IMG-LOGO
Tips & Trik

Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama

24 July 2020

Wortel mengandung vitamin A dalam jumlah tinggi untuk menjamin kesehatan mata.  Wortel adalah sumber makanan dengan kandungan nutrisi yang variatif.  Informasi tentang cara menyimpan wortel sangat penting agar kita bisa memperhitungkan waktu simpan hingga tiba saat mengonsumsinya.

Beragam cara menyimpan wortel dapat dicoba untuk menghasilkan bahan yang siap digunakan setiap saat.  Biasanya kamu pakai cara yang mana ya?

Cara Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama

Beberapa buah dan sayuran memerlukan perawatan khusus supaya tetap awet.  Begitu juga dengan wortel untuk menghindari pembusukan dan tetap segar setiap saat.  Berikut ini 7 tips yang bisa kamu terapkan untuk menyimpan wortel:

 

  • Simpan wortel dalam keadaan segar

 

Dalam kondisi yang segar dan sudah dibersihkan, wortel bisa tahan lama sampai 10 hari.  Cara membersihkan yang benar adalah memotong daun yang terletak di atas wortel segera setelah membelinya di pasar atau supermarket.

Wortel yang sudah bersih tidak perlu dicuci karena kondisi lembap hanya menimbulkan pembusukan lebih cepat.  Jauhkan wortel dari buah atau sayuran lain sebisa mungkin untuk menghindari kerusakan atau muncul rasa pahit.

cara menyimpan wortel

Pisahkan umbi dan daun wortel sebelum disimpan

 

  • Letakkan wortel di dalam kulkas

 

Cara menyimpan wortel efektif lainnya adalah dengan menyediakan tempat di dalam kulkas.  Dengan meletakkannya di kulkas, tentu akan lebih tahan lama dibandingkan penyimpanan di luar kulkas.  Wortel bisa dinikmati dalam waktu dua sampai tiga bulan.

Sebelum menaruh wortel di kulkas, potong daun hijau pada bagian atas kemudian wortel dijemur sampai kulitnya benar-benar mengering.  Tetap diingat apabila keadaan masih lembap wortel bisa jadi cepat rusak.

Kelembapan tersebut dapat diatasi dengan menyelipkan selembar kertas tebal di bawah wortel.  Dengan begitu, wortel yang masih basah tetap mempertahankan kesegarannya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

 

  • Rendam wortel dengan air supaya tetap segar

 

Menyimpan wortel di dalam kulkas juga bisa didahului dengan merendamnya di air.  Wortel disiapkan dalam sebuah wadah besar kemudian dituang air bersih.  Beri jarak antara wortel dengan tepian wadah sebanyak 1 cm.

Wadah bisa ditutup dan dimasukkan ke kulkas untuk disimpan.  Dengan mengganti air satu kali setiap hari, wortel bisa tahan sampai sekitar 1 minggu.  Kalau lebih dari 1 minggu, maka sebaiknya jangan gunakan cara ini.

Baca juga, “Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama dan Tetap Segar”

 

  • Panaskan wortel dengan microwave

 

Pertama-tama, bersihkan wortel dahulu dengan mencabut daun hijau di bagian atas.  Selanjutnya, wortel yang sudah bersih diletakkan di wadah tahan panas.  Rebus air sampai mendidih dan tuangkan di atas wortel dalam wadah.

Air dibuang sampai wortel terlihat lembap dan menyisakan sedikit air.  Wortel dipanaskan dengan microwave selama kurang lebih 8 menit dan masukkan ke dalam kulkas secara tertutup.

cara menyipan wortel

Potongan wortel yang akan dibuat acar

 

  • Wortel dibekukan

 

Salah satu cara yang bisa digunakan apabila ingin menyimpan wortel dalam jangka waktu hingga lebih dari 1 tahun.  Ketahanan ini dibagi berdasarkan wadah yang dipakai, yaitu zip lock yang bertahan 9 bulan dan plastik vakum tahan selama 14 bulan.

Wortel dipotong atau diiris sampai berukuran kecil dan direbus hingga mendidih sekitar 5 menit.  Setelah ditiriskan, wortel bisa dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan.  Wadah harus segera ditutup kemudian dibekukan memakai freezer.

 

  • Olah wortel menjadi acar

 

Buat beberapa sendok acar di dalam sebuah wadah menggunakan cuka.  Kombinasi acar wortel dan cuka akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab terjadinya pembusukan karena kandungan asam asetat pada cuka.

 

  • Wortel dikeringkan

 

Cara yang satu ini akan memanfaatkan kondisi kering pada wortel yang basah dan berair.  Mulanya, wortel dicuci dan dibersihkan secara merata.  Wortel dipotong-potong dengan ukuran tertentu dan dipanaskan hingga suhunya mencapai 55 derajat Celcius.

Selesai memanaskan wortel, letakkan ke dalam sebuah wadah yang kering, gelap, serta kedap udara untuk menjaga keawetan.

Baca juga, “Order Sayuran Berkali-Kali, Gratis Ongkir Tanpa Minimal Order”

Banyak cara menyimpan wortel yang bisa diterapkan untuk menjaga ketahanan bahan yang belum dikonsumsi dalam waktu dekat. Seberapa tahan lamanya wortel bisa ditentukan dari prosedur penyimpanan yang tepat dan sesuai dengan lingkungan rumah.

Saat ini, kamu sudah bisa menyiapkan stok wortel organik yang sehat dan terjangkau hanya melalui Kecipir.  Segera miliki aplikasi dan buka website kecipir.com untuk mendapatkan wortel organik dengan kualitas terbaik!

Total Page Visits: 199 - Today Page Visits: 1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh aplikasi kecipir.com untuk belanja lebih mudah