IMG-LOGO
Tips & Trik

Rahasia Khasiat Buah Bit, Si Umbi Merah

8 May 2018

khasiat buah bit

Buah yang berwarna ungu kemerahan ini merupakan salah satu umbi – umbian yang bentuknya menyerupai dengan kentang dan manfaatnya tidak hanya berasal dari buanya saja tetapi juga dari akarnya. Khasiat buah bit sangat baik untuk tubuh.  Biasanya, buah ini dikonsumsi dengan cara di jus atau diolah menjadi santapan dengan tekstur lembutnya.

Buah bit mengandung karbohidrat yang tinggi, namun kandungan lemak, kalori dan proteinnya sangat rendah. Sehingga buah bit baik dikonsumsi orang yang sedang menjalani program diet. Karena warnanya yang pekat, buah bit sering dijadikan pewarna makanan alami. Yuk simak beberapa manfaat dari buah bit berikut :

  1. Dapat mencegah hipertensi

Minum jus buah bit telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts & London School of Medicine dan Peninsula Medical School menyarankan cara udah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus bit serta sayuran lain yang mengandung nitrat akan memeihara kesehatan jantung.

  1. Meningkatkan stamina & pemulihan otot

Penelitian dari Unversitas Exter di Ingrris menyatakan minum jus bit membantu orang berolahraga 16% lebih lama karena kandungan nitratnya membantu mengurangi pembakaran oksigen sehingga rasa lelah dapat berkurang.

  1. Mencegah anemia

Buah yang berwarna kemerahan ini digunakan untuk mengatasi masalah anemia karena kandungan zat besi nya yang cukup tinggi. Zat besi pada buah bit dapat mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel – sel darah merah.

  1. Mengurangi masalah pencernaan

Minum jus bit yang dicampur wortel dan 1 sendok perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dapat mengatasi masalah pencernaan, mual, nyeri, ataupun diare. Selain itu, meminum jus bit dengan 1 sendok madu sebelum sarapan akan mengurangi kembung.

  1. Pembersih alami untuk ginjal dan empedu

Kombinasi jus bit, wortel, dan ketimun adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ tersebut.

  1. Mengatasi masalah ketombe

Apabila kamu mengalami masalah ketombe, coba rebus buah bit kemudian oleskan dan pijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk kemudian keramas dan bilas. Dijamin ketombe kamu akan minggat.

  1. Pewarna rambut alami

Kalo kamu termasuk orang yang suka mewarnai rambut, coba campurkan bubuk henna warna hitam kemudian campur dengan jus akar bit merah. Hasilnya rambut kamu akan hitam dengan gradasi burgundy yang alami dan tetap sehat.

Baca juga : Resep Jus Buah Bit | Cara Membuat Masker Buah Bit

 

Article source : Manfaat buah bit

 

Total Page Visits: 1637 - Today Page Visits: 1

Comments

5 responses to “Rahasia Khasiat Buah Bit, Si Umbi Merah”

  1. […] Baca juga : Rahasia Manfaat Buah Bit […]

  2. […] Baca juga : Rahasia Manfaat Buah Bit […]

  3. […] Baca juga : Rahasia Manfaat Buah Bit […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah