IMG-LOGO
Tips & Trik

Sering Disepelekan, Ternyata Genjer Punya Beragam Manfaat

23 July 2020

Sebagian besar masyarakat masih awam dan menganggap genjer kurang berharga.  Namun, sebenarnya manfaat genjer sangat berguna untuk memelihara kesehatan tubuh manusia.

Genjer, atau dalam bahasa Latin disebut Limnocharis flava adalah sebuah tumbuhan yang umumnya ditemukan di daerah sawah atau perairan dangkal lainnya.  Sayuran ini biasanya dijual di pasar tradisional atau beberapa daerah di Indonesia.

Apa saja manfaat kesehatan yang akan kita dapat dari mengosumsi genjer?  Yuk simak selengkapnya ulasan Cici tentang genjer dibawah ini!

manfaat genjer

Tumbuhan genjer tumbuh di area rawa atau sawah (Sumber: instagram/herbalindong)

Mengenal Sayuran Genjer

Tumbuhan genjer berasal dari Amerika.  Genjer tersebar di hampir seluruh daratan Asia.  Di Indonesia, dulunya genjer dikenal sebagai makanan ‘orang susah’ karena termasuk tanaman gulma yang tumbuh di sekitar rawa-rawa atau sawah.

Genjer juga dianggap sebagai hama yang menghambat perkembangan padi.  Masyarakat di masa lalu mulai memanfaatkan genjer sebagai bahan makanan karena kondisi kemunduran dan kemiskinan saat itu.

Namun, seiring perkembangan zaman, stigma tersebut perlahan hilang dari masyarakat.  Genjer telah terbukti memberikan banyak pengaruh positif terhadap kesehatan. 

Baca juga, “Tips Awet Muda dengan Semangka”

Manfaat Genjer yang Perlu Diketahui

Genjer bisa disajikan dalam bentuk olahan makanan yang bervariasi.  Konsumsi genjer secara rutin akan memberikan banyak manfaat yang baik bagi tubuh.  Simak menfaatnya berikut ini.

1. Mencegah penuaan dini

Genjer mengandung protein dalam jumlah yang cukup tinggi.  Protein dikenal sebagai senyawa yang mampu meregenerasi sel-sel yang ada di dalam tubuh.  Kandungan protein pada genjer mampu memenuhi kebutuhan perbaikan kulit.

Tidak hanya itu, protein akan melakukan kombinasi dengan zat besi untuk memperbaiki jutaan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.  Manfaat yang satu ini sudah pasti disukai dan menjadi salah satu alasan bagi kaum wanita untuk mengonsumsi genjer.

2. Melancarkan pencernaan

Genjer bermanfaat sebagai sarana untuk melancarkan pencernaan.  genjer juga memberikan efek samping metabolisme yang lebih cepat.

Dengan komposisi serat dan nutrisi, genjer memberikan bentuk tubuh yang ideal karena jadwal BAB kini semakin teratur.  Genjer menjadi cocok dimasukkan ke dalam daftar makanan harian bagi mereka yang sedang melakukan diet.  Hal ini tentu juga membuatmu tertarik untuk mengonsumsi genjer, bukan?

manfaat genjer

Tumis genjer dapat menambah nafsu makan (Sumber: instagram/sianglingaling)

Baca juga, “6 Produk Olahan Bayam Super Lezat”

3. Meningkatkan kesehatan gigi dan tulang

Semakin bertambahnya usia, maka semakin besar pula perhatian yang harus diberikan untuk kesehatan gigi dan tulang.  Diperkaya dengan fosfor dan kalsium, genjer menjadi sumber terbaik untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang secara optimal.

Konsumsi genjer sejak dini tentu akan membantu menghindari risiko terjadinya osteoporosis.  Sebanyak 100 gram genjer mengandung 62 mg kalsium yang memenuhi kebutuhan pangan harian sebagai asupan gigi dan tulang.

4. Menambah nafsu makan

Manfaat genjer lainnya adalah mampu meningkatkan nafsu makan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.  Beberapa komposisi penambah selera makan tersebut, terdiri dari karbohidrat, lemak, fosfor, vitamin, zat besi, serta kandungan lainnya.

Genjer dapat disajikan dalam kondisi hangat bersama nasi yang panas.  Sebagai variasi, genjer juga bisa diolah menjadi tumis atau asam manis.  Masukkan genjer sebagai bahan tambahan yang cocok untuk beberapa masakan lainnya.

5. Mencegah terjadinya kanker

Antioksidan yang ditemukan dalam komposisi genjer dapat menangkal pertumbuhan sel berbahaya di dalam tubuh, termasuk kanker. Hal ini didukung dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada sajian genjer untuk dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, sel-sel kanker tidak akan bertumbuh karena antioksidan menjalankan tugasnya untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.  Racun dan senyawa toksik yang bersarang pada beberapa bagian tubuh lebih mudah untuk dibasmi.

Setelah mengetahui manfaat genjer, pasti kamu juga tertarik untuk mulai mengonsumsinya bukan?  Kamu bisa mendapatkan genjer organik dengan harga sangat terjangkau disini.  Ada banyak jenis sayuran lain lokal lainnya yang sulit kamu temukan di pasaran.

Ayo penuhi kebutuhan pangan sehatmu dengan belanja di aplikasi/website Kecipir.  Produk organik segar berkualitas tersedia setiap hari!

Total Page Visits: 67 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah