan rempah.

manfaat genjer

Tumbuhan genjer tumbuh di area sawah atau rawa (Sumber: @herbalindong)

6 Khasiat Genjer Organik Untuk Tubuh

Sayuran bernama latin Limnocharis flava ini memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat Indonesia.  Sejak tahun 1930-an, sayuran genjer telah dikonsumsi penduduk Jawa dan Sumatera.  Meski khasiat genjer kerap tidak diketahui,  namun sayuran ini telah dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari.

Mendengar kata genjer, mungkin masih ada sebagian orang yang belum tahu persis mengenai sayuran yang satu ini.  Genjer umumnya dikonsumsi dengan cara ditumis sekaligus ditambah urap atau oncom.

manfaat genjer

Tumis genjer dapat menambah nafsu makan (Sumber: @sianglingaling)

Dibalik kelezatannya, ternyata ada banyak khasiat dari sayuran genjer.  Inilah yang menjadi alasan mengapa pecinta genjer juga semakin bertambah dari hari ke hari.

Sebelum mengetahui khasiat genjer satu per satu, kita akan melihat nutrisi penting dari sayuran ini.  Daun dan bunga genjer mengandung serat (1,56% dan 1,42%), protein (2,04% dan 1,98%), karbohidrat (3,16% dan 2,98%), 9 jenis asam amino esensial, dan 8 jenis asam amino non esensial.

Dalam 100 g genjer juga diketahui terkandung 5000 IU vitamin A, 54 mg vitamin C, 90 g air, 0,2 g lemak, 62 mg kalsium, 33 mg fosfor, 2,1 mg zat besi, 3800 µg karoten total, dan 0,07 mg tiamin.

Tak heran jika genjer ternyata memiki banyak khasiat penting untuk tubuh kita.  Berikut ini khasiat genjer yang tidak boleh dilewatkan:

1. Menambah stamina

Genjer bisa meningkatkan kinerja energi di dalam tubuh akibat kandungan protein di dalamnya.  Tidak hanya itu, genjer akan menyediakan energi cadangan yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

Genjer tentu menjadi sayuran yang tidak bisa diremehkan karena mampu memberikan kekuatan penuh yang siap digunakan saat tubuh memerlukan banyak gerakan.

2. Mengobati keracunan

Beberapa orang pasti pernah mengalami keracunan, terutama ketika keracunan jengkol.  Genjer ternyata merupakan salah satu obat alami yang mampu mengatasi keracunan jengkol tersebut. 

Genjer bekerja untuk menetralisir racun atau toksin yang masih bersarang di dalam jengkol yang sudah diolah dan dikonsumsi.  Sehingga perut terasa lebih nyaman sekaligus tidak mengalami nyeri yang mengganggu.

Baca juga, “Cara Mengobati Asam Urat dengan Jus Nanas”

3. Mengatasi anemia

Anemia atau kurang darah ternyata mampu diatasi dengan konsumsi genjer secara rutin. Kandungan zat besi pada genjer dapat menginisiasi pembentukan sel-sel darah merah secara signifikan.

Regenerasi sel darah merah akan lebih lancar.  Sehingga tubuh tidak lagi terlihat lesu dan lemas saat beraktivitas.  Jika peredaran darah lebih lancar maka komplikasi penyakit yang lebih serius dapat dicegah.

khasiat genjer

Potongan bunga genjer sebelum dimasak (Sumber: Kompas.com)

4. Menurunkan kadar gula dalam darah

Selain membentuk sel darah, genjer juga berfungsi menurunkan kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah.  Vitamin C pada genjer membantu mengikat lemak jenuh yang ada di dalam tubuh.  Genjer sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes atau hiperglikemia.

5. Menyembuhkan luka dengan cepat

Luka bisa terbentuk karena ada unsur ketidaksengajaan dan tidak terduga.  Genjer mampu menjadi sarana yang baik untuk mempercepat penyembuhan dan penutupan luka dengan bantuan zat besi.

Caranya, siapkan genjer yang sudah dicuci hingga bersih.  Lalu tumbuk sampai genjer menjadi halus, kemudian balurkan tumbukan tersebut ke bagian tubuh yang terluka.  Sebaiknya mengobati luka dengan genjer dilakukan secara rutin supaya hasilnya maksimal.

6. Antibiotik alami dalam masa pemulihan

Kandungan vitamin C tinggi pada genjer dapat berfungsi sebagai antibiotik alami.  Karenanya menu sayur genjer direkomendasikan bagi seseorang yang sedang dalam masa pemulihan.

Khasiat genjer ternyata memang lebih banyak dari yang bisa kita bayangkan.  Sayang sekali jika kamu melewatkan sayuran ini.

Namun, genjer memiliki kemampuan menyerap logam berat dari air yang tercemar.  Sehingga lebih aman jika kamu memilih genjer organik di Kecipir. 

Tunggu apalagi?  Segera dapatkan genjer organik yang bebas dari pestisida dan cemaran logam berat di Kecipir.  Dapatkan juga aneka jenis sayuran organik dengan harga sangat terjangkau.  Mulai belanja disini.

Total Page Visits: 180 - Today Page Visits: 3

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah