IMG-LOGO
Tips & Trik

Manfaat Lobak, Atasi Plak Gigi Hingga Sembuhkan Diare

25 June 2020
tanaman lobak

Lobak adalah sayuran umbi yang dipanen setelah 60-80 hari setelah ditanam.

 

Berbagai manfaat lobak untuk kesehatan pasti telah kamu ketahui.  Seperti untuk mengatasi hipertensi, diabetes, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kali ini, Cici akan mengulas cara memanfaatkan lobak untuk menjaga kesehatan gigi.  Cara yang sangat praktis dan bisa dipraktekkan dengan mudah.

 

Mengurangi Plak Gigi dengan Rebusan Lobak

 

sup lobak

Sebelum membuat sup, kamu bisa menggunakan air rebusannya terlebih dahulu

 

Umbi lobak mengandung berbagai nutrisi penting.  Seperti karbohidrat, serat, protein, mineral, dan vitamin.  Dalam 100 gram lobak terdapat 21 kalori yang terdiri dari 4,2 g karbohidrat, 0,9 g protein, 1,4 g serat, dan 0,1 g lemak.

Untuk mengatasi plak gigi, kita dapat memanfaatkan kandungan minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan polifenol dari umbi lobak.  Keempat zat tersebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri Strepcoccus mutans.

 

anak tersenyum

Tips memanfaatkan air rebusan lobak bisa diterapkan untuk anak-anak

 

Bakteri Streptococcus mutans adalah penyebab timbulnya plak pada gigi.  Jika dibiarkan, plak dapat menimbulkan karies gigi, radang gusi, serta penyakit periodontal.

Berikut cara mengatasi plak gigi menggunakan air rebusan lobak:

  • Rebus 100 g umbi lobak dalam 100 ml air
  • Rebus lobak hingga matang
  • Gunakan 20 ml air rebusan lobak untuk berkumur selama 30 detik

Air rebusan lobak secara nyata dapat mengurangi kadar plak gigi sejak kumur pertama kali. Saat merebus lobak, kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Air rebusannya untuk berkumur, dan lobak rebusnya jadi santapan lezat yang sehat.

So, air rebusan lobakmu jangan dibuang lagi ya!

 

Dapatkan lobak putih organik kualitas terbaik disini.

 

Panen Manfaat dari Daun Lobak

 

Daun lobak

Daun lobak mengandung banyak vitamin K, pilih yang organik agar aman dari cemaran pestisida

 

Tak hanya umbinya, daun lobak juga mengandung banyak nutrisi mikro penting untuk tubuh.  Kadar berbagai jenis vitamin justru lebih banyak ditemukan pada daun lobak.

Daun lobak juga mengandung senyawa fenol yang bersifat antibakteri.  Berdasarkan studi ini, senyawa antibakteri pada daun lobak dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escerichia coli.  Bakteri patogen yang menyebabkan diare.

Di Indonesia, kematian balita akibat kasus infeksi E. coli masih cukup tinggi.  Angkanya mencapai 460 kematian per hari.  E. coli juga menjadi penyebab utama kasus infeksi ginjal dan saluran kencing.

Saat terserang diare, kamu bisa meminum air rebusan daun lobak.  Lebih bagus lagi jika kamu rutin mengonsumsi smoothie daun lobak.  Pencernaanmu pasti akan lebih sehat.

 

lobak organik

Dapatkan umbi dan daun lobak organik yang dipanen segar di aplikasi/website Kecipir

 

Rutin mengonsumsi sayuran mentah memang dapat menyehatkan pencernaan.  Namun kamu harus memastikan sayuran tersebut bebas dari residu zat berbahaya seperti pestisida.

Paling aman jika kamu mengonsumsi sayuran organik.  Sebab tidak perlu lagi repot mencuci sayuran hingga beberapa tahap.  Kamu juga akan terhindar dari efek pestisida yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Umbi dan daun lobak yang bebas cemaran pestisida bisa kamu dapatkan melalui website/aplikasi Kecipir.  Sebelum kehabisan, ayo segera order umbi dan daun lobak organik disini.

 

cashback belanja sayur online 40 ribu

 

promo kecipir 4g

 

Total Page Visits: 1979 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah