IMG-LOGO
Tips & Trik

Manfaat, Cara Mengolah, dan Harga Akar Alang-Alang 2022

8 June 2022

kecipir.com

Moms tau gak kalau alang-alang yang sering dianggap gulma di perkebunan ternyata memiliki manfaat loh! Gulma ini sudah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit.

Akar alang-alang memiliki rasa manis dan sensasi sejuk ketika diminum. Ingin tau lebih lanjut apa saja manfaat dan cara mengonsumsi akar alang-alang?

Yuk simak artikel ini sampai akhir dan dapatkan info akar alang-alang organik dengan harga terjangkau.

 

Manfaat Akar Alang-Alang

 

manfaat akar alang-alang

 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi akar alang-alang secara rutin dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan imperanene dan graminone B.

Kedua kandungan itu berkhasiat dalam menghambat pembekuan sel darah. Juga membantu mencegah terjadinya penyempitan pembuluh aorta di jantung. 

 

2. Mengatasi Permasalahan Buang Air Kecil

Memiliki masalah dalam mengeluarkan urine akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari bukan? Bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan tersebut, konsumsi air rebusan akar alang-alang bisa mengatasinya loh.

Kandungan diuretik dalam alang-alang dapat membantu tubuh agar lebih mudah mengeluarkan urine. Hal ini akan sangat berguna bagi orang yang mengalami masalah kesehatan seperti batu ginjal. 

 

3. Meredakan Panas Dalam

Manfaat akar alang-alang yang sering dijumpai salah satunya adalah sebagai obat panas dalam. Adanya kandungan yang bersifat antipiretik pada alang-alang dipercaya mampu meredakan panas dalam.  

 

4. Mengatasi Darah Tinggi

Salah satu penyebab darah tinggi adalah adanya endapan lemak yang menghambat aliran darah. Mengonsumsi rebusan akar alang-alang dapat menjadi salah satu cara untung mengurangi endapan lemak atau kolesterol yang ada.

Hal ini karena adanya kandungan zat aktif pada alang-alang yang bisa digunakan untuk mengatasi lemak dan kolesterol penyebab hipertensi.

 

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika kamu memiliki luka pada tubuh yang tidak kunjung mereda, cobalah konsumsi air rebusan alang-alang secara rutin. Atau gunakan salep yang mengandung ekstrak alang-alang. Kandungan silika pada alang-alang dipercaya bisa membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

 

Cara Mengonsumsi Akar Alang-Alang

 

manfaat akar alang-alang

 

Khasiat akar alang – alang bisa diperoleh dengan mengonsumsi setengah gelas air rebusan akar alang-alang 3 kali/hari.Cara mengolah alang-alang menjadi minuman sangat mudah yaitu:

1. Cuci bersih akar alang-alang

2. Potong menjadi agak kecil

3. Rebus akar alang-alang dengan tiga gelas air

4. Rebus hingga air mendidih dan tersisa satu setengah gelas

5. Saring air agar terpisah dengan ampasnya kemudian pindahkan ke gelas untuk diminum.

 

Ada juga cara lain untuk mengonsumsinya, yaitu dengan mencampur bubuk akar alang – alang ke dalam minuman. Cara membuat bubuk akar alang -alang sebagai berikut:

  1. Jemur akar alang-alang yang sudah dicuci bersih di bawah matahari hingga kering
  2. Kemudian tumbuk akar hingga halus seperti bubuk

Bubuk tersebut bisa dikonsumsi bersama teh atau air hangat. Mengonsumsi alang-alang dengan cara ini lebih dianjurkan untuk yang ingin mengobati panas dalam, sakit tenggorokan, dan demam.

 

Info Harga Akar Alang-Alang Organik

 

manfaat akar alang-alang

 

Dipasaran harga akar alang-alang berkisar antara 3 ribu hingga 4 ribu per 100 gram. Kamu bisa membeli akar alang-alang berkualitas organik dengan harga Rp3-ribuan per 100 gram di aplikasi/website Kecipir.com. 

Alang-alang adalah tumbuhan yang sering dianggap sebagai gulma. Padahal di sisi lain alang-alang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Akan lebih baik jika mengonsumsi akar alang-alang yang tumbuh tanpa cemaran pestisida (organik) agar semakin menyehatkan tubuh kita.

Segera order akar alang – alang organik di aplikasi Kecipir.com atau “klik disini”. Gratis ongkir se-Jabodetabek!

 

kecipir.com

 

Total Page Visits: 466 - Today Page Visits: 3

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah