IMG-LOGO
Tips & Trik

Cara Mengolah Daun Kenikir Agar Tidak Pahit

29 July 2020

Sayuran hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.  Selain itu juga terdapat vitamin, mineral, serta antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.  Kenikir adalah salah satu daun yang berkhasiat, namun belum banyak yang tahu cara mengolah daun kenikir.

Daun kenikir memiliki rasa yang agak pahit, sehingga banyak orang yang tidak menyukainya.  Sebenarnya ada cara khusus yang bisa berguna untuk menghilangkan rasa pahit tersebut.  Dengan cara memasak yang benar, maka khasiat yang terkandung didalam daun kenikir akan tetap terjaga.

cara mengolah daun kecipir

Urap daun kecipir sangat segar untuk menu makan siang (Sumber: Instagram/imunk_adja)

Cara Mengolah Daun Kenikir

1. Jangan Memasak Terlalu Lama

Kebanyakan orang memilih memasak sayuran dalam waktu yang cukup lama agar teksturnya menjadi lebih lembut.  Padahal cara tersebut justru membuat rasa pahit pada sayuran semakin terasa. 

Hindarilah memasak kenikir terlalu lama.  Selain teksturnya yang berubah, khasiat yang terkandung didalamnya juga akan hilang.

Begitu pula dengan rasanya, sudah tidak senikmat aslinya.  Banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi daun yang masih mentah, karena lebih terasa khasiatnya.

2. Blanching

Cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada daun kenikir adalah, dengan merebus kenikir terlebih dahulu.  Teknik ini mampu menjaga kandungan gizi dan vitamin yang ada pada daun kenikir.  Namun jangan lupa, selalu ikuti cara merebus yang benar.

Rebuslah daun kenikir pada air yang telah mendidih.  Jangan terlalu lama dibiarkan di dalam air.  Cukup beberapa menit saja dan segera angkat.

Kamu juga bisa mencelupkan daun pada air panas beberapa kali.  Setelah itu siram dengan air dingin untuk menghentikan proses masak.

cara mengolah daun kenikir

Tanaman kenikir di kebun (Sumber: Instagram/jktberkebun)

Baca juga, “5 Alasan Mengapa Kita Harus Mengonsumsi Produk Organik”

3. Tambahkan Garam

Sejak zaman dahulu, garam dipercaya mampu untuk menetralisir rasa pahit pada sayuran.  Termasuk pada daun kenikir ini.  Potonglah daun kenikir menjadi bagian yang lebih kecil, kemudian tambahkan garam di atasnya. 

Langkah selanjutnya adalah remas-remas daun kenikir menggunakan tangan.  Ulangi hingga teksturnya menjadi layu.  Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit.  Cuci bersih daun kenikir dan siap diolah menjadi menu lainnya.

4. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih juga mampu menyeimbangkan rasa pahit pada sayuran.  Ketika hendak memasak daun kenikir, siapkan bawang putih dalam jumlah yang cukup banyak kemudian iris kasar atau cincang kasar.

Pada proses memasak, tumis bawang putih hingga layu.  Masukkan daun kenikir dan aduk rata hingga matang.  Bawang putih adalah bumbu aromatik yang bisa mengurangi rasa pahit daun kenikir.

Selain membuat rasa pahit hilang, bawang putih juga menambah masakan menjadi lebih lezat dan gurih.

cara mengolah daun kenikir

Salah satu jenis bunga tanaman kenikir

Baca juga, “Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama”

5. Menggunakan Daun Jambu Biji

Tanaman jambu biji juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada kenikir.  Caranya juga cukup mudah.  Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun jambu biji yang telah dicuci bersih.

Apabila kamu tidak menemukan jambu biji, bisa juga menggunakan daun jambu mete.  Remas-remas daun jambu hingga beraroma dan mengeluarkan ekstrak.

Campurkan daun jambu pada daun kenikir yang telah disiapkan.  Remas-remas hingga tercampur dan bilas dengan air bersih.

6. Membuang Batang yang Tua

Ada kalanya ketika kamu berbelanja, tidak semua batang sayur adalah batang muda.  Apabila kamu mendapati daun dengan batang yang telah tua, sisihkan atau potong lah terlebih dahulu.  Batang tua ini akan membuat rasa daun kenikir menjadi lebih pahit.

Daun kenikir bagi sebagian orang mungkin bukan termasuk pada jenis sayuran favorit.  Hal ini karena rasa yang pahit dan sedikit getir.

Nah, sekarang kamu tidak perlu menghindari daun kenikir karena rasanya yang pahit.  Enam cara diatas bisa kamu coba untuk memasak daun kenikir jadi hidangan lezat.

Penasaran?  Ayo order daun kenikir organik di aplikasi/website Kecipir.com.  Lalu cobalah mengolahnya!  Order daun kecipir organik disini.

Total Page Visits: 30 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah