IMG-LOGO
Tips & Trik

Manfaat Jantung Pisang yang Gak Pernah Dikira Orang

24 April 2018

manfaat jantung pisang

Hampir semua bagian pohon pisang bisa digunakan dan memiliki manfaat, termasuk bunga pisang atau lebih akrab disebut sebagai jantung pisang.  Manfaat jantung pisang ternyata cukup besar sehingga bisa kita konsumsi sebagai pengganti lauk pauk.

Untuk menghilangkan getah dari jantung pisang agar bisa dikonsumsi, Anda harus melumasi tangan dengan minyak goreng dan perlahan pisahkan bunganya dengan kelopak merahnya. Lakukan ini sampai semua bunga pisang terkumpul.

7 Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

Meskipun kadang bunga pisang tak ada yang meliriknya, namun tahukah kamu kalau bunga pisang ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengandung Zat Besi Tinggi

Jika anda sering mengalami anemia, jangan ragu-ragu untuk memasukkan jantung pisang ke dalam salah satu menu makanan Anda. Jantung pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga baik untuk pembentukan sel-sel darah merah.

2. Kaya Akan Antioksidan yang Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan pemicu utama terjadinya penyakit kanker, karena mampu merusak sel-sel organ seperti jantung, hati, paru-paru, dan lainnya. Radikal bebas juga merupakan pemicu penuaan dini. Anda tidak perlu khawatir, ternyata jantung pisang kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

3. Meningkatkan Produksi ASI

Tahukah Anda? Ternyata jantung atau bunga pisang bisa meningkatkan produksi ASI ibu yang sedang menyusui. Untuk Ibu yang sedang dalam program kehamilan atau menyusui, masukkan satu bahan makanan ini ke dalam menu utama.

4. Bernutrisi Tinggi

Jantung atau bunga pisang ini mengandung banyak serat dan dapat mencegah ibu hamil mengalami sembelit selama kehamilan.

5. Menyehatkan Rahim

Jantung pisang juga bisa meringankan PCOS dan menyehatkan rahim. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) adalah masalah kesehatan yang kompleks dan terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. PCOS sering ditemukan pada perempuan mulai haid pertama sampai usia sekitar 45 tahun.

6. Makanan Alternatif untuk Penderita Diabetes

Sebuah studi menyatakan bahwa kadar insulin penderita diabetes berkurang setelah mereka mengonsumsi jantung pisang sebagai pengganti lauk-pauk sehari-hari.

7. Mengatasi Nyeri Saat PMS dan Menurunkan Berat Badan

Caranya, tumis jantung pisang yang sudah dibersihkan kemudian tambahkan santan kental, cabai giling, garam, lada dan sedikit jintan untuk aroma sedap. Anda bisa menyantapnya bersama nasi saat mulai merasakan nyeri PMS.

Itulah beberapa manfaat dari jantung pisang yang bisa Anda dapatkan. Disarankan untuk mengkonsumsi jantung pisang yang penanamannya menggunakan metode pertanian organik karena bebas dari residu pestisida dan pupuk kimia, sehingga lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan jantung pisang organik di website Kecipir.com

Baca juga : Resep Tumis Jantung Pisang

Total Page Visits: 1641 - Today Page Visits: 2

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah