IMG-LOGO
Tips & Trik

Khasiat Talas Untuk Penderita Diabetes

24 October 2021

Tidak hanya sebagai pengganti nasi, khasiat talas untuk diabetes ternyata bisa menyembuhkan luka

 

Talas atau Colocasia esculenta, pasti sudah terdengar familiar di telinga bukan? Talas merupakan salah satu alternatif bahan pokok pengganti nasi. 

Talas yang kita kenal merupakan bagian umbi dari tanaman. Talas ada banyak macam jenisnya. Dari satu tanaman talas, ada sekitar 85% bagian yang dapat kita konsumsi.

Sebagian besar yang terkandung di dalam talas adalah karbohidrat, protein, lemak, serta beberapa unsur mineral dan vitamin. Dengan talas, kita bisa mengurangi dan meringankan gejala diabetes, yuk simak caranya! 

 

Ayo Ganti Nasi Putih dengan Talas

 

khasiat talas untuk diabetes

Talas belitung organik tersedia setiap hari di aplikasi Kecipir

 

Mau Laka (2014) dalam penelitiannya menyatakan hasil analisis kadar glukosa di dalam talas lebih rendah dari nasi. Untuk itu, talas rebus dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi bagi penderita diabetes.

Semakin hari tingkat penderita diabetes melitus semakin meningkat. Penyakit diabetes diakibatkan oleh organ pankreas menghasilkan insulin dalam jumlah rendah, sehingga memerlukan bantuan produksi insulin dari luar.

Keadaan penderita diabetes yang sudah di tahap kronis dapat mengakibatkan rusaknya sistem tubuh terutama sistem saraf perifer dan pembuluh darah. Salah satu komplikasi yang terjadi adalah luka kaki  yang berisiko terjadi infeksi hingga amputasi. 

Selama ini pengobatan luka diabetes dilakukan dengan antibiotik topikal yang mempunyai efek samping seperti iritasi kulit, kemerahan, alergi, sampai edema. Kekebalan bakteri terhadap antibiotik yang dikonsumsi membutuhkan biaya perawatan cukup besar dan menyebabkan pesatnya angka kematian.

 

Manfaat Tangkai dan Daun Talas Untuk Luka Diabetes

 

khasiat talas untuk diabetes

Tanaman talas di kebun petani Kecipir

 

Oleh karena itu, peneliti mencoba cari cara alternatif untuk menemukan obat-obatan dari bahan alami yang lebih aman dan relatif murah. Salah satu solusinya adalah pemanfaatan tanaman talas untuk mengobati luka penderita diabetes.

Tangkai dan daun talas diteliti berpotensi mempercepat penyembuhan luka diabetes. Di samping itu, bagian umbi juga diyakini dapat membantu percepatan penyembuhan luka bakar dan terbuka.

Penelitian Ristanti, et al (2021) ekstrak tangkai dan daun talas diaplikasikan dalam bentuk sediaan gel. Pada dasarnya, bentuk sediaan topikal gel memiliki prinsip tidak basah dan tidak kering sehingga kelembapan luka diabetesnya efektif. Metode ini berguna meningkatkan kepadatan proliferasi sel dan kepadatan kolagen.

 

khasiat talas untuk diabetes

Talas dapat diolah menjadi samilan yang rendah gula, contohnya keripik talas

 

Nilai Gizi Talas

 

Proses perebusan talas dapat meningkatkan kandungan serat, kalsium, dan vitamin C. Berikut ini adalah perbandingan kandungan gizi talas mentah dan talas rebus:

 

Setelah membaca manfaat talas yang baik untuk penderita diabetes, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi talas?

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Peribahasa ini mengingatkan kita untuk menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Apalagi bagi orang yang memiliki keturunan diabetes, kamu harus menjaga asupan pola makan mu dari sekarang.

Ayo mulai hidup sehatmu bersama Kecipir. Dapatkan talas organik dan aneka bahan pangan sehat lainnya di aplikasi Kecipir.

Klik disini untuk melihat produk talas organik.

 

 

Total Page Visits: 61 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah