IMG-LOGO
Tips & Trik

Cara Mengobati Asam Urat dengan Jus Nanas

24 September 2020

Penyakit asam urat atau arthritis gout dialami oleh 1 dari 6 orang di dunia.  Hingga tahun 2025 diperkirakan jumlahnya terus meningkat dan 25% diantaranya terindikasi mengalami kecacatan.  Oleh karena itu sangat penting untuk kita mengetahui cara mengobati asam urat.

Penyakit asam urat adalah penyakit sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam darah.  Kadar asam urat yang melebihi batas normal akan menyebabkan penumpukan asam urat di persendian dan organ tubuh lainnya.

Penumpukan asam urat tersebut menyebabkan sendi sakit, nyeri, dan meradang.  Pada kasus yang parah, penderita merasakan sakit yang sangat pada persendian saat bergerak, hingga tidak bisa berjalan.  Pada akhirnya kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sendi dan cacat.

cara mengobati asam urat

Cara Mengobati Asam Urat dengan Jus Nanas

Asam urat dapat diobati dengan cara alami, yaitu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C.  Hal ini didasari pada hasil penelitian Dr. Hyon K Choi dari University of British Columbia pada 1986-2006.  Pemberian vitamin C 500 mg dapat menurunkan 17% kadar asam urat pada 1.317 pria penderita gout.

Baca juga, “Kolesterol Tinggi? Coba Atasi dengan Lobak Putih”

Vitamin C dapat meningkatkan pembuangan asam urat melalui urin.  Sehingga dapat menurunkan kadar asam urat tubuh.
Buah nanas mengandung vitamin C yang sangat tinggi.  Dalam 100 gram buah nanas segar terkandung 47,8 mg vitamin C.  Karenanya buah ini bisa dijadikan terapi nonfarmakologi untuk pengobatan asam urat.

cara mengobati asam urat

Berdasarkan studi ini, terjadi penurunan kadar asam urat pada 90,5% lansia setelah mereka rutin mengonsumsi jus nanas selama 2 pekan.  Mereka berusia 60-90 tahun, dimana 85,7% diantaranya adalah perempuan.

Setiap hari, mereka mengonsumsi jus nanas yang terbuat dari 400 gram nanas segar.  Disisi lain mereka pun harus mengurangi makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan, kepiting, kerang, dan ikan teri.

Cek produk nanas dan buah organik bebas pestisida disini

Tidak hanya mengandung vitamin C, nanas juga memiliki kandungan serat tinggi.  Juga aneka vitamin dan mineral seperti vitamin B, asam folat, tiamin, magnesium, alkaloid, enzim peroksidase, dan enzim bromelain.

Enzim bromelain merupakan enzim yang bermanfaat dalam penyembuhan dan pencegahan serangan nyeri pada sendi.  Enzim ini juga dapat mengurangi pembengkakan.  Namun, kegunaannya untuk berbagai kondisi tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Manfaat lain yang akan kita dapatkan dari jus nanas adalah peningkatan imunitas dan aktivitas antioksidan.  Sehingga secara bersamaan, resiko penyakit berbahaya seperti kanker juga akan dapat teratasi.

Selain itu nanas mengandung vitamin B6.  Vitamin ini berfungsi membantu distribusi air ke seluruh tubuh. Kecukupan vitamin B6 sangat penting untuk memasok cairan ke dalam jaringan.

Baca juga, “Kenali 6 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan”

Cara mengobati asam urat dengan jus nanas sangat mudah dilakukan.  Cara ini juga tidak menimbulkan efek samping.  Bagi warga Jabodetabek buah nanas organik pun mudah didapatkan.

cara mengobati asam urat

Nanas organik Kecipir memiliki rasa yang lebih manis dibanding nanas konvensional

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari jus nanas, selalu gunakan nanas organik dari Kecipir.com.  Sebab, nanas organik terjamin tidak mengandung residu pestisida yang berbahaya untuk tubuh.

Dapatkan nanas dan buah organik lainnya melalui aplikasi/website Kecipir.  Kamu bisa sekalian order sayuran organik dan bahan pangan sehat lainnya.

Harga sayuran organik kami sangat terjangkau loh! Ayo mulai belanja di aplikasi atau website Kecipir sekarang juga!

Total Page Visits: 192 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah