IMG-LOGO
Tips & Trik

Bayam, Si Daun Hijau yang Memiliki Beragam Manfaat

3 August 2020

Tak heran jika Popeye memilih bayam sebagai sumber energinya.  Sebab ada banyak manfaat bayam yang memang sangat luar biasa bagi tubuh.

Sayangnya, banyak yang salah dalam mengolah daun yang satu ini.  Sehingga kandungan gizinya menjadi hilang dan terbuang sia-sia.

Saat akan mengonsumsi bayam, sebaiknya jangan dimasak terlalu matang.  Apalagi hingga kecoklatan, sebab kandungan gizinya sudah pasti bisa lenyap.

manfaat bayam

Bayam dapat digunakan sebagai pewarna menu olahan daging

Manfaat Daun Bayam Bagi Tubuh

Bayam dikenal sebagai daun yang kaya manfaat.  Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa bayam memiliki banyak khasiat.  Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Menjaga Kualitas Penglihatan

Bayam mengandung beta-karoten, lutein, dan xanthene yang dikenal dapat membantu menjaga kualitas penglihatan mata.  Kebutuhan vitamin A akan selalu tercukupi tanpa perlu khawatir kekurangan jika mengonsumsi bayam secara rutin.

Selain menjaga penglihatan, ternyata bayam juga bisa mengatasi beberapa gangguan yang ada pada mata, seperti rasa gatal, ulkus mata, bahkan hingga katarak.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Klorofil yang terkandung dalam bayam sangat bermanfaat untuk menahan efek karsinogenik dari amina heterosilik.  Kandungan bayam ini juga berperan dalam penghambatan pertumbuhan tumor.  Rutin mengonsumsi bayam akan mengurangi potensi penyakit kanker dan tumor lainnya.

Baca juga, “Apa Fungsi Daun Bawang Pada Masakan?”

3. Mengontrol Diabetes

Menjaga kadar gula memang menjadi suatu keharusan bagi manusia agar terhindar dari penyakit diabetes.  Mengonsumsi bayam merupakan salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk mengontrol diabetes.

Kandungan antioksidan di dalam bayam terbukti bisa menurunkan kadar gula dalam darah serta menurunkan risiko neuropati perifer dan otonom yang dialami penderita diabetes.

4. Menguatkan Otot

Benar saja jika Popeye yang menyukai bayam memiliki otot-otot yang besar dan kuat, karena memang bayam bisa menguatkan otot jantung.  Kandungan koenzim Q-10 yang terkandung dalam bayam mampu menjadi antioksidan yang membantu memompa darah ke seluruh tubuh.

Koenzim dalam bayam juga dapat mencegah risiko gagal jantung, jantung koroner, serta risiko terkena darah tinggi.

manfaat bayam

Bayam dapat disimpan dalam bentuk beku tanpa mengurangi nutrisi

Baca juga, “5 Manfaat Daun Singkong Bagi Ibu Hamil”

Keunggulan Bayam Untuk Ibu Hamil

1. Menghindari Bibir Sumbing

Bagi ibu hamil, mengonsumsi bayam bisa mencegah bayi terlahir dalam kondisi bibir sumbing.  Hal ini dikarenakan kandungan folat yang tinggi dalam bayam mampu mengembangkan sistem saraf pada janin, sehingga cacat mulut dapat dihindari.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan potasium dalam bayam sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.  Selain itu, konsumsi bayam juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena hipertensi karena kandungan folatnya yang mampu membuat pembuluh darah lebih tenang.

Tubuh juga akan menerima oksigen dengan baik dengan berkurangnya stres yang dialami oleh sistem kardiovaskular akibat tekanan darah yang terjaga.

3. Mencegah Anemia

Asupan zat besi yang kurang terpenuhi dapat menyebabkan kekurangan darah atau anemia.  Penyakit ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami pusing dan berkunang-kunang serta mudah lelah meski hanya melakukan pekerjaan ringan.

Namun, kandungan oksalat dalam bayam yang dapat menghambat penyerapan zat besi.  Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi vitamin C.  Dengan begitu, zat besi dapat terserap dengan baik agar anemia dapat diatasi.

Agar manfaat bayam bisa dirasakan, jangan memasak bayam terlalu matang untuk menjaga nutrisi di dalamnya.  Kamu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk smoothies.  Memilih bayam yang berkualitas juga menjadi langkah yang tepat untuk merasakan manfaatnya. 

Kecipir.com menyediakan bayam organik berkualitas tinggi dengan harga yang murah.  Kunjungi website Kecipir untuk memperoleh aneka sayuran sehat lainnya.  Order sekarang disini.

Total Page Visits: 140 - Today Page Visits: 4

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah